Manfaat aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak, Apa Saja Ya?

manfaat belajar aplikasi bahsa inggris

Belajar bahasa Inggris sejak dini adalah cara paling efektif untuk membiasakan penguasaan kata, kalimat, maupun memperkenalkan struktur dalam bahasa Inggris kepada anak. Anda dapat menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris untuk memudahkan anak Anda menguasai bahasa baru. Berikut adalah manfaat aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak :

Belajar Bahasa Inggris jadi Lebih Menyenangkan

Dibandingkan kursus konvensional, Aplikasi belajar bahasa Inggris dapat memudahkan anak memahami materi bahasa Inggris dengan mudah karena anak dapat belajar secara daring. Contohnya dengan belajar di Cakap, anak bisa belajar kurikulum Cambridge

Menurut penelitian Horwitz dan Cope, mayoritas anak akan merasa ketakutan dengan adanya kesalahan dan koreksi negatif dari guru. Kekhawatiran ini dinilai terjadi ketika anak salah dalam penggunaan bahasa Inggris di depan umum, yang merupakan salah satu faktor utama yang menghambat anak dalam memahami bahasa Inggris serta menggunakan bahasa Inggris di depan orang lain.

Untuk itu pembelajaran bahasa Inggris dengan aplikasi bahasa Inggris bisa jadi salah satu solusi belajar online anak. Belajar bahasa Inggris untuk anak juga bisa melalui game anak dimana dapat melatih anak dengan kosa kata baru. Anak juga memiliki kesempatan untuk menggunakan bahasa dengan cara yang tidak membuat stres dan akan mengurangi kecemasan sang anak, sehingga akan mempercepat kelancaran anak untuk berbicara dengan bahasa Inggris.

Jam Belajar yang Fleksibel

Sang buah hati dapat menentukan waktu belajar mereka sendiri. Melalui aplikasi belajar bahasa Inggris, orang tua dan anak dapat saling berdiskusi untuk menentukan waktu yang tepat untuk belajar. Sehingga anak akan merasa nyaman dan aman ketika akan belajar bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris juga sangat ideal untuk anak yang memiliki jadwal yang cukup padat. Istirahat makan siang, janji dengan dokter, atau antrian di supermarket tidak menghambat kesempatan anak untuk belajar. Aplikasi belajar bahasa Inggris juga dapat diunduh di Android dan iOS.

Mudahkan Anak untuk Memahami Materi Pembelajaran

Jika anda sedang mencari aplikasi untuk belajar bahasa Inggris, anda dapat menggunakan Cakap, sebagai solusi belajar online dengan metode 1-on-1. Dengan begitu, dapat memudahkan anak untuk bertatap muka secara dua arah dengan guru. Karena dengan aktivitas belajar secara langsung, hal tersebut dapat memudahkan pemahaman anak dalam menggunakan bahasa Inggris. Materi yang disampaikan secara langsung juga dapat meningkatkan proses menghafal dengan mendengarkan dan mengulanginya bersama sang guru. 

Aplikasi belajar bahasa Inggris dengan metode dua arah akan membuat guru memberikan penyampaian kuis, tes, latihan, serta teka-teki untuk sang buah hati dengan gaya yang berbeda sesuai masing-masing anak. Menurut penelitian R.M. Felder dan E.R Henriques mengenai perbedaan gaya belajar anak, ditemukan bahwa anak akan cenderung terbagi menjadi 2 tipe, yakni pembelajar visual atau pembelajar verbal. 

Pembelajar visual menyimpan lebih banyak informasi ketika pelajaran disajikan dalam bentuk visual, seperti melalui gambar, diagram, film, dan demonstrasi. Pembelajar verbal lebih suka penjelasan lisan atau tertulis daripada informasi visual. Melalui aplikasi belajar bahasa Inggris, anak dapat merasakan pengalaman belajar dengan dua tipe gaya belajar secara bersamaan.

Variasi Materi Berkualitas

Aplikasi  belajar bahasa Inggris menyediakan variasi materi untuk memudahkan anak dalam menentukan pilihan kelas. Tentunya dengan bantuan orang tua, anak Anda akan mendapatkan sebuah program pembelajaran khusus yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kurikulum yang dipakai juga bukan sembarangan lho. Beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak sudah bekerja sama dengan pihak ketiga dalam mempersiapkan kurikulum terbaik. Salah satunya adalah kurikulum Cambridge yang diusung oleh aplikasi Cakap dalam fitur Cakap for Kids.

Mudah Menyimpan Materi dan Melihat Perkembangan Belajar

Fasilitas yang tersedia dalam aplikasi belajar bahasa secara daring akan terus berkembang. Hal tersebut akan membantu mempermudah orang tua dalam melihat perkembangan anak dari bahan ajar yang diberikan. 

Di samping itu, orang tua juga dapat memilih pengajar yang cocok untuk sang buah hati dengan melihat latar belakang dari sang guru. Mengapa hal ini penting? Karena guru akan memantau perkembangan kegiatan belajar anak dan sekaligus secara teratur memotivasi peserta didiknya untuk memudahkan anak dalam belajar bahasa Inggris.

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google