5 Rekomendasi Buku Cerita Agar Anak Mahir Bahasa Inggris

buku cerita anak

Mengajak anak-anak untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris memang menjadi tantangan nih, parents. Namanya anak-anak, mereka pasti lebih suka bermain daripada belajar dengan serius. Padahal, kemampuan berbahasa Inggris sejak dini membuahkan banyak manfaat untuk masa depan si kecil. Untuk para parents sendiri bisa coba baca 6 rekomendasi buku pengembangan diri.

Namun sebenarnya, ada banyak cara unik supaya anak tertarik dengan bahasa Inggris lho. Salah satunya dengan mengajaknya membaca buku cerita. Selain menambah wawasan dan menggali imajinasi, buku cerita berbahasa Inggris tentu akan membantu anak memahami bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Untuk permulaan, Anda bisa berdongeng dan menerjemahkan ceritanya. Nanti kalau sudah mulai paham soal kosakata, biarkan mereka mengeksplorasi sendiri. Anda juga bisa meminta mereka untuk menceritakan kembali buku yang mereka sudah baca untuk melatih kemampuan berbicara mereka.

Gak perlu bingung cari buku cerita anak yang tepat. Cakap punya rekomendasinya! Berikut ini ada 5 buku cerita anak yang cocok jadi media belajar bahasa Inggris. Apa aja ya?

The Very Hungry Caterpillar – Eric Carle

Buku cerita bergambar yang pertama ini merupakan best-seller sepanjang masa. The Very Hungry Caterpillar mengisahkan seekor ulat yang gak pernah kenyang! Dalam hidupnya, ulat tersebut hanya mencari makan hingga akhirnya tidur panjang dalam kepompongnya. Selain untuk belajar bahasa Inggris, buku ini mengajarkan anak tentang metamorfosis kupu-kupu lho.

Sulwe – Lupita Nyong’o

Lupita Nyong’o dikenal sebagai pemain film yang gak kalah jago menulis buku cerita anak. Kisah dalam buku ini pun sungguh menarik. Mengusung tema ras, seorang anak bernama Sulwe memiliki warna kulit yang lebih gelap di antara teman-temannya.

Namun, Sulwe berhasil membuka pintu petualangan melalui kedua matanya. Yuk, tanamkan toleransi pada anak sejak dini agar mereka belajar menghargai sesama tanpa membedakan ras dan warna kulit melalui buku ini. Petualangan apa saja ya yang dilalui Sulwe?

Belajar Bahasa Inggris Anak

Lola at the Library – Anna McQuinn

Lola sangat senang dengan buku! Bahkan, orang-orang di sekitarnya ikut merasakan betapa bahagianya Lola. Setiap hari Selasa, Lola akan mengunjungi perpustakaan bersama ibunya. Lewat kisah Lola, Anda bisa menumbuhkan semangat membaca pada diri anak. Kalau rajin baca, bahasa Inggris anak pun jadi cepat lancar!

How to be a Pirate – Isaac Fitzgerald

Pasti sering ya, anak-anak bermimpi menjadi seorang bajak laut. Nah, salah satu kisah menarik soal bajak laut ada dalam buku ini nih. CeCe ingin sekali mengarungi samudera dengan kapalnya. Bersama kakeknya, CeCe berusaha mengejar impiannya. Petualangan CeCe dan sang kakek mengajarkan kemandirian serta keberanian. Gak hanya itu, buku ini juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak untuk menjadi apa yang diinginkannya. Let’s be brave pakai media cerita yang menyenangkan!

No More Naps! – Chris Grabenstein

Annalise punya masalah tidur siang. Sampai suatu ketika, sang ayah mengajaknya ke taman menggunakan kereta bayi. Sepanjang perjalanan, Annalise melihat kegiatan yang umum dilakukan di taman seperti anak-anak bermain bola, orang dewasa membawa peliharaannya untuk bermain, dan lainnya.

Perlahan, Annalise menyadari bahwa satu per satu orang yang dilihatnya mulai tertidur. Ketika dia ingin tidur siang, seluruh tidurnya telah habis! Gimana ya akhirnya? Nah, buku ini cocok banget untuk anak yang susah tidur. Habis baca, pasti jadi gampang disuruh tidurnya deh!

Mari sama-sama berpetualang dalam cerita fiksi! Belajar bahasa Inggris juga pasti lebih fun jika menggunakan buku cerita bergambar. Adanya visual dan ilustrasi yang lucu tentu akan lebih menarik perhatian anak. Tanamkan pesan moral dari 5 buku tadi supaya anak terbiasa melakukan hal positif.

Mau anak Anda dapat pengalaman belajar bahasa Inggris yang lebih fun? Gabung Cakap for Kids yuk! Selain berbasis kurikulum Cambridge yang bertaraf internasional, anak juga bisa berinteraksi secara langsung dengan pengajar lho. Melatih bahasa Inggris anak jadi lebih mudah!

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google