Tentang Hari Guru Sedunia dan Cara Memperingatinya

hari guru sedunia

Setiap tanggal 5 Oktober warga dunia memperingati World Teachers’ Day atau Hari Guru Sedunia. Hari ini didedikasikan untuk guru-guru yang tersebar di seluruh dunia yang telah memajukan peradaban.

Namun begitu, bangsa Indonesia sebenarnya memiliki Hari Guru Nasional yang jatuh pada bulan November. Lalu apa perbedaan antara Hari Guru Sedunia dan Nasional? Sebelum itu cari tau dulu yuk apa itu Hari Guru Sedunia!

Sekilas tentang Hari Guru Sedunia

Dilansir dari UNESCO, Hari Guru Sedunia ditetapkan pada tanggal 5 Oktober untuk memperingati hari jadi diadopsinya Rekomendasi Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan UNESCO 1966 tentang Status Guru.

Rekomendasi tersebut menetapkan tolak ukur mengenai hak dan tanggungjawab guru serta standar untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan mereka, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar.

Hari Guru Sedunia diselenggarakan bersama dalam kemitraan dengan UNICEF, Organisasi Perburuhan Internasional dan Pendidikan Internasional.

UNESCO telah menetapkan tema untuk memperingati Hari Guru Sedunia 2020. Temanya adalah “Guru: Memimpin dalam krisis, menata kembali masa depan”. 

Alasan dipilihnya tema tersebut karena pandemi COVID-19 telah secara signifikan memberikan tantangan pada sistem pendidikan dunia.

Oleh karena itu, UNESCO mengajak warga dunia untuk bekerja sama dengan para guru dalam melindungi hak atas pendidikan yang perlahan hilang akibat pandemi.

Baca Juga: Apa itu Hari Aksara Internasional? Ayo Kenal Lebih!

banner bahasa asing

Hari Guru Sedunia dan Nasional

Tidak hanya Indonesia, sebagian negara di dunia juga merayakan hari guru sebanyak dua kali. Contohya seperti Amerika Serikat, negara tersebut juga memiliki Hari Guru Nasional seperti Indonesia.

Tujuan dari Hari Guru Sedunia dan Nasional memiliki tujuan yang sama. Bentuk ucapan terimakasih kepada guru yang telah mendedikasikan waktunya dalam mencerdaskan bangsa.

Letak perbedaannya terletak pada momentum yang menjadikan hari tersebut. Maksudnya yaitu Hari Guru Sedunia ditetapkan untuk memperingati hari jadi Rekomendasi ILO dan UNESCO 1966 tentang Status Guru. Sedangkan Hari Guru Nasional ditetapkan untuk memperingati hari jadi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Cara Memperingati Hari Guru Sedunia di Tengah Pandemi

Memperingati Hari Guru Sedunia tahun 2020 pasti akan terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya mungkin kamu bisa mengucapkan terimakasih secara langsung, namun tidak pada tahun ini.

Meskipun begitu, kamu harus tetap memberikan rasa terimakasih pada guru yang telah membimbingmu selama ini. Berikut adalah cara memperingati Hari Guru Sedunia di Tengah Pandemi:

Bernyanyi pada Kelas Online

Bernyanyi adalah bentuk apresiasi paling umum untuk dilakukan. Dalam memperingati Hari Guru Sedunia tahun ini, kamu dan teman-temanmu bisa menyanyikan sebuah lagu dalam kelas online. Bernyanyi ya bukan malah ngeprank guru kamu!

Foto Satu Kelas dalam Figura

Bentuk apresiasi ini cukup mudah, kamu dan teman-temanmu hanya perlu mengabadikan momen satu kelas lalu memberikannya pada guru. Sederhana namun guru dapat mengetahui betapa dihargai dirinya.

Silaturahmi Virtual

Ada guru yang jasanya sangat membekas hingga sulit untuk dilupakan? Nah dalam kesempatan ini, kamu bisa kembali menyapanya sekaligus mengucapkan terimakasih atas jasa yang telah diberikannya padamu. Guru kamu pasti akan senang karena masih diingat oleh muridnya.

Kumpulan Surat Ucapan

Masih ada kesempatan untuk mengucapkan terimakasih kalau kamu dan teman-temanmu malu untuk mengucapkannya secara langsung. Tulis ucapan terimakasih dalam satu kertas dan kumpulkan kertas ucapan. Kemudian, rangkai dengan rapih kumpulan surat ucapan tersebut. Hal sederhana ini bisa jadi motivasi untuk gurumu lho!

Posting Ucapan Terimakasih

Cara terakhir dalam memperingati Hari Guru Sedunia yaitu posting ucapan terimakasih di sosial media. Kamu cukup membagikan momen kamu bersama guru ketika kelas online. Buat caption yang menarik dan dapatkan diskon 22% untuk kursus bahasa di Cakap. Yuk lihat caranya sekarang juga!

Itu dia sekilas tentang Hari Guru Sedunia serta cara memperingatinya di tengah pandemi. Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengapresiasi guru-gurumu. Namun apapun bentuknya, yang terpenting adalah sang pahlawan mengetahui betapa dihargai dirinya.

Baca Juga: Berterimakasih hanya Thank You? Sudah Biasa!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google