10 Ucapan Selamat Makan dalam Bahasa Korea dan Artinya

selamat makan bahasa korea

Setiap bahasa pasti memiliki ucapan selamat makannya masing-masing. Ucapan selamat makan yang terkenal yaitu ‘bon appetit’ dan ‘itadakimasu’. Tapi, ucapan selamat makan bahasa Korea juga gak kalah populer, lho.

Ucapan selamat makan bahasa Korea ada beberapa macam, baik bentuk formal maupun informal. Bahkan, ketika kamu memberi makan ucapannya berbeda saat kamu menerima makanan. Biar lebih paham, berikut ucapan selamat makan bahasa Korea!

Ucapan Selamat Makan Bahasa Korea

Secara umum ada dua ucapan selamat makan bahasa Korea yang sering diucapkan, antara lain:

잘 먹겠습니다 (jal meokgessseumnida)

잘 먹겠습니다 (jal meokgessseumnida) merupakan bentuk formal dari ucapan selamat makan bahasa Korea yang artinya ‘saya akan menikmatinya’ atau ‘terima kasih’. Ucapan ini sering lho digunakan oleh orang Korea, mungkin kamu pernah mendengarnya di drama Korea?

Meski 잘 먹겠습니다 (jal meokgessseumnida) memiliki bentuk yang formal, ucapan selamat makan bahasa Korea ini tidak akan terasa kaku jika kamu ucapkan pada teman, rekan kerja, atau keluarga.

잘먹었습니다 (jalmeog-eossseumnida)

잘먹었습니다 (jalmeog-eossseumnida) memiliki arti yang sama dengan 잘 먹겠습니다 (jal meokgessseumnida). Namun, ucapan selamat makan bahasa Korea ini umumnya digunakan setelah kamu menghabiskan makanan.

Ucapan Selamat Makan Bahasa Korea saat Menerima Makanan

Nah, ucapan selamat makan bahasa Korea juga punya ucapan yang disesuaikan dengan situasi. Pertama, ketika orang lain menawarkan makanan padamu. Berikut ucapannya:

맛있게 먹겠습니다 (mas-issge meoggessseubnida)

맛있게 먹겠습니다 (mas-issge meoggessseubnida) adalah ucapan selamat makan bahasa Korea dalam bentuk formal. Ucapan ini digunakan ketika atasan kamu atau orang yang kurang akrab denganmu menawarkan makan padamu.

Secara harfiah, 맛있게 먹겠습니다 (mas-issge meoggessseubnida) artinya adalah ‘saya akan menikmatinya’, namun juga bisa diartikan sebagai ‘terima kasih’.

Cuma Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

잘 먹을게 (jal meog-eulge)

잘 먹을게 (jal meog-eulge) merupakan ucapan selamat makan dalam bahasa Korea dalam bentuk informal. Secara harfiah, ucapan ini memiliki arti ‘saya akan memakannya dengan baik’.

Ucapan selamat makan bahasa Korea ini dapat kamu pakai ketika temanmu atau orang yang lebih muda darimu memberimu makanan. Namun, ketika orang yang memberi makanan lebih tua darimu, kamu dapat gunakan 잘 먹겠습니다 (jal meokgessseumnida).

많이 먹을게 (manh-i meog-eulge)

많이 먹을게 (manh-i meog-eulge) merupakan ucapan selamat makan dalam bahasa Korea yang fungsinya sama dengan ucapan sebelumnya. Namun, ucapan ini memiliki arti yang berbeda yaitu ‘saya akan makan dengan lahap’.

맛있게 먹을게 (mas-issge meog-eulge)

맛있게 먹을게 (mas-issge meog-eulge) merupakan ucapan selamat makan dalam bahasa Korea yang fungsinya sama dengan 잘 먹을게 (jal meog-eulge) dan 많이 먹을게 (manh-i meog-eulge).

Secara harfiah, 맛있게 먹을게 (mas-issge meog-eulge) artinya adalah ‘saya akan memakannya dengan nikmat’.

Ucapan Selamat Makan Bahasa Korea saat Menawarkan Makanan

Nah, situasi yang kedua adalah ketika giliranmu yang menawarkan makanan pada orang lain. Situasi ini juga biasa diucapkan oleh pemilik-pemilik restoran ketika menyajikan makanan. Berikut ucapannya:

 맛있게 드십시오 (mas-issge deusibsio)

맛있게 드십시오 (mas-issge deusibsio) merupakan bentuk yang sangat formal. Ucapan ini biasa digunakan pada atasan yang galak. Ucapan ini memiliki arti ‘selamat makan’.

맛있게 드세요 (mas-issge deuseyo)

맛있게 드세요 (mas-issge deuseyo) merupakan ucapan selamat makan bahasa Korea dalam bentuk formal. Ucapan ini dapat kamu berikan pada orang tua, tetangga, atau orang-orang yang kurang akrab denganmu.

맛있게 드세요 (mas-issge deuseyo) memiliki arti ‘selamat makan’.

맛있게 먹어 (mas-issge meog-eo)

맛있게 먹어 (mas-issge meog-eo) merupakan ucapan selamat makan bahasa Korea dalam bentuk informal. Ucapan ini dapat kamu berikan pada teman, rekan kerja, atau orang-orang yang lebih muda darimu.

맛있게 먹어 (mas-issge meog-eo) memiliki arti ‘selamat makan’.

많이 드세요 (manh-i deuseyo)

많이 드세요 (manh-i deuseyo) merupakan ucapan selamat makan bahasa Korea dalam bentuk formal. Ucapan ini dapat kamu berikan pada orang tua, tetangga, atau orang-orang yang kurang akrab denganmu.

Secara harfiah, 많이 드세요 (manh-i deuseyo) memiliki arti ‘makan dengan lahap’.

많이 먹어 (manh-i meog-eo)

많이 먹어 (manh-i meog-eo) merupakan ucapan selamat makan bahasa Korea dalam bentuk informal. Ucapan ini dapat kamu berikan pada teman, rekan kerja, atau orang-orang yang lebih muda darimu.

Secara harfiah, 많이 먹어 (manh-i meog-eo)  memiliki arti ‘makan dengan lahap’

Itu dia ucapan selamat makan dalam bahasa Korea. Kamu masih bisa pelajari berbagai kosakata bahasa Korea lainnya di K-Club. Di sana, kamu bisa belajar bahasa & budaya Korea tanpa perlu buka dompet alias gratis. Dan menariknya, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis loh! Dijamin belajar jadi lebih mudah dan ngobrol pakai bahasa Korea jadi makin pede!  Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat