Arti “Ne” dalam Bahasa Korea dengan Contoh Percakapannya

ne-artinya

Bagi sebagian besar orang, khususnya yang mengikuti budaya pop Korea, pasti sedikit paham tentang beberapa kosakata bahasa Korea. Seperti kosakata yang satu ini, “ne”. Kata “ne” artinya bertentangan dengan kata “aniyo”. Kira-kira apa ya arti “ne” dalam bahasa Korea dan seperti apa penggunaanya? Apa ada variasi lain yang sebanding dan menduduki fungsi penggunaanya yang sama? Temukan jawabannya di sini!

Table of Contents

Arti Ne dalam Bahasa Korea

Kata “ne” artinya “ya”. Kata ini digunakan sebagai bentuk persetujuan atas statement atau bisa juga digunakan untuk menyahut panggilan. “네 (Ne)” dalam huruf hangul ditulis dengan aksara “네”.

Tentu kita semua sepakat kalau kata persetujuan (ya) dan pengingkaran (tidak) merupakan kosakata terpenting yang sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

네 (Ne) merupakan kosakata bahasa Korea yang paling umum digunakan untuk mengatakan “ya”. Namun, bagaimana jika kata “네 (Ne)” saja tidak cukup? Bagaimana mengatakan “ya” di berbagai situasi? Sama halnya dengan bahasa Indonesia yang memiliki beberapa variasi kata untuk mengatakan “persetujuan”, seperti  “ya, sip, oke, siap” Bahasa Korea juga punya variasi lain untuk mengatakan “ya”, lho. Penjelasan lengkapnya ada di section di bawah ini ya!

Variasi Lain Mengatakan “Ya” dalam Bahasa Korea

Terdapat lebih dari satu cara untuk mengatakan “ya” dalam bahasa Korea. Kosakata yang berbeda digunakan berdasarkan seberapa sopannya kamu ingin bersikap di depan orang-orang yang kamu temui.

(1) 예 (ye)

Dimulai dari kosakata yang paling formal, yaitu kata 예 (ye). Jika dilihat dari bentuknya, kata ini sangat mirip dengan bahasa Indonesia (ya) dan bahasa Inggris (yes). Jika kamu termasuk orang yang baru menginjakkan kaki di Korea, sebaiknya menggunakan kosakata ini ini untuk mengatakan “ya” karena ini merupakan bentuk sopan yang bisa menghindari kesalahpahaman yang dapat menyinggung dari penutur asli.

2. 네 (Ne)

Nah, selanjutnya adalah “ne”. Dari bentuk katanya, mungkin sedikit membingungkan karena terdengar seperti “tidak” dalam bahasa Inggris. Padahal, seperti yang sudah dibahas di atas, “ne” artinya “ya” dan merupakan kosakata paling standar yang digunakan untuk mengatakan “ya” dalam bahasa Korea. Kosakata ini digunakan di sebagian besar situasi.

(3) 응 (Eung)/  어 (Eo)

Cara selanjutnya untuk mengatakan “ya” dalam bahasa Korea yang akan kita pelajari adalah 응 (eung)/  어 (eo). Kosakata ini bisa digunakan saat akan mengatakan “ya” dalam situasi informal. So, ingat ya bahwa kamu hanya dapat menggunakan 응 (eung)/  어 (eo) saat berbicara dengan teman dekat dan seseorang yang seusia atau lebih muda darimu.

(4) 알아요(Arayo)

Dalam bahasa Korea, alih-alih menjawab pertanyaan atau persetujuan dengan “ya atau ok”, kamu juga bisa menggunakan frasa 알아요 (arayo) yang berarti “tahu/mengetahui”.

(5) 그럼요(Geureomyo)

Meskipun secara harfiah 그럼요(geureomyo) memiliki arti “tentu saja” atau “pasti”. Namun, kamu bisa menggunakan kosakata ini untuk menjawab pertanyaan atau permintaan seseorang. Kosakata ini bisa menjadi tanggapan persetujuan yang setara dengan jawaban “ya”. 

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Contoh Kalimat Percakapan “Ne” dan Artinya dalam Bahasa Korea

Di atas sudah dijelaskan tentang arti “ne” dalam bahasa Korea dan beberapa variasi lain untuk mengatakan “ya”. Berikut ini terlampir contoh-contoh kalimat percakapan bahasa Korea “네 (Ne)” dan artinya!

Contoh Percakapan 1

A: 오늘 우리 집에서 놀까? (Oneul uri jib-eseo nolkka?)
(Apakah hari ini kamu akan main ke rumahku?)

B: 네, 저녁 7시에 집에 놀러 갈게요. (Ne, jeonyeog ilgeob si-e jib-e nolleo galgeyo).
(Ya, aku akan main ke rumahmu pukul 7 malam).

A: 좋아, 후라이드 치킨과 떡볶이를 만들게. 당신은 그것을 좋아해? (Joh-a, huraideu chikingwa tteokbokki-reul mandeulge. Dangsin-eun geugeos-eul joh-ahae?)
(Okay, aku akan membuat ayam goreng dan tteokbokki. Apakah kamu menyukainya?)

B: 네, 당연히 좋아해. (Ne, dang-yeonhi joh-ahae.)
(Ya, tentu saja aku menyukai).

Contoh Percakapan 2

A: 어머니, 나 예뻐 (Eomeoni, na yeppeo?)
(Ibu, apakah aku cantik?)

B: 네, 너무 예뻐! 진짜 어디로 가니? (Ne, neomu yeppeo! Jinjja eodi-ro gani?)
(Ya, sangat cantik! Memangnya kamu akan pergi ke mana?

A: 친구 결혼식에 참석할 거예요. (Chingu gyeolhonsig-e chamseoghal geoyeyo).
(Aku akan menghadiri pesta pernikahan temanku).

B: 어, 즐겁게 지내세요. (Eo, jeulgeobge jinaeseyo.)
(Oh baiklah, selamat bersenang-senang.)

A: 나는 오늘 밤 집에 갈 것이다. 그러니 집에서 나를 기다리지 않아도 된다. (Naneun oneul bam jib-e gal geos-ida. Geureoni jib-eseo na-reul gidariji anh-ado doenda.)
(Hari ini aku akan pulang malam. Jadi kamu tidak perlu menungguku di rumah).

B: 네 알겠어. (Ne algessseo).
(Ya, baiklah).

Nah, gimana Sobat Cakap, sekarang sudah tahu kosakata “ne” dan artinya bukan? Buat kamu yang ingin mengetahui lebih banyak lagi kosakata bahasa Korea, yuk coba ikutan kursus bahasa Korea online di Cakap! Bersama para ssaem profesional, belajar bahasa Korea lebih terarah dan mudah!

Referensi:
-90daykorean.com
-ling-app.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat