Kumpulan Cerita Pendek Bahasa Inggris Berbagai Tema

cerita bahasa inggris

Cerita pendek adalah pilihan tepat untuk mencari hiburan dalam sastra dan kata. Cerita pendek bahasa Inggris bisa menjadi alat pembelajaran bahasa Inggris yang efektif. Sastra dan cerita-cerita yang ada di baliknya dapat menjadi referensi bacaan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Selain mendapat hiburan, kamu juga bisa menambah kosakata dan mempelajari grammar secara tidak langsung.

Selain membaca cerpen bahasa Inggris, kamu juga bisa loh mulai belajar membuat cerpen bahasa Inggris karyamu sendiri. Nah, sebagai bahan acuan, yuk cek kumpulan cerpen bahasa Inggris berbagai topik berikut ini.

Table of Contents

Apa Itu Cerpen (Short Story)?

Seperti namanya, short story artinya cerita pendek, yaitu sebuah karya fiksi naratif yang pendek dan lengkap dalam hal plot, karakter, dan tema. Cerpen biasanya memiliki fokus yang terbatas pada satu peristiwa atau situasi, dengan jumlah kata yang terbatas dibandingkan dengan novel atau novella. 

Meskipun panjangnya bervariasi, cerita pendek umumnya dapat dibaca dalam satu sesi atau sekali duduk. Cerita pendek sering kali mengeksplorasi tema-tema tertentu, menghadirkan karakter-karakter yang kuat, dan dapat menyampaikan pesan atau makna secara efektif dalam waktu yang terbatas. 

Jenis-jenis Story dalam Bahasa Inggris

Berdasarkan panjang ceritanya, ada beberapa jenis cerita atau story dalam bahasa Inggris, yaitu: 

1. Short story

Jenis cerita ini sudah lama ada, dimulai dengan hadirnya legenda, cerita rakyat, dan juga fabel di masa lalu. Cerpen modern mulai dikembangkan pada awal abad ke-19, di mana banyak sastrawan menuliskan cerita pendek. Contoh short story terkenal adalah “The Tell-Tale Heart” karya Edgar Allan Poe dan “The Necklace” karya Guy de Maupassant. 

2. Novella

Cerita yang lebih panjang daripada cerita pendek, tetapi lebih pendek dibandingkan dengan novel disebut sebagai novella. Umumnya, novella memiliki fokus yang lebih sempit dan lebih singkat dari novel. Contoh novella terkenal adalah “Animal Farm” karya George Orwell dan “Of Mice and Men” karya John Steinbeck.

3. Novel

Novel adalah sebuah cerita panjang yang biasanya memiliki lebih banyak karakter, plot yang kompleks, dan pengembangan yang mendalam. Contoh novel terkenal termasuk “Pride and Prejudice” karya Jane Austen, “To Kill a Mockingbird” karya Harper Lee, dan “Harry Potter” karya J.K. Rowling.

Contoh Cerita Pendek Bahasa Inggris dan Artinya

Setelah sebelumnya belajar membuat puisi bahasa Inggris, sekarang lewat kumpulan cerpen bahasa Inggris di bawah ini, semoga kamu bisa mengambil sebuah atau lebih pelajaran yang bisa disimpan dan dijadikan acuan dalam memandang kehidupan.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Cerita Bahasa Inggris tentang Cinta

Eternity

In mid-February, I peered up at the twilight sky. The reddish clouds and mega-smiling seemed to greet me, waving farewell to a love that had never been apart before. 

Does he not recognize me anymore? Am I still the same person he loved so much? I don’t know, I always wanted to say how are you today? Do I look like someone who pretends to be happy?

I have spent more than a thousand twilights without Fahri, but it feels like just yesterday he was sitting here, smiling and saying “your eyes are like the sunset we see on Blora hill, beautiful and makes me always want to look at it.”

To this day, the word goodbye still hasn’t come out of my mouth. Do I love you too much? Until the time you have turned to dust, I will remain only in the same heart.

Artinya: 

Di pertengahan bulan Februari, aku menatap langit senja. Awan kemerahan dan senyuman lebar seakan menyambutku, melambaikan tangan pada cinta yang tak pernah terpisahkan sebelumnya.

Apakah dia tidak mengenaliku lagi? Apakah aku masih orang yang sama yang sangat dia cintai? Entahlah, aku selalu ingin mengatakan apa kabarmu hari ini? Apakah aku terlihat seperti seseorang yang berpura-pura bahagia?

Ribuan lebih senja sudah ku lewati tanpa Fahri, namun rasanya baru kemarin dia duduk di sini sambil tersenyum dan berkata, “Matamu seperti matahari terbenam yang kita lihat di bukit Blora, indah dan membuatku selalu ingin memandangnya.”

