Cara Memperkenalkan Keluarga dalam Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

cara-memperkenalkan-keluarga-dalam-bahasa-inggris

“Hi, kenalkan ini ayah dan ibuku.” Bagaimana cara mengatakan kalimat itu saat melakukan perkenalan dalam bahasa Inggris? Kita sama-sama tahu bahwa keluarga adalah salah satu topik percakapan universal. Biasanya kita akan saling berbagi cerita yang melibatkan anggota keluarga dengan sahabat maupun teman dekat. Maka dari itu kamu perlu tahu kosakata penting seputar anggota keluarga dan cara memperkenalkan keluarga dalam bahasa Inggris.

Yuk, selami lebih dalam frasa-frasa bermanfaat untuk memperkenalkan anggota keluarga pada orang lain!

Table of Contents

Nama Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris

Berbicara tentang keluarga, kamu pasti akan terpusat dalam dua pembagian dasar, yaitu keluarga inti dan keluarga besar. Di sini, kamu akan belajar beberapa penyebutan nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris.

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Ayah

Father 

Ibu

Mother 

Saudara laki-laki

Brother 

Saudara perempuan

Sister 

Kakek 

Grandfather

Nenek 

Grandmother

Paman 

Aunt

Bibi 

Uncle 

Sepupu 

Cousin 

Keponakan 

Nephew 

Untuk daftar family tree selengkapnya, kamu bisa cek artikel nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris, ya!

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Cara Memperkenalkan Keluarga dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui penyebutan beberapa nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris, selanjutnya mari belajar memperkenalkan satu persatu anggota keluarga inti yang kamu punya!

(1) Cara Memperkenalkan Ayah dalam Bahasa Inggris

Ayah adalah kepala keluarga, sebagai salah satu anggota keluarga terdekatmu, beberapa teman dekatmu pasti ingin mengetahui siapa nama ayahmu. Untuk memperkenalkan ayah dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan contoh-contoh kalimat berikut ini.

My father’s name is George, I call him Papa. He is an Engineer and is a very hard working person. Papa is a loving person who takes care of my entire family. My father is a very gentle person, and he is always ready to help others whenever they face any problem.

(Nama ayahku adalah George, aku memanggilnya Papa. Dia adalah seorang Engineer dan seorang yang sangat pekerja keras. Papa adalah orang yang penyayang yang menjaga seluruh keluargaku. Ayahku adalah orang yang sangat lembut, dan dia selalu siap membantu orang lain kapan pun mereka menghadapi masalah).

(2) Cara Memperkenalkan Ibu dalam Bahasa Inggris

Sama seperti ayah, peran seorang ibu dalam sebuah keluarga inti juga sangat penting. Sebagai seorang anak, biasanya kita sering berbicara tentang kehebatan sosok ibu di depan teman-teman terdekat. Berikut ini ada beberapa kalimat yang bisa digunakan untuk memperkenalkan sosok ibu pada teman-temanmu.

My mother’s name is Anne, I call her Mama. She is a lecturer and my superhero. In every step of my life, she supported and encouraged me. Mama is my best friend, and I can share each and everything with her. She is an essence of truthfulness and love.

(Nama ibuku adalah Anne, aku memanggilnya Mama. dia seorang dosen dan pahlawanku. Di setiap langkah dalam hidupku, dia selalu mendukung dan mendorongku. Mama adalah sahabatku dan aku bisa membagi segala hal dengannya. Dia adalah esensi dari kejujuran dan cinta).

(3) Cara Memperkenalkan Saudara Kandung dalam Bahasa Inggris

Setelah memperkenalkan ayah dan ibu dalam bahasa Inggris, saatnya mengenal bagaimana memperkenalkan saudara kandung baik kakak maupun adik. Yuk, cek kalimat berikut:

I have a brother, his name is Jack. He is a student of communication science. Jack is my role model, he respects our parents and each member of my family. He helps me in my studies every day. I have to say it honestly, he is my perfect sibling!

(Saya memiliki satu kakak laki-laki, namanya Jack. Dia seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi. Jack adalah panutanku, dia menghormati orang tua kami dan anggota keluarga yang lain. Dia selalu membantuku belajar setiap hari. Aku harus mengatakan ini dengan jujur, dia adalah saudara kandungku yang sempurna!)

(4) Cara Memperkenalkan Seluruh Anggota Keluarga Inti dalam Bahasa Inggris

Kalau contoh kalimat sebelumnya masih memperkenalkan anggota keluarga inti satu persatu, sekarang saatnya belajar cara memperkenalkan seluruh keluarga inti dalam bahasa Inggris:

There are four people in my immediate family. It consists of my dad, my mom, my sister and me. I’m the youngest child in my family. I look like my Dad, we both have blue eyes and fair hair. Meanwhile, my sister is very similar to my Mom, she is talkative and always friendly to everyone. Currently, I live with my Mom and Dad, while my sister lives in London to finish her studies.

(Ada empat orang di keluargaku. Terdiri dari ayah, ibu, kakak, dan aku. Aku adalah anak bungsu di keluargaku. Aku terlihat seperti ayah, kami berdua memiliki mata yang biru dan rambut pirang. Sedangkan kakak sangat mirip dengan ibu, dia banyak berbicara dan ramah pada setiap orang. Saat ini, saya tinggal bersama mama dan papa, sedangkan kakakku tinggal di London untuk menyelesaikan kuliahnya).

Kalimat Singkat tentang Keluarga dalam Bahasa Inggris

  • I come from a small/big family.
    (saya berasal dari keluarga kecil/besar).
  • There are four people in my family.
    (Ada empat orang di keluargaku).
  • I have 1 brother and 2 sisters.
    (Saya memiliki 1 kakak laki-laki dan 2 kakak perempuan).
  • I’m the oldest child in the family.
    (Saya anak tertua di keluarga).
  • I’m an only child.
    (Saya anak tunggal).
  • My brother/sister lives in Jakarta. She/he is a writer.
    (Saudaraku tinggal di Jakarta. Dia seorang penulis).
  • I live near my cousin, so we meet  every week.
    (Saya tinggal di dekat sepupu saya, jadi kita bertemu tiap minggu).
  • My parents lives far away, but I go to visit them every summer.
    (Orang tuaku tinggal jauh, tetapi saya pergi mengunjunginya setiap musim panas).

So, itulah beberapa contoh cara memperkenalkan anggota keluarga dalam bahasa Inggris. Sekarang, kamu bisa menjadikan contoh-contoh di atas sebagai referensi ketika akan mengenalkan keluarga kepada teman-temanmu.

Biar bahasa Inggrismu makin lancar dan nggak kaku, yuk daftar dan ikuti kelas bahasa Inggris online di Cakap! Ada banyak keuntungan yang bisa didapat, selain jam belajar yang fleksibel, kamu juga bebas lho pilih teacher-mu sendiri! Tunggu apa lagi, cek kelasnya sekarang karena siapa Cakap dia dapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat