Intip Cara Menawarkan Traktiran Bahasa Inggris, yuk!

traktir bahasa Inggris
Intip Cara Menawarkan Traktiran dalam Bahasa Inggris, yuk!

Dalam percakapan dan pergaulan sehari-hari kamu akan menemukan situasi di mana kamu ingin mentraktir temanmu. Kamu bisa memberitahu mereka bahwa kamu yang akan membayar dengan menggunakan bahasa Inggris, lho! Nah, berikut adalah ekspresi atau ungkapan bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk mengatakan “traktir”. 

1. I’ll pay

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kamu bisa menggunakan i’ll pay for this atau i’ll pay the bill untuk mengatakan bahwa kamu ingin mentraktir seseorang. Meski demikian, kebanyakan orang menghindari menggunakan i’ll pay untuk menghindari ketidaknyamanan lawan bicara atau orang yang ingin ditraktir. 

Contoh kalimat: 

“Please put your wallet away. I’ll pay for the meal.” 

“Simpan dompetmu. Saya akan membayar makanannya.” 

2. It’s on me

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Ungkapan ini lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari bagi penutur asli bahasa Inggris ketika ingin mentraktir seseorang. It’s on me bisa gunakan ketika akan membayar, menawarkan sesuatu untuk dibelikan, maupun ketika mengajak seseorang. 

Contoh kalimat: 

“Do you want to go get ice cream? It’s on me.”

“Apakah kamu mau pergi makan es krim? Aku yang traktir.”

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

3. It’s my treat

Photo by Cliff Booth from Pexels

Ekspresi ini bisa kamu gunakan ketika kamu ingin menawarkan sesuatu pada seseorang. Misalnya kamu ingin mengajak atau menawarkan temanmu untuk makan bersama dan akan mentraktir mereka. 

Contoh kalimat: 

“Let’s go eat at the seafood restaurant you like. It’s my treat.” 

“Ayo makan seafood di restoran seafood kesukaanmu. Aku yang traktir.” 

4. I’m buying

Photo by Sam Lion from Pexels

Ketika kamu hendak membeli sesuatu dan menawarkan temanmu, kamu bisa menggunakan bahasