Hari Guru Sedunia, Ini Cara Memperingati & Ucapan Berkesan untuk Guru

hari guru sedunia

Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai World Teachers’ Day atau Hari Guru Sedunia. Hari ini didedikasikan untuk para guru di seluruh dunia yang telah menjadi tonggak dalam memajukan peradaban.

Namun begitu, Indonesia sebenarnya memiliki Hari Guru Nasional yang jatuh pada bulan November. Lalu apa perbedaan antara Hari Guru Sedunia dan Nasional? Sebelum itu, cari tau dulu yuk apa itu Hari Guru Sedunia!

Sekilas tentang Hari Guru Sedunia

Dilansir dari UNESCO, Hari Guru Sedunia ditetapkan pada tanggal 5 Oktober untuk memperingati hari jadi diadopsinya Rekomendasi Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan UNESCO 1966 tentang Status Guru.

Rekomendasi tersebut menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru serta standar untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan mereka, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar.

Hari Guru Sedunia diselenggarakan bersama dalam kemitraan dengan UNICEF, Organisasi Perburuhan Internasional dan Pendidikan Internasional.

UNESCO telah menetapkan tema untuk memperingati Hari Guru Sedunia 2022. Temanya adalah “The transformation of education begins with teachers”

Alasan dipilihnya tema tersebut ditujukan guna mengajak para guru untuk melakukan gerakan dan komitmen dalam menciptakan transformasi. 

 

Baca Juga: Apa itu Hari Aksara Internasional? Ayo Kenal Lebih!

Karir Gemilang dengan Skill Bahasa Inggris. Belajar di Cakap Yuk!

Hari Guru Sedunia dan Nasional

Tidak hanya Indonesia, sebagian negara di dunia juga merayakan hari guru sebanyak dua kali. Contohya seperti Amerika Serikat, negara tersebut juga memiliki Hari Guru Nasional seperti Indonesia.

Tujuan dari Hari Guru Sedunia dan Nasional memiliki tujuan yang sama. Bentuk ucapan terimakasih kepada guru yang telah mendedikasikan waktunya dalam mencerdaskan bangsa.

Letak perbedaannya terletak pada momentum yang menjadikan hari tersebut. Maksudnya yaitu Hari Guru Sedunia ditetapkan untuk memperingati hari jadi Rekomendasi ILO dan UNESCO 1966 tentang Status Guru. Sedangkan Hari Guru Nasional ditetapkan untuk memperingati hari jadi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Cara Memperingati Hari Guru Sedunia 

Jasa dan perjuangan seorang guru memang tiada tara. Untuk menghargainya, kamu bisa mengikuti beberapa cara memperingati hari guru sedunia berikut ini, ya.

Bernyanyi saat di Kelas

Bernyanyi adalah bentuk apresiasi paling umum untuk dilakukan. Dalam memperingati Hari Guru Sedunia tahun ini, kamu dan teman-temanmu bisa menyanyikan sebuah lagu dalam kelas. Bernyanyi ya bukan malah ngeprank guru kamu!

Foto Satu Kelas dalam Pigura

Bentuk apresiasi ini cukup mudah, kamu dan teman-temanmu hanya perlu mengabadikan momen satu kelas lalu memberikannya pada guru. Sederhana namun guru dapat mengetahui betapa dihargai dirinya.

Silaturahmi Virtual

Ada guru yang jasanya sangat membekas hingga sulit untuk dilupakan? Nah dalam kesempatan ini, kamu bisa kembali menyapanya sekaligus mengucapkan terimakasih atas jasa yang telah diberikannya padamu. Guru kamu pasti akan senang karena masih diingat oleh muridnya.

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

Kumpulan Surat Ucapan

Masih ada kesempatan untuk mengucapkan terimakasih kalau kamu dan teman-temanmu malu untuk mengucapkannya secara langsung. Tulis ucapan terimakasih dalam satu kertas dan kumpulkan kertas ucapan. Kemudian, rangkai dengan rapih kumpulan surat ucapan tersebut. Hal sederhana ini bisa jadi motivasi untuk gurumu lho!

Posting Ucapan Terima Kasih

Cara terakhir dalam memperingati Hari Guru Sedunia yaitu posting ucapan terima kasih di sosial media. Kamu cukup membagikan momen kamu bersama guru ketika kelas online. Buat caption yang menarik, guys!

Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengapresiasi guru-gurumu. Namun apapun bentuknya, yang terpenting adalah sang pahlawan mengetahui betapa dihargai dirinya.

Quotes dan Ucapan Hari Guru Sedunia yang Berkesan

Ketika mengucapkan selamat hari guru, ada baiknya jika kamu mengutip perkataan salah satu tokoh besar dunia mengenai guru dan pendidikan. Kutipan kata-kata mutiara pada hari guru ini dapat menunjukkan bahwa guru dan pendidikan sangat berarti bagimu. 

1. “A teacher affects eternity; he can never tell where his influence stops.” – Henry B. Adams

2. “Teachers have three loves: love of learning, love of learners, and the love of bringing the first two loves together.” – Scott Hayden

3. “The art of teaching is the art of assisting discovery.” – Mark Van Doren

4. “They may forget what you said but they will not forget how you made them feel.” – Carl Buechner

5. “Technology is just a tool. In terms of getting the kids to work together and motivating them, the teacher is the most important.” – Bill Gates

6. “It’s the teacher that makes the difference, not the classroom.” – Michael Morpurgo

7. “Everyone who remembers his own education remembers teachers, not methods and techniques. The teacher is the heart of the educational system.” – Sidney Hook

8. “The task of the modern educator is not to cut down jungles, but to irrigate deserts.” – C. S. Lewis

9. “The duties of a teacher are neither few nor small, but they elevate the mind and give energy to the character.” – Dorothea Dix

10. “The whole purpose of education is to turn mirrors into windows.” – Sydney J. Harris

Selamat Hari Guru Sedunia!

Nah, itulah sekilas mengenai Hari Guru Sedunia dan kata-kata yang dapat kamu kutip dan sampaikan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa. Dari beberapa kutipan di atas, kamu dapat memilih satu yang terbaik untuk disampaikan kepada gurumu bersama ucapan terima kasih dan harapan untuk kemajuan pendidikan. Selamat Hari Guru Sedunia!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.