9 Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah untuk Anak TK & SD!

kegiatan ekstrakurikuler anak
manfaat kegiatan ekstrakurikuler anak

Selain kegiatan belajar mengajar di kelas, anak juga perlu mengimbangi kegiatannya di luar jam belajar mengajar, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Di tingkatan sekolah menengah, ada banyak ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh anak. Lalu gimana ya buat anak-anak yang masih ada di tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar? Apakah ada ekstrakurikuler yang cocok untuk mereka?

Yuk, simak selengkapnya tentang apa itu ekstrakurikuler, manfaatnya bagi anak, dan macam-macam ekstrakurikuler yang cocok untuk anak!

Table of Contents

Apa Itu Ekstrakurikuler?

Ekstrakurikuler adalah salah satu wadah yang bisa dijadikan sebagai kegiatan pengembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler menyimpan banyak dampak positif yang bisa memperkaya dan memperluas wawasan diri bagi anak-anak.

Meskipun ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan di luar jam sekolah, namun kegiatan ini tetap dilakukan di ruang lingkup sekolah kok Moms. Jadi, kegiatan ini masih bisa terpantau dengan baik oleh pihak sekolah dan orang tua.

Terdapat dua jenis kegiatan ekstrakurikuler, yaitu ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Perbedaanya terletak pada keharusan siswa atau anak untuk berpartisipasi. Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan yang harus diikuti oleh semua siswa atau peserta didik. Sedangkan ekstrakurikuler pilihan merupakan kegiatan pengembangan yang bisa dipilih siswa berdasarkan minat dan bakat yang dimiliki.

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah mendatangkan banyak manfaat lho, Moms. salah satu yang paling terlihat adalah keaktifan dan pengalaman bersosialisasi anak. Anak yang aktif di kegiatan ekstrakurikuler akan mendapatkan banyak teman dan pengalaman baru di dalam hidupnya.

Nah lantas, ada manfaat apa lagi ya yang bisa didapat oleh anak jika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah? Yuk, cek penjelasan di bawah!

(1) Mengeksplor Minat dan Bakat Anak

Manfaat kegiatan ekstrakurikuler yang pertama adalah mengeksplor/ mengembangkan bakat dan minat anak. Di masa kanak-kanak, sangat samar-samar untuk mengenali minat dan bakat anak. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, akan membantu anak menemukan minat dan bakatnya. Tidak hanya itu, di sana anak juga bisa terus mengembangkan potensi yang mereka miliki dengan bimbingan yang terarah.

(2) Memperluas Pengalaman Bersosialisasi

Sosialisasi dan interaksi sangatlah penting bagi anak. Selain bisa menambah teman, hal tersebut juga bisa membantu anak memahami bagaimana beradaptasi dan menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarnya. Lewat kegiatan ekstrakurikuler, anak bisa menjadi pribadi yang mudah bergaul, sosialis, dan mampu menempatkan diri di dalam berbagai situasi.

(3) Merefresh Diri Sambil Belajar Hal Baru

Ekstrakurikuler adalah tempat di mana anak bisa merefresh diri, bersenang-senang, namun tetap belajar hal-hal baru. Ketika anak merasa lelah dengan kegiatan akademik, mereka bisa menemukan mood baru lewat kegiatan ekstrakurikulernya. Kegiatan ekstrakurikuler bisa menjadi kegiatan refreshing otak sekaligus menghempaskan rasa bosan anak.

(4) Lebih Disiplin dan Bisa Membagi Waktu

Belajar disiplin dan bisa membagi waktu harus ditanamkan pada anak sedini mungkin. Anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler cenderung lebih memiliki tingkat kedisiplinan dan management waktu yang baik. Mereka bisa lebih belajar disiplin dalam mengerjakan sesuatu, juga berusaha untuk menghargai dan membagi waktu antara kegiatan belajar dengan kegiatan ekstrakurikuler.

(5) Membuka Peluang untuk Lebih Berprestasi

Berbicara soal prestasi, jangkauannya sangat luas. Prestasi tidak hanya diukur dari kegiatan akademik saja, tetapi juga dari kegiatan non akademik. Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akan membuka peluang bagi anak untuk lebih prestasi di berbagai bidang, tentunya melalui beragam lomba-lomba yang diikuti oleh mereka.

Kenali Tingkat Keahlian Bahasa Inggris Si Kecil Sekarang

kegiatan-ekstrakurikuler-di-sekolah
Photo from Freepik

Macam-Macam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah untuk Anak TK & SD

Nah Moms, setelah berkenalan dengan pengertian dan manfaat ekstrakurikuler, yuk saatnya kenalan dengan macam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang cocok untuk anak TK dan SD. Kira-kira apa saja ya yang bisa mereka ikuti? Cek jawabannya berikut ini:

(1) Drum Band/ Marching Band

Kegiatan ekstrakurikuler ini akan mengenalkan anak-anak pada berbagai macam alat musik, mulai dari bass drum, marching bell, cymbal, terompet hingga tongkat mayoret. Ekstrakurikuler ini cocok anak-anak sekolah dasar yang gemar bermain musik dan suka tampil di berbagai macam kegiatan. Mengikuti ekstrakurikuler drum band bisa membantu mengasah kemampuan otak untuk menghafal tangga nada. Selain itu, ekstrakurikuler ini juga bisa melatih kekompakan dan kerja sama sesama teman agar menciptakan musik dan harmoni yang indah.