Sampai saat ini, kata selamat tinggal masih belum terucap dari mulutku. Apakah aku terlalu mencintaimu? Sampai saat kamu berubah menjadi debu, aku hanya akan tetap berada di hati yang sama.

kumpulan cerita pendek bahasa inggris
Image by jcomp on Freepik

Cerita Bahasa Inggris tentang Sahabat

Alana and Gery

A pair of friends lives on the coast of Purwa Beach. Their names are Alana and Gery. Their bond was strengthened by how close they live to each other and their relatively short age difference. They always play at the pier, greeting the fishermen as they run amidst the white sandy sea.

One day, Gery’s father was transferred to a location on the island of Sulawesi. Alana is devastated, but the two promise to remain friends no matter what. “Alana, I promise I’ll return one day,” Gery said, holding out a bracelet with Alana’s name on it.

The days passed quickly, like a machine devouring objects in a fraction of a second. Every holiday, they exchanged letters, a tradition they continued for the next five years.

Until one morning, when Gery awoke and opened the mailbox in front of his house, he found nothing but emptiness. It had been more than a week, and Gery wondered why Alana hadn’t replied to his letter. Where is she? Where is Alana?

Not only Gery, but even the postman had been looking for Alana. Where is she? Is she trapped inside the letters? Or perhaps in the realization that everything had been for nothing, and Gery was just a name she would never see again?

Artinya: 

Sepasang sahabat tinggal di pesisir Pantai Purwa. Nama mereka adalah Alana dan Gery. Ikatan mereka diperkuat oleh tempat tinggal yang berdekatan dan perbedaan usia yang tidak begitu jauh. Mereka selalu bermain di dermaga, menyapa para nelayan yang berlarian di tengah laut berpasir putih.

Suatu hari, ayah Gery dipindahkan ke lokasi lain di Pulau Sulawesi. Alana sangat terpukul, namun keduanya berjanji untuk tetap berteman apa pun yang terjadi. “Alana, aku berjanji akan kembali suatu hari nanti,” kata Gery sambil menyodorkan gelang bertuliskan nama Alana.

Hari-hari berlalu dengan cepat, seperti mesin yang melahap benda dalam sepersekian detik. Setiap hari libur, mereka bertukar surat, sebuah tradisi yang mereka lanjutkan selama lima tahun berikutnya.

Hingga suatu pagi, ketika Gery terbangun dan membuka kotak surat di depan rumahnya, ia tidak menemukan apa pun selain kekosongan. Sudah lebih dari seminggu, dan Gery bertanya-tanya mengapa Alana belum membalas suratnya. Di mana dia? Di mana Alana?

Bukan hanya Gery, bahkan tukang pos pun ikut mencari Alana. Dimana dia? Apakah dia terjebak di dalam surat-surat itu? Atau mungkin menyadari bahwa segala sesuatunya sia-sia, dan Gery hanyalah sebuah nama yang tidak akan pernah ia temui lagi?

Cerita Bahasa Inggris tentang Pendidikan

Sekar and Her Dream

My name is Sekar, Sekar Widya. I was born and raised in a small village far from the city. I have a dream that after I graduate from high school, I continue my studies in a city known as the Flower City. 

“Are you really planning to study in Bandung? Isn’t it too far?” Mom and Dad ask.

I looked into my father’s and my mother’s eyes, calm and deep, and I said, “My dream is in another place, in a place that is far from Mom and Dad. I want to go there and achieve my dream so I can go even further.”

They only have me in this world, yet they let me go for a dream, a dream I’m about to pursue. For them, education is important.  They know it requires preparation and the courage to decide.

Artinya:

Nama saya Sekar, Sekar Widya. Aku lahir dan besar di sebuah desa kecil yang jauh dari kota. Aku mempunyai mimpi, setelah aku lulus SMA, aku melanjutkan sekolahku di kota yang bernama Kota Kembang.

“Kamu memang berencana kuliah di Bandung? Tidakkah terlalu jauh?” Ibu dan Ayah bertanya.

Aku menatap mata ayah dan ibuku, tenang dan dalam, dan aku berkata, “Impianku ada di tempat lain, di tempat yang jauh dari Ibu dan Ayah. Aku ingin pergi ke sana dan mencapai impianku sehingga saya bisa melangkah lebih jauh.”

