Bantu Anak Belajar Bahasa Inggris dengan 5 Cara Ini!

belajar bahasa inggris anak

Tidak sedikit orang tua yang merasa bahwa mengenalkan bahasa Inggris terlalu dini tidaklah baik dan membuat kekhawatiran. Apalagi karena karena mereka harus mengenal sesuatu yang baru dan harus mempelajarinya. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas keuntungan dari belajar bahasa Inggris pada anak dan bagaimana orang tua berperan dalam pembelajarannya. Simak penjelasannya ya, Moms dan Dads!

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini untuk Anak

Berbeda dengan asumsi akan menyulitkan si Kecil, belajar bahasa sebenarnya memberikan beberapa manfaat untuk tumbuh kembang mereka. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Lebih Cepat Diserap dan Dikuasai

Anak-anak yang mempelajari bahasa asing sebelum usia lima tahun akan menggunakan bagian otak yang sama dengan bagaimana mereka mengenali bahasa ibu mereka. Mereka juga tidak takut untuk membuat kesalah ketika belajar dibandingkan anak yang lebih tua. Dengan demikian, pembelajaran juga akan relatif lebih efektif. 

Meningkatkan Kemampuan Otak

Penelitian membuktikan bahwa mempelajari bahasa baru akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, mengasah kemampuan mendengarkan, memperkuat ingatan, konsentrasi, dan kemampuan untuk multitasking. Anak-anak yang mahir dalam berbahasa asing juga menunjukkan peningkatan kreativitas dan fleksibilitas mental. 

Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu, Sensitivitas dan Toleransi

Sebagaimana diketahui, belajar bahasa adalah mempelajari budaya. Anak-anak yang diperkenalkan lebih awal terhadap bahasa asing akan lebih mudah mengenali budaya pengguna bahasa tersebut. Hal ini akan membuat mereka lebih memiliki rasa ingin tahu, sensitivitas budaya, serta toleransi terhadap perbedaan budaya tersebut. 

Bantu si Kecil Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Ada banyak hal dan kebiasaan Moms dan Dads di rumah yang bisa membantu si Kecil familiar dengan bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa yang bisa Moms dan Dads terapkan: 

1. Bangun kebiasaan bicara dan berekspresi

Moms dan Dads bisa mulai dari hal sederhana, seperti salam, sapaan, ajakan, bagaimana meminta atau meminta tolong, hingga bagaimana berterima kasih. Hal ini agar si Kecil mengenal dan terbiasa dengan ekspresi dan ungkapan tersebut. Selanjutnya, latihlah mereka untuk tidak sekadar mendengarkan, namun juga secara aktif berbicara. 

2. Perkenalkan dengan media dalam bahasa Inggris

Hal-hal yang disukai si Kecil seperti buku cerita, lagu dan tayangan kartun adalah media yang cepat membantunya dalam belajar. Memperkenalkan lagu dan tayangan yang dibawakan penutur asli juga akan membuat si Kecil terbiasa dengan pelafalan dan pengucapan. Pastikan cerita, lagu, atau tayangan tersebut memang dikhususkan untuk anak-anak ya, Moms, Dads!

3. Buatlah sesi yang menyenangkan

Anda dapat memanfaatkan momen bermain bersama si Kecil untuk mengajak mereka bermain game bahasa Inggris. Misalnya dengan bermain tebak-tebakan nama hewan, nama sayuran, nama warna, dan sebagainya. Jika si Kecil sudah cukup mahir, lanjutkan dengan permainan seperti scrabble untuk melatih kosakata. 

4. Ajak si Kecil menyuarakan pikirannya

Meminta si Kecil untuk berbicara dan menjelaskan sesuatu adalah hal yang dapat melatih mereka untuk mengutarakan pikiran. Buatlah sesantai mungkin misalnya dengan menanyakan bagaimana pendapat mereka terhadap tayangan yang baru mereka tonton. Atau mungkin pancing mereka untuk menceritakan pengalaman menarik mereka bersama teman. 

5. Daftarkan si Kecil kursus bahasa Inggris

Salah satu cara lainnya untuk mengajarkan bahasa Inggris pada si Kecil adalah dengan mendaftarkan mereka kursus. Program yang ada di kursus, biasanya sudah dirancang khusus untuk anak-anak. Dengan demikian, keempat hal di atas akan menjadi booster atau penunjang dari keterampilan yang mereka peroleh secara lebih terstruktur melalui kursus. 

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, kursus bahasa Inggris online untuk anak sangat disarankan. Selain melindungi si Kecil, Anda juga dapat mengawasi secara langsung proses belajar mereka. Salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah Cakap for Kids, Parents! Anda juga dapat mengaksesnya melalui aplikasi Cakap, lho! Download sekarang yuk, Moms and Dads!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks