Hari Guru Sedunia: Dukungan untuk Guru dalam Kata-kata

hari guru sedunia

Tahukah kamu bahwa kita merayakan dua kali Hari Guru setiap tahunnya yaitu Hari Guru Nasional dan Hari Guru Sedunia? Sejak tahun 1994, Hari Guru Sedunia atau World Teachers’ Day diperingati pada setiap tanggal 5 Oktober. Nah, bagaimana peringatan World Teachers Day ini? Simak penjelasannya ya! 

Hari Guru Sedunia

Peringatan Hari Guru Sedunia diadakan berdasarkan Rekomendasi UNESCO/ILO tentang Status Guru dalam sebuah konferensi internasional di Paris tahun 1966. Beberapa hal yang ditetapkan dalam rekomendasi ini adalah hak dan tanggung jawab guru serta standar internasional pendidikan guru, rekrutmen, pekerjaan serta kondisi belajar mengajar. 

Pada tahun 1994, tanggal 5 Oktober pun dipilih sebagai peringatan diadopsinya Rekomendasi UNESCO/ILO tahun 1966 tersebut. Rekomendasi ini dianggap sebagai pedoman penting untuk mempromosikan status guru demi pendidikan yang berkualitas. Selanjutnya, Rekomendasi tersebut pun diadopsi pada tahun 1997 yang berfokus pada status pengajar perguruan tinggi. 

Peringatan Hari Guru Sedunia 2021

Setiap tahunnya, UNESCO dan Education International (EI) bekerja sama dalam menentukan kampanye untuk meningkatkan pengertian dan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya peran guru. Tema yang diangkat untuk peringatan tahun 2021 ini adalah “Teachers at the heart of education recovery”. 

Pengangkatan tema ini sama senada dengan tema tahun lalu, yaitu mengenai posisi guru di tengah pandemi Covid-19. Dengan kampanye ini UNESCO mengajak masyarakat dunia agar memberikan dukungan terhadap guru dalam kontribusi mereka dalam pemulihan. 

Serangkaian acara secara global dan regional pun akan diselenggarakan untuk menunjukkan dampak pandemi terhadap profesi guru, serta bagaimana kebijakan yang efektif untuk pengembangan diri dan potensi mereka secara maksimal. 

Cara Memperingati Hari Guru Sedunia

Meskipun Indonesia merayakan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November, tidak ada salahnya jika kamu ingin memperingati Hari Guru Sedunia pada tanggal 5 Oktober. Salah satu cara untuk memperingatinya adalah dengan mengungkapkan terima kasih serta memberikan dukungan dan harapan untuk guru.

10 Kutipan dan Kata-kata untuk Hari Guru Sedunia

Ketika mengucapkan selamat hari guru, ada baiknya jika kamu mengutip perkataan salah satu tokoh besar dunia mengenai guru dan pendidikan. Kutipan kata-kata mutiara pada hari guru ini dapat menunjukkan bahwa guru dan pendidikan sangat berarti bagimu. 

1. “A teacher affects eternity; he can never tell where his influence stops.” – Henry B. Adams

2. “Teachers have three loves: love of learning, love of learners, and the love of bringing the first two loves together.” – Scott Hayden

3. “The art of teaching is the art of assisting discovery.” – Mark Van Doren

4. “They may forget what you said but they will not forget how you made them feel.” – Carl Buechner

5. “Technology is just a tool. In terms of getting the kids to work together and motivating them, the teacher is the most important.” – Bill Gates

6. “It’s the teacher that makes the difference, not the classroom.” – Michael Morpurgo

7. “Everyone who remembers his own education remembers teachers, not methods and techniques. The teacher is the heart of the educational system.” – Sidney Hook

8. “The task of the modern educator is not to cut down jungles, but to irrigate deserts.” – C. S. Lewis

9. “The duties of a teacher are neither few nor small, but they elevate the mind and give energy to the character.” – Dorothea Dix

10. “The whole purpose of education is to turn mirrors into windows.” – Sydney J. Harris

Selamat Hari Guru Sedunia!

Nah, itulah sekilas mengenai Hari Guru Sedunia dan kata-kata yang dapat kamu kutip dan sampaikan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa. Dari beberapa kutipan di atas, kamu dapat memilih satu yang terbaik untuk disampaikan kepada gurumu bersama ucapan terima kasih dan harapan untuk kemajuan pendidikan. Selamat Hari Guru Sedunia!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks