Penting Banget! 5 Bahasa yang Wajib Kamu Kuasai Agar Sukses

Penting Banget! 5 Bahasa yang Wajib Kamu Kuasai Agar Sukses

Sulit membayangkan seorang anak muda saat ini yang tidak berbicara atau belajar setidaknya satu bahasa selain bahasa ibu mereka. Globalisasi memaksa begitu banyak orang untuk berkomunikasi dan bekerja sama lebih banyak dalam berbagai bisnis dan dalam berbagai bahasa. Tapi, bahasa apa yang paling penting di abad ke-21?

Mulai dari kolaborasi akademik, relasi di dunia kerja, hingga traveling, dunia modern mengharuskan kamu untuk menguasai setidaknya satu bahasa asing selain bahasa ibu. Masalahnya, di dunia ini ada lebih dari 7.000 macam bahasa dan nampaknya sulit  untuk memilih mana yang terpenting atau untuk dipelajari terlebih dahulu.

Untuk membantumu, kali ini Cakap akan mengulas 5 bahasa yang dianggap paling penting untuk dipelajari abad ini, berikut bahasannya:

Bahasa Inggris

Lebih dari 375 juta orang adalah penutur asli bahasa Inggris. Tetapi sebanyak 1,5 miliar menggunakannya sampai batas tertentu. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling berpengaruh di dunia sejauh ini. Menjadi dasarnya bahasa ibu dari teknologi internet dan komputer, bahasa Inggris hadir secara global. Jadi, belajar bahasa Inggris itu sangat menguntungkanmu.

Penting juga untuk menambahkan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa resmi di Amerika Serikat, Inggris Raya, dan Kanada, yang semuanya ada dalam daftar 10 ekonomi terbesar dunia. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang digunakan dalam kancah internasional sehingga jika kamu menguasai bahasa ini, akan sangat mempermudah untuk berkomunikasi di lingkungan tersebut.

Bahasa Mandarin/Cina

Tidak ada satu bahasa pun di dunia dengan lebih banyak penutur asli daripada bahasa Cina. Dengan penutur asli sebanya 1,2 miliar orang, bahasa Cina memiliki berbagai dialek seperti Hakka, Kanton, Mandarin, Xiang, dan lainnya. Dari semua dialek, bahasa Mandarin yang memiliki penutur terbanyak, 910 juta penutur asli dan 200 juta lainnya sebagai penutur bahasa kedua. Belum lagi saat ini Tiongkok merupakan salah satu negara dengan kemajuan perekonomian paling pesat di dunia sehingga jika kamu belajar bahasa Mandarin, ini akan menjadi sangat menguntungkan.

Bahasa Spanyol

Penting Banget! 5 Bahasa yang Wajib Kamu Kuasai Agar Sukses
sumber: giphy

Bahasa Spanyol juga merupakan salah satu bahasa yang memiliki penutur terbanyak di dunia. Ada sekitar 480 juta penutur asli dan lebih dari 75 juta menggunakannya setidaknya sebagai bahasa kedua mereka. Bahasa Spanyol adalah bahasa utama di lebih dari 20 negara yang sebagian besar terletak di Amerika Latin. Jika karier atau bisnismu ingin mencapai negara di Amerika Selatan, bahasa Spanyol wajib untuk dikuasai.

Bahasa Jepang

Bahasa Asia lain ada dalam daftar bahasa paling penting karena kekuatan dan pengaruh ekonomi dunia adalah bahasa Jepang. Sekitar 127 juta penutur asli bahasa Jepang dan satu juta lagi menggunakannya sampai batas tertentu.

Meskipun pada mulanya sulit untuk memahami aksaranya, bahasa Jepang adalah bahasa yang indah dan tidak jauh lebih sulit daripada mempelajari bahasa dari negara di Eropa. Jika kamu tertarik dengan perkembangan industri teknologi, belajar bahasa Jepang adalah pilihan yang tepat.

Bahasa Arab

Penting Banget! 5 Bahasa yang Wajib Kamu Kuasai Agar Sukses
sumber: giphy

Bahasa Arab adalah bahasa resmi dari Liga Arab yang terdiri dari tidak kurang dari 22 negara. Ada lebih dari 310 juta penutur asli bahasa Arab dan 270 juta penutur bahasa Arab sebagai bahasa kedua. Bahasa Arab adalah bahasa liturgi dari seluruh peradaban Muslim, yang menyebarkan pengaruhnya ke sekitar 1,5 miliar orang. Jadi, fakta ini saja menjadikan Arab salah satu bahasa terpenting di planet ini. Tidak terhenti di sana, berbisnis dengan perusahaan dari negara anggota Liga Arab pun menguntungkan sehingga belajar bahasa Arab kini mulai memiliki peminat tersendiri.

Dengan kemajuan teknologi, kamu sudah tidak perlu lagi pergi ke tempat les untuk belajar bahasa asing karena dengan mengunduh aplikasi Cakap dari App Store dan Play Store, kamu bisa belajar bahasa asing langsung dari smartphone-mu. Aplikasi Cakap juga memiliki fitur Cakap Live di mana kamu bisa berdiskusi dengan sesame pelajar bahasa asing dan didampingi oleh pengajar profesional dari Cakap.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google