6 Kegiatan Ekstrakurikuler yang Bermanfaat bagi Anak

kegiatan ekstrakurikuler anak

Selain bisa menambah teman dan mengisi waktu luang, kegiatan ekstrakurikuler juga memiliki banyak manfaat lainnya. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang bertujuan untuk mengembangkan hobi dan potensi anak. Ekskul dapat membantu anak mempelajari hal baru yang tidak diajarkan lewat pelajaran di kelas. Ditambah lagi, manfaatnya besar bagi tumbuh-kembang dan masa depan anak.

Ekskul di tiap sekolah tentunya berbeda-beda. Namun tujuannya tetap sama, yakni membentuk karakter anak sesuai minatnya. Tak jarang, pencarian minat dan karier bermula dari mengikuti ekskul di sekolah. Selain itu, anak bisa belajar untuk bekerjasama dalam tim, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, dan mengasah kemampuan psikomotorik.

Apa saja sih, ekskul yang bermanfaat bagi anak? Pada artikel ini, Cakap telah merangkum 6 jenis ekskul yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi.

Olahraga

source: giphy.com

Anak hiperaktif, lincah, dan ingin terus bergerak? Tenang, kegiatan olahraga bisa jadi solusinya! Ayo, ajak anak bergabung dalam tim olahraga di sekolah supaya kelincahannya membuahkan prestasi. 

Dari sini, anak juga bisa belajar tentang leadership skill. Olahraga yang pada umumnya tersedia beragam, mulai dari olahraga darat (sepak bola, basket, voli) hingga olahraga air (renang).

Jurnalistik

source: giphy.com

Anak Anda punya rasa keingintahuan yang tinggi, hobi mengulik berita, dan suka menulis? Ekstrakurikuler jurnalistik bisa jadi pilihan yang bagus! Ekskul ini mengajarkan anak untuk lebih mahir dalam hal tulis menulis, mengolah informasi, menyampaikan berita, bahkan menggunakan kamera dan memproduksi berita. 

Kesenian

source: giphy.com

Kesenian dapat terbagi menjadi melukis, mewarnai, bahkan membatik. Biasanya, mendekorasi majalah dinding sekolah juga termasuk dalam ekskul ini. Jika anak Anda suka berkreasi dan membuat hal-hal baru, ekskul ini bisa sangat bermanfaat karena bagus untuk melatih kreativitasnya. 

Apabila terus dikembangkan, anak dapat berpotensi menjadi pelukis, arsitek, atau grafis desainer. Sekarang semakin banyak perusahaan yang membutuhkan seorang desainer lho!

Musik

source: giphy.com

Sama halnya dengan kesenian, musik merupakan ekskul teruntuk anak yang hobi bermain instrumen seperti gitar, drum, atau piano. Belajar bermain alat musik memiliki beberapa manfaat bagi anak, di antaranya meningkatkan daya ingat, kemampuan motorik, serta menjadi sarana pelepas stres. Banyak ya manfaatnya! Siapa tahu bisa jadi musisi, produser, atau kritikus musik?

Teater

source: giphy.com

Anak Anda hobi nonton film atau bermain peran? Boleh banget nih ikut ekskul teater. Karena di sini, anak akan diajarkan cara membaca naskah drama, mengetahui staging ketika pentas, serta teknik memerankan berbagai jenis peran dan karakter. Jika anak Anda pemalu, ekskul ini juga bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial anak.

Klub Bahasa

source: giphy.com

Klub yang satu ini tak kalah bermanfaat! Apalagi, saat ini kemampuan berbahasa asing jadi kian penting. Dalam klub bahasa, anak dapat belajar dan berlatih kemampuan menulis dan berbicara bahasa asing. Ekskul bahasa, khususnya untuk bahasa Inggris, biasa ada yang terbagi lagi menjadi beberapa fokus seperti debat, pidato, scrabble, dan storytelling. Sebagian sekolah pun masih mengadakan ekskul spelling bee.

Selain melatih kemampuan bahasa, ekskul seperti debat atau pidato juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Kalau hobi menyusun kata, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit, scrabble tentu bisa jadi pilihan. Yang hobi membaca atau mendongeng, storytelling dong! Sedangkan spelling-bee cocok untuk anak yang ingin mendalami ejaan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Selain itu, ada banyak lomba yang diadakan yang berkaitan dengan bahasa, baik lomba antar sekolah ataupun lomba individual. Dengan mengikuti klub bahasa, anak Anda bisa berpartisipasi dalam berbagai kompetisi yang tentu bisa menambah prestasi anak. 

Belajar bahasa asing memang seru ya. Mau anak Anda semakin mahir? Yuk, daftarkan mereka di Cakap Kids. Anak akan mendapat pengetahuan seputar bahasa Inggris dengan metode belajar yang didesain khusus untuk anak-anak. Cuma IDR 24.950/Sesi lho! Yuk, klik banner dibawah ini.

Belajar Bahasa Inggris Anak

Baca juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google