Mereka hanya memilikiku di dunia ini, namun mereka membiarkanku pergi demi sebuah mimpi, sebuah mimpi yang ingin aku kejar. Bagi mereka, pendidikan adalah hal yang penting. Mereka tahu hal itu membutuhkan persiapan dan keberanian untuk mengambil keputusan.

cerita pendek bahasa inggris berbagai tema
Image by jcomp on Freepik


Cerita Bahasa Inggris tentang Keberanian

To the Red I’ve Read

Everything I ask about and read is related to the world and everything I can learn from it. Today I read a story from a famous novel about a kind, determined, and brave woman. The character is unknown; I won’t say who she is, just that I know her as Merah.

On page 53, when the story is about ‘Why You Struggle,’ there is a line that I particularly like: “Because I am a woman, I can face it.” Even her family was against her, they felt women couldn’t live alone and didn’t need to be highly educated.

I know what Merah will say; she will simply smile with sparkling eyes. “I don’t like being ordinary; I’m happy to be a woman who is empowered and increases humanity.”

The story is still ongoing. Want to hear my story further? Or maybe you’ve read the book yourself?

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Segala sesuatu yang saya tanyakan dan baca berhubungan dengan dunia dan segala sesuatu yang dapat saya pelajari darinya. Hari ini saya membaca sebuah cerita dari novel terkenal tentang seorang wanita yang baik hati, tekun, dan pemberani. Karakternya tidak diketahui; saya tidak akan mengatakan siapa dia, hanya saja saya mengenalnya sebagai Merah.

Di halaman 53, ketika cerita tentang ‘Mengapa Kamu Berjuang’, ada baris yang sangat saya sukai: “Karena saya seorang perempuan, saya bisa menghadapinya. Bahkan keluarganya menentangnya, mereka merasa perempuan tidak bisa hidup sendirian dan tidak perlu berpendidikan tinggi.

Saya tahu apa yang akan dikatakan Merah, dia hanya akan tersenyum dengan mata berbinar. “Saya tidak suka menjadi orang biasa; saya senang menjadi wanita yang berdaya dan meningkatkan kemanusiaan.”

Ceritanya masih berlanjut. Ingin mendengar cerita saya lebih lanjut? Atau mungkin kamu sendiri pernah membaca bukunya?

Cerita bahasa Inggris tentang “Hero” Versiku

I Call Her Arinda

20 years have passed since Mom and Dad passed away due to an accident. I live with my older sister, Arinda. I never thought I’d have to live without my parents at the young age of three. Just my grandmother, Arinda, and me. The two women that care about me only.

Arinda said something to me exactly two months ago. “Like my dream, I want to continue my magister program in Leiden.”

My grandma and I both smiled as we heard the words of the woman who became my hero. She suppressed it, put it away, and destroyed her dreams because I was the most important person to her. At the age of 23, she dared to dream again.

Grandparents and Arinda have concealed one another’s miseries for 20 years. Strengthen each other by competing to be the strongest. Arinda, who constantly stands up for me, always makes meals, and takes care of all my needs, is going to have a lonely life far away.

“Arinda, you can now go.”

Artinya: 

20 tahun telah berlalu sejak Ayah dan Ibu meninggal dunia karena kecelakaan. Aku tinggal bersama kakak perempuanku, Arinda. Aku tidak pernah berpikir aku harus hidup tanpa orang tua pada usia tiga tahun. Hanya nenekku, Arinda, dan aku. Dua wanita yang hanya peduli padaku.

Arinda mengatakan sesuatu kepadaku tepat dua bulan yang lalu. “Seperti mimpiku, aku ingin melanjutkan program magisterku di Leiden.”

Aku dan nenek sama-sama tersenyum mendengar perkataan wanita yang menjadi pahlawanku. Dia menekannya, menyimpannya, dan menghancurkan mimpinya karena aku adalah orang yang paling penting baginya. Di usianya yang ke-23, ia berani bermimpi lagi.

Nenek dan Arinda sudah 20 tahun saling menyembunyikan penderitaan masing-masing. Saling menguatkan dengan bersaing menjadi yang terkuat. Arinda yang selalu membelaku, selalu menyiapkan makanan, dan mengurus semua kebutuhanku, akan menjalani kehidupan kesepian di kejauhan.

“Arinda, sekarang kamu boleh pergi.”

Itu dia beberapa kumpulan cerita bahasa Inggris dengan tema yang berbeda. Sekarang kamu bisa membuat cerpen bahasa Inggris dengan versimu sendiri!

Wah menarik bukan, dari cerita pendek kamu bisa belajar bahasa juga. Agar belajar bahasa Inggrismu lebih sempurna, kamu bisa ikut jadi bagian kursus bahasa Inggris online di Cakap! Dengan pembelajaran yang fun dan nggak bikin bosan, kamu akan ketagihan belajar. Yuk daftar Cakap sekarang juga!

Baca juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat