Daftar Peralatan Sekolah Lengkap untuk Anak SD hingga SMA

peralatan-sekolah

Untuk menunjang proses belajar anak, selain memperhatikan persiapan sekolah, para siswa tentunya harus menyiapkan peralatan sekolah yang lengkap sesuai kebutuhan. Peralatan sekolah untuk siswa bisa jadi salah satu cara untuk membangkitkan semangat mereka untuk bersekolah, lho Mom. Berikut merupakan informasi penting terkait peralatan sekolah anak TK, SD, SMP, dan SMA yang bisa dipersiapkan sebelum tahun pelajaran baru dimulai!

Table of Contents

Peralatan Sekolah dari TK hingga SMA

Setiap jenjang Pendidikan tentunya memiliki peralatan sekolah yang harus dimiliki oleh siswanya untuk mempermudah proses belajar siswa. Berikut merupakan macam-macam peralatan sekolah berdasarkan jenjang pendidikannya.

(1) Peralatan Sekolah untuk anak TK

Kalau Moms and Dads punya anak yang baru mengenal dunia pendidikan seperti TK, maka kalian harus menyiapkan beberapa peralatan sekolah yang dapat menunjang kreativitas anak, seperti peralatan menggambar, permainan yang mengasah otak, dan kreativitas. Hal itu agar anak-anak tetap kreatif dan tidak cepat merasa bosan.

(2) Peralatan Sekolah untuk anak SD

Peralatan sekolah yang dibutuhkan anak SD tentunya sedikit berbeda dengan anak-anak TK. Memasuki usia SD, anak-anak akan belajar dengan sistem formal. Selain seragam sekolah, tas, sepatu, alat tulis yang dibutuhkan juga bertambah lagi, seperti pensil, pulpen, penghapus, tempat pensil, pensil warna, spidol dan buku penunjang atau pelengkap lainnya.

(3) Peralatan Sekolah untuk anak SMP

Peralatan sekolah yang dibutuhkan anak SMP sebenarnya sama saja dengan anak SD. Hanya saja, di era modern ini untuk menunjang kelancaran belajarnya, siswa SMP memerlukan akses internet, baik itu untuk belajar secara daring ataupun untuk mencari sumber referensi dari tugas yang diberikan oleh guru di sekolah.

(4) Peralatan Sekolah untuk anak SMA

Selain dasar seperti seragam, tas dan sepatu, alat tulis yang dibutuhkan juga tidak jauh berbeda dengan peralatan sekolah untuk anak SMP. Selain itu yang harus dimiliki oleh anak SMA adalah buku penunjang sesuai dengan jurusan yang diambil. Selain akses internet, laptop atau computer juga diperlukan untuk menyelesaikan tugas seperti membuat makalah, PPT dan lain sebagainya.

Macam-Macam Peralatan Sekolah dari SD-SMA

Setelah pembelajaran tatap muka diberlakukan tentunya peralatan sekolah yang diperlukan akan lebih banyak, berikut merupakan daftar peralatan sekolah dari TK- SMA

(1) Alat Tulis Lengkap

Alat tulis menjadi peralatan yang harus dimiliki oleh siswa di semua jenjang Pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah maupun di tempat lain. Peralatan tulis tersebut antara lain pulpen, pensil, penghapus, penggaris, rautan, dan lain sebagainya.

(2) Buku Tulis dan Buku Penunjang Mata Pelajaran

Barang yang tidak boleh dilupakan ketika sekolah atau pun belajar adalah buku tulis. Selain digunakan untuk mencatat materi,  buku tulis juga biasanya digunakan untuk mengumpulkan tugas. Selanjutnya, buku penunjang digunakan untuk mempermudah belajar para siswa, buku penunjang atau buku paket biasanya diberikan langsung oleh sekolah. Untuk anak SMP-SMA, kamu juga bisa membeli buku penunjang yang dibutuhkan di toko buku ya.

(3) Peralatan Menggambar

Selain peralatan tulis menulis kamu juga harus punya peralatan menggambar. Umumnya peralatan menggambar yang dibutuhkan siswa berbeda-beda sesuai dengan jenjang Pendidikannya. Untuk anak TK dan SD biasanya yang mereka butuhkan adalah buku gambar, pensil warna, dan crayon. Sedangkan untuk anak SMP dan SMA mereka lebih banyak membutuhkan peralatan menggambar, seperti buku gambar, pensil warna, crayon, kanvas, cat akrilik, cat air, dan lain sebagainya.

(4) Papan Ujian

Penggunaan papan ujian umum ditemukan di semua tingkat pendidikan khususnya dari SD-SMA. Papan ujian memiliki fungsi sebagai alas untuk lembar jawaban agar lebih mudah menulis dan tulisan menjadi lebih rapi. Papan ujian ini biasanya digunakan saat mengerjakan ulangan harian atau ulangan semester.

(5) Kalkulator

Kalkulator umumnya digunakan oleh siswa SMP dan SMA untuk mempermudah perhitungan yang rumit. Untuk siswa SMA biasanya menggunakan kalkulator ilmiah karena memiliki fungsi yang lebih lengkap diantaranya untuk menghitung pengakaran, operasi sinus, cosinus, tangen serta rumus matematika lainnya.

(6) Laptop

Di era modern yang serba menggunakan teknologi, laptop menjadi perangkat pembelajaran yang sangat penting terutama bagi siswa SMA. Hal itu berkaitan dengan semakin kompleksnya materi dan kebutuhan siswa SMA, seperti membuat karya tulis, essay, hingga presentasi di PPT.

(7) Peralatan Penunjang Lainnya

Peralatan tambahan terkadang juga menjadi peralatan penting untuk menunjang proses pembelajaran. Peralatan tambahan yang bisa kamu persiapkan antara lain sticky note untuk mencatat hal penting di buku, sebagai pembatas, dan lainya.

Stabilo, digunakan untuk menandai atau memberi warna pada tulisan yang dianggap penting sehingga akan mempermudah kamu untuk memahami materi.

Selanjutnya ada paper clips, bagi kamu yang suka merangkum materi di kertas, dan mencetak materi pdf, kamu bisa gunakan paper clips untuk menjepit kertas- kertas tersebut agar tidak berantakan dan tetap rapi.

Ada juga peralatan yang tak kalah penting, yaitu pembatas buku. Peralatan sekolah ini bisa digunakan untuk menandai halaman penting pada buku pelajaran. Pembatas buku juga memiliki variasi bentuk karakter yang unik dan lucu untuk menambah semangat belajar kamu. 

Itu dia macam-macam peralatan sekolah yang harus Moms and Dads ketahui untuk memaksimalkan proses belajar dan menambah semangat anak. 

Nah, selain peralatan sekolah, ada juga hal lain yang bisa menunjang proses belajar, yaitu bahasa asing! Masa anak-anak merupakan golden age untuk belajar bahasa baru. So Moms, menjelang libur akhir tahun, yuk coba isi waktu luang anak dengan mengikuti kursus bahasa Inggris anak di Cakap!

Referensi:
-pintek.id
-orami.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.