7 Tips Mempersiapkan Anak Kembali ke Sekolah, Moms & Dads Harus Tahu!

tips persiapan masuk sekolah

Sekolah tatap muka kabarnya akan segera dibuka kembali. Hal tersebut mungkin menjadi kabar yang sangat dinanti-nantikan pelaksanaannya. Namun Moms, ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan dan perhatikan demi keamanan dan keefektifan belajar si kecil saat kembali ke sekolah. 

Berikut tips-tips yang harus disiapkan sebelum si Kecil kembali ke sekolah. Wajib diterapkan ya, Moms! Check this out!

Pastikan Anak Memahami dan Melaksanakan Protokol Kesehatan

Sebelum sekolah tatap muka dimulai, pastikan para orang tua sudah mengedukasi anak mengenai protokol kesehatan dengan baik. Berikan pemahaman lebih tentang pentingnya menggunakan masker, tetap menjaga jarak, dan selalu siap sedia hand sanitizer.

Saat anak sudah mengenal dan memahami pentingnya protokol kesehatan, maka mereka akan selalu waspada jika sedang berada di luar atau di sekolah.

Buatlah Perencanaan dan Tingkatkan Intensitas Komunikasi

Diskusikan bersama anak-anak mengenai peraturan di Sekolah, di masa transisi ini bukan tidak mungkin apabila ada beberapa peraturan sekolah yang berbeda selama sekolah tatap muka. Saat anak-anak akan kembali sekolah tatap muka, Moms and Dads bisa memberikan pemahaman mengenai hak dan kewajiban anak di sekolah. Bantu juga mereka untuk memanajemen waktu, buatlah catatan-catatan kecil tentang kegiatan anak di sekolah dan sesudah sekolah.

Di masa-masa transisi sekolah tatap muka, tingkatkanlah intensitas komunikasi dengan anak. Ajak anak-anak bercerita tentang hari-harinya di sekolah. Bagaimana perasaannya bertemu kembali dengan teman-teman, guru, dan menjalani aktivitas baru. Hal ini akan menjadi terapi yang dapat mengurangi kecemasan bagi anak maupun orang tua selama berinteraksi di lingkungan sekolah. Dengan komunikasi yang intens, orang tua juga akan mengenal karakter anak secara lebih dalam dan memahami apa yang mereka butuhkan.

Atur Waktu Istirahat/Tidur

Jika selama sekolah daring orang tua sedikit melonggarkan waktu istirahat atau waktu tidur anak, maka sekarang tidak lagi. Pastikan untuk mengatur waktu istirahat dan waktu tidur mereka, agar selama sekolah tatap muka berlangsung mereka berada dalam kondisi fit sehingga dapat menunjang proses pembelajaran yang baik.

Moms bisa menjadwalkan anak-anak untuk tidur 30 menit lebih awal, dan membatasi penggunaan gadget hingga tengah malam.

Lakukan Simulasi

Di hari pertama kembali ke sekolah, pasti ada sedikit kecanggungan bagi anak. Bagaimana tidak, kini mereka harus kembali berinteraksi secara langsung dengan guru dan temannya. Lakukanlah tips persiapan masuk sekolah yang satu ini, karena tips ini akan sangat membantu anak membiasakan diri lagi.

Perhatikan Sosialisasi dan Interaksi Anak

Selama berbulan-bulan menjalani sekolah daring, mungkin anak perlu sedikit beradaptasi di lingkungan sosial, khususnya dalam tataran sosialisasi dan interaksi. Teman sebaya dan lingkungan sosial anak sangat berpengaruh pada tahap perkembangan empati dan keterampilan mereka. Pastikan Moms memperhatikan cara mereka kembali bersosialisasi dan berinteraksi ya!

Perhatikan Nutrisi dan Pola Makan Anak

Nah, tips yang satu ini bener-bener harus dipraktikkan ya, Moms! Jangan lupa untuk selalu memberikan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi. Agar lebih aman, Moms bisa menyiapkan anak-anak bekal berupa makanan dan minuman yang cukup. Jadi, anak tidak perlu repot-repot jajan di luar.

Hindari Kecemasan atau Panik Berlebih

Tips persiapan untuk anak kembali ke sekolah yang satu ini harus dilakukan oleh kedua belah pihak, yaitu orang tua dan anak. Hindari kecemasan berlebih, tetaplah tenang dalam menyikapi kembali diadakannya sekolah tatap muka. Mengapa demikian? Karena biasanya jika orang tua cemas, maka anak-anak juga akan merasakan hal yang sama.

Hindari berita hoaks dan cukup pastikan bahwa anak-anak selalu mematuhi protokol kesehatan, sehingga mereka pasti akan tetap aman.

Itu dia tips mempersiapkan anak kembali ke sekolah. Jangan lupa praktikkan tips di atas ya, Moms and Dads! Tetap semangat dalam mengawasi dan mendampingi anak-anak belajar.

Selain memfokuskan pendidikan secara formal di sekolah, para orang tua juga bisa membantu anak-anak meningkatkan pengetahuan khususnya di bidang bahasa melalui kursus. Mempelajari bahasa asing sedari dini memiliki banyak manfaat, yuk segera daftarkan si Kecil untuk ikutan kursus Inggris anak di Cakap.

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks