Apa Itu Kurikulum Cambridge? Cari Tahu di Sini!

apa itu kurikulum cambridge
Image by master1305 on Freepik

Kurikulum adalah suatu hal yang penting dalam dunia pendidikan. Kurikulum sekolah nasional yang berlaku di Indonesia saat ini adalah Kurikulum Merdeka Belajar yang merupakan hasil evaluasi Kurikulum 2013. Sementara itu, ada pula sekolah yang menggunakan kurikulum internasional seperti kurikulum Cambridge International Curriculum. 

Kurikulum Cambridge ini telah diterapkan ke lebih dari 200 sekolah di Indonesia. Nah, bagi Moms dan Dads yang sedang mempertimbangkan kurikulum sekolah terbaik untuk si Kecil, baca artikel ini sampai habis, ya! Yuk, cari tahu apa itu kurikulum Cambridge dan apa saja keunggulannya!

Table of Contents

Apa Itu Kurikulum Cambridge? 

Kurikulum Cambridge International adalah kurikulum pendidikan yang dikembangkan oleh lembaga Cambridge Assessment International Education, sebuah lembaga yang berbasis di Inggris. Kurikulum ini fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris, keterampilan berpikir kritis dan kreatif, serta persiapan ujian internasional. 

Kurikulum ini menawarkan berbagai macam mata pelajaran yang dapat dipilih dan ujian internasional seperti IGCSE atau A-level yang diakui secara global. Ujian internasional ini dianggap sebagai standar global untuk pengakuan kualifikasi dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi di seluruh dunia. 

Nah, karena merupakan standar global, materi yang diajarkan pada kurikulum Cambridge International pun biasanya lebih mendalam dan kompleks. Meski demikian, siswa tidak perlu mengambil semua mata pelajaran, melainkan hanya yang diminati serta yang berhubungan dengan rencana studi selanjutnya. 

Tingkatan Kurikulum Cambridge

Dalam kurikulum Cambridge International, terdapat empat jenjang pembelajaran yang disebut Cambridge Pathway. Jenjang tersebut berguna untuk mengukur kemampuan anak berdasarkan umurnya. Berikut pengelompokannya.

  • Cambridge Early Years → Untuk anak usia 3 tahun ke atas. 
  • Cambridge Primary → Untuk anak berusia di atas 5 tahun dengan total 10 mata pelajaran termasuk Bahasa Inggris, Matematika, dan Sains.  
  • Cambridge Lower Secondary → Untuk anak usia di atas 11 tahun, dengan total 10 mata pelajaran termasuk Bahasa Inggris, Matematika, dan Sains. 
  • Cambridge Upper Secondary → Untuk anak usia di atas 14 tahun dengan pilihan yang luas dalam Cambridge IGCSE (70+ subjek), O Level (40+ subjek, dan Cambridge ICE Certificate. 
  • Cambridge Advanced → Untuk anak usia diatas 16 tahun dengan pilihan subjek yang luas dalam Cambridge International AS & A Level, Cambridge AICE Diploma, dan Cambridge IPQ

Ingin Si Kecil Jadi Bilingual? Belajar Bahasa Inggris di Cakap, yuk!

Keunggulan Kurikulum Cambridge

Kurikulum Cambridge memiliki berbagai keunggulan yang sebaiknya Moms dan Dads pertimbangkan dalam memilih sekolah dengan kurikulum internasional. Berikut adalah beberapa keunggulan kurikulum Cambridge International.

1. Pengakuan Internasional

Kurikulum Cambridge International menawarkan ujian internasional yang diakui secara internasional, seperti IGCSE atau A-level. Ujian ini memberikan pengakuan yang lebih luas dan membuka peluang bagi siswa untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi di seluruh dunia. 

2. Fokus pada Kemampuan Bahasa Inggris

Kurikulum ini memfokuskan pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris pada setiap mata pelajaran. Dengan demikian, siswa dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik dan menjadi lebih percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. 

3. Pembelajaran Kreatif dan Kritis

Selanjutnya, kurikulum Cambridge International mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis. Hal ini akan memungkinkan siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih luas dan lebih kompleks. 

4. Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah keunggulan selanjutnya dari kurikulum Cambridge International. Kurikulum ini menawarkan berbagai mata pelajaran elektif yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan masing-masing siswa. 

5. Materi Pelajaran yang Lebih Mendalam 

Kurikulum Cambridge International menyediakan materi pelajaran yang lebih mendalam dan kompleks. Hal ini tentunya membantu siswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan lebih luas pada setiap mata pelajaran.

Selain kelima keunggulan di atas, kurikulum Cambridge International juga membantu siswa mempersiapkan diri untuk karier internasional. Hal ini dilakukan dengan penekanan pada pengembangan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja global.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai salah satu kurikulum internasional, yaitu Cambridge International. Selain memasukkan si Kecil ke sekolah dengan kurikulum internasional, Moms dan Dads juga bisa mendukung pembelajaran bahasa Inggris si Kecil dengan kelas bahasa Inggris anak di Cakap. Yuk, daftar kelasnya! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

cambridgeinternational.org

Baca juga: 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.