(2) Musik

Sama halnya dengan drum band/merching band, musik merupakan ekskul teruntuk anak yang hobi bermain instrumen seperti gitar, drum, atau piano. Belajar bermain alat musik memiliki beberapa manfaat bagi anak, di antaranya meningkatkan daya ingat, kemampuan motorik, serta menjadi sarana pelepas stres. Banyak ya manfaatnya! Siapa tahu bisa jadi musisi, produser, atau kritikus musik?

(3) Olahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh anak TK dan SD. Ada banyak cabang olahraga yang bisa diikuti, seperti voli, basket, sepak bola, renang, dll. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan keproduktifan fisik, ekstrakurikuler olahraga juga bisa melatih perkembangan motorik anak. Dengan olahraga, anak dapat belajar bagaimana cara menyusun strategi dan bekerja sama dengan tim.

(4) Seni Tari

Seni tari tradisional maupun tari modern bisa menjadi salah satu ekstrakurikuler yang bisa dipilih anak. Mereka bisa belajar tarian daerah yang klasik, balet, atau mungkin juga dance kontemporer. Mengenalkan anak dengan seni tari membantu mereka untuk mengenal beragam budaya dan asal-usul tarian tersebut serta sebagai wadah untuk mengekspresikan diri.

(5) Seni Bela Diri

Selanjutnya ada ekstrakurikuler seni bela diri. Sebagian orang tua mungkin akan berpikir apakah ekstrakurikuler ini cocok untuk anak TK dan SD? Jawabannya cocok kok Moms. Lewat seni bela diri, anak bisa belajar banyak hal, terutama dalam hal disiplin, kontrol diri, keberanian, dan perkembangan fisik. Seni bela diri yang bisa diikuti oleh anak TK dan SD, seperti taekwondo, silat, karate, dll. Tentunya anak-anak akan diajarkan teknik seni bela diri sesuai tingkatan dan usianya, jadi Moms nggak perlu khawatir.

(6) Kesenian

Kesenian dapat terbagi menjadi melukis, mewarnai, bahkan membatik. Biasanya, mendekorasi majalah dinding sekolah juga termasuk dalam ekskul ini. Jika anak Anda suka berkreasi dan membuat hal-hal baru, ekskul ini bisa sangat bermanfaat karena bagus untuk melatih kreativitasnya. 

Apabila terus dikembangkan, anak dapat berpotensi menjadi pelukis, arsitek, atau grafis desainer. Sekarang semakin banyak perusahaan yang membutuhkan seorang desainer lho!

(7) Pramuka

Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang satu ini termasuk ke dalam ekstrakurikuler wajib. Biasanya baru dimulai untuk tingkat SD, anak akan mulai di Tingkatan Pramuka Siaga. Dengan mengikuti kegiatan pramuka, ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh anak, antara lain adalah memahami nilai-nilai kepramukaan, mengasah keterampilan khusus, melatih kecakapan, dan mempertajam ketangkasan. 

Gabung Komunitas Parents di Cakap dan Raih Banyak Keuntungan

(8) Teater

Anak Anda hobi nonton film atau bermain peran? Boleh banget nih ikut ekskul teater. Karena di sini, anak akan diajarkan cara membaca naskah drama, mengetahui staging ketika pentas, serta teknik memerankan berbagai jenis peran dan karakter. Jika anak Anda pemalu, ekskul ini juga bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial anak.

(9) Klub Bahasa

Klub yang satu ini tak kalah bermanfaat! Apalagi, saat ini kemampuan berbahasa asing jadi kian penting. Dalam klub bahasa, anak dapat belajar dan berlatih kemampuan menulis dan berbicara bahasa asing. Ekskul bahasa, khususnya untuk bahasa Inggris, biasa ada yang terbagi lagi menjadi beberapa fokus seperti debat, pidato, scrabble, dan storytelling. Sebagian sekolah pun masih mengadakan ekskul spelling bee.

Selain melatih kemampuan bahasa, ekskul seperti debat atau pidato juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Kalau hobi menyusun kata, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit, scrabble tentu bisa jadi pilihan. Yang hobi membaca atau mendongeng, storytelling dong! Sedangkan spelling-bee cocok untuk anak yang ingin mendalami ejaan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Gimana Moms, ada banyak pilihan ekstrakurikuler yang bisa dipilih anak-anak bukan? Nah, buat Moms and Dads yang ingin anaknya fokus pada ekstrakurikuler bahasa, yuk dukung bakatnya dengan mendaftarkan mereka di kelas bahasa Inggris anak Cakap! Anak akan mendapat pengetahuan seputar bahasa Inggris dengan metode belajar yang didesain khusus untuk anak-anak. Yuk, cek kelasnya sekarang Moms!

Referensi:
-prestasiglobal.id
-ditpsd.kemdikbud.go.id
-id.theasianparents.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.