Yuk, Berdongeng! 5 Manfaat Storytelling untuk Perkembangan Anak

manfaat stroyteling

Storytelling atau biasa disebut mendongeng, merupakan cara menyampaikan suatu cerita secara lisan. Cerita anak yang pada umumnya disampaikan dapat berupa fabel (kisah hewan) atau legenda. Pendongeng berkesempatan menggunakan media seperti boneka buku, atau animasi  untuk storytelling.

Tapi, dongeng itu jadul!

Eits, jangan salah. Meski kelihatannya teknik bercerita jenis ini tidak efektif lagi, storytelling tetap punya banyak dampak positif lho dalam proses pertumbuhan anak. Yuk, simak penjelasannya berikut.

Menumbuhkan Kreativitas

source: giphy.com

Ketika anak mendengar sebuah cerita secara antusias, dia akan berimajinasi tentang jalannya cerita tersebut. Misalnya, penggambaran karakter, latar, dan konflik yang terjadi. Dengan menanamkan berbagai ide, anak akan menjadi lebih kreatif.

Meningkatkan Kecerdasan

source: giphy.com

Berkat rasa ingin tahu yang tinggi, anak akan mampu mengolah alur cerita di dalam pikirannya. Setelah dongeng selesai, biarkan anak memahami pesan yang terkandung dari cerita (pesan moral). Hal itu berguna untuk mengajarkannya berbuat baik serta melatihnya berpikir kritis.

Minat Baca Bertambah

source: giphy.com

Dreams you hold come from reading. Tingkatkan minat baca anak melalui storytelling! Dari mendengarkan, anak akan mulai tertarik untuk membaca buku. Semakin sering berdongeng, semakin tumbuh rasa penasaran anak terhadap kisah-kisah menarik serta pengetahuan umum.

Menghindari Pikun!

source: giphy.com

Salah satu cara untuk melihat perkembangan anak yaitu dengan mengasah ketajaman memorinya. Storytelling akan membuat anak berusaha mengingat segala komponen dalam cerita. Mulai dari karakter hingga alur cerita. Ajak anak untuk berlatih mengingat dengan menceritakan kembali keseluruhan cerita menggunakan kata-katanya sendiri. Dijamin deh, anak terhindar dari pikun di usia dini!

Melatih Kemampuan Bahasa

source: giphy.com

Kemampuan bahasa dapat berupa kecakapan berbicara ataupun pendalaman suatu bahasa. Storytelling akan melatih anak untuk mendengar, menyimak, dan menyimpulkan sebuah cerita. Dari mendengar, anak belajar kosakata baru. Lalu, dari menyimak dan menyimpulkan, anak belajar berkomunikasi. Alhasil, jadi pintar ngomong deh!

Apalagi jika storytelling disampaikan dalam bahasa asing. Tentu dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan anak, sekaligus menambah kemampuan bahasa asingnya sejak dini. Terutama bagi pendidikan dasar anak, seperti belajar bahasa inggris untuk anak SD. Dengan Storytelling Anak pun jadi lebih semangat dan memiliki pengalaman belajar bahasa yang menyenangkan. 

Tidak hanya belajar di sekolah, teknik mendongeng juga mampu meningkatkan kecerdasan anak. Jika secara rutin dilakukan, storytelling tentu membuahkan berbagai manfaat baik. Patut dicoba, bukan?

Untuk memaksimalkan kemampuan story telling anak, para orang tua harus bisa memaksimalkan kemampuan anak dengan mengikuti kelas bahasa inggris  di  Cakap. Cuma IDR 24.950 / sesi lho. Yuk, klik dibawah ini :

Belajar Bahasa Inggris Anak

Baca juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google