Sejarah dan Makna Hari Guru Nasional

hari guru

Biar bisa lebih memaknai Hari Guru, yuk simak bacaan dibawah ini dan cobalah untuk menjadi murid yang berbakti!

Sejarah Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November tentunya tidak lepas dari sejarah perjuangan Bapak Pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantara.

Keputusan Presiden telah menetapkan bahwa berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus berbarengan sebagai Hari Guru Nasional. Organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang telah berdiri sejak tahun 1912.

Organisasi ini adalah bentuk dari perjuangan para guru pribumi pada zaman Belanda. Organisasi ini bertujuan untuk mendorong guru pribumi untuk memperjuangkan persamaan hak dan posisi  dengan pihak Belanda. Lalu, pada tahun 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Setelah Indonesia Merdeka tahun 1945, Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November pada tahun yang sama di Surakarta. Di kongres tersebut, dibentuklah organisasi  PGRI sebagai wadah untuk semua guru di Indonesia.

Hari Guru Di Negara Lain

Hari Guru tidak hanya dirayakan di Indonesia aja, lho! Di negara lain, bahkan beberapa menetapkannya sebagai hari libur untuk anak-anak sekolah.

Berbeda dengan di Indonesia, Hari Guru di negara lain diperingati pada tanggal yang berbeda-beda, seperti:

  • Argentina pada tanggal 11 September
  • Korea Selatan pada tanggal 15 Mei
  •  Hong Kong pada tanggal 10 September
  • Amerika Serikat merayakan Hari Guru pada setiap minggu pertama di bulan Mei

Meskipun berbeda-beda, tapi semua memiliki satu tujuan yang sama yaitu Hari Guru ada sebagai bentuk apresiasi dan wadah bagi semua guru-guru yang ada di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Perbedaan Hari Guru 5 Oktober Dan 25 November

Siapa yang pernah menanyakan hal yang sama yaitu “apa sih bedanya Hari Guru 5 Oktober dan 25 November?”

Hari Guru Sedunia jatuh pada tanggal 5 Oktober di tetapkan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Dimana pada tanggal 5 Oktober sebagai wujud kepedulian dan apresiasi dan untuk meyakinkan para guru bahwa keberlangsungan generasi masa depan ditentukan oleh guru, melalui ilmu yang diajarkannya mulai dari angka, membaca hingga belajar bahasa.

Sedangkan, Hari Guru Indonesia ditetapkan melalui Keputusan Presiden No. 78 Tahun 1994  jatuh pada tanggal 25 November.

Menjelang Hari Guru Nasional, sebagai seorang murid yang budiman, ada beberapa cara memperingati Hari Guru bisa dengan membuat kartu ucapan, silaturahmi secara virtual hingga membuat puisi dalam bahasa Inggris.

Itu dia sekilas tentang Hari Guru Nasional. Yuk kita sama-sama jadi Makin Cakap untuk mencerdaskan kehidupan bangsa!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google