Agus Salim, Pahlawan Nasional yang Ahli 9 Bahasa

agus salim

Hari Pahlawan diperingati tiap tanggal 10 November. Hari dimana rakyat Indonesia memberikan penghormatan atas jasa para pahlawan nasional dalam kemerdekaan negara Indonesia. Pada Hari Pahlawan, ada beberapa nama yang sering mencuat ke publik salah satunya Agus Salim.

Agus Salim adalah seorang pahlawan nasional dengan figur yang cerdas dan kritis. Mungkin kamu sering dengar namanya tapi belum tentu mengenal siapa itu Agus Salim. Untuk itu, mari berkenalan dengan membaca biografi singkat di bawah ini!

Fakta Mengenai Agus Salim

Berikut ini adalah rangkuman beberapa fakta mengenai Agus Salim:

Mendapat Julukan Singa Podium

Memiliki keahlian berbicara di depan umum membuat Agus Salim terpilih menjadi Delegasi Konferensi Buruh Internasional di Jenewa tahun 1929. Saat itu beliau mewakili Belanda dan berbicara menggunakan bahasa Perancis.

Agus Salim mendapat banyak apresiasi setelah memberikan pidato. Banyak delegasi yang takjub dengan kemampuan berpidatonya. Akibat dari kelihaiannya di atas podium, beliau mendapat julukan Singa Podium. 

Diplomasi dengan Negara Lain

Setelah Indonesia merdeka, Agus Salim kerap berdiplomasi dengan negara lain. Beliau dipilih tidak lain karena kepiawaiannya dalam public speaking. Beberapa perjanjian atau kesepakatan berhasil ‘dimenangkan’ karena campur tangan Agus Salim.

Seperti contoh pada Perundingan Linggarjati pada tahun 1946. Dilansir dari Historia, pada saat itu Agus Salim mendapat pujian dari diplomat ulung asal Inggris, Lord Killearn. Beliau dipuji karena keahliannya dalam diplomasi dan kemampuan berbahasa asingnya.

Selain itu, Agus Salim juga memberikan andil selama masa pengakuan kemerdekaan Indonesia. Beliau berhasil meyakinkan Mesir untuk memberikan pengakuan kedaulatan Indonesia pertama di dunia internasional.

Pernah Kalah meski Pandai Berbicara

Sejago apa pun seseorang dalam melakoni bidangnya, pasti ia pernah mengalami kegagalan. Begitu pula dengan Agus Salim, beliau pernah kalah dalam urusan bercakap-cakap meskipun itu adalah bidangnya.

Dilansir dari Historia, Mohammad Roem bercerita bahwa suatu hari beliau berkunjung ke rumah Agus Salim. Saat itu beliau melihat tamu-tamu lain tertawa karena Agus Salim tidak membuka suara saat berbicara dengan Wakil Ketua Womes International Club, Mrs. De Hartog.

Pandai 9 Bahasa Asing

Agus Salim adalah pribadi yang gemar belajar. Kegemarannya itu membuatnya memiliki keterampilan bahasa yang luar biasa. Beliau menguasai sembilan bahasa asing, diantaranya adalah Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, Latin, Arab, Mandarin, Jepang, dan Turki.

Kemampuan bahasa asing membawanya menjadi seorang diplomat, konsulat, dan penerjemah di Konsulat Belanda yang terletak di Jeddah, Arab Saudi. Beliau juga pernah menerjemahkan beberapa buku bahasa asing dan menjadi pemimpin redaksi di beberapa surat kabar.

Bahasa asing bisa memberikanmu peluang karir lebih besar. Terbukti dari Agus Salim yang berjasa bagi negara akibat skill bahasa asingnya. Makanya yuk belajar bahasa asing di Cakap supaya karirmu melejit!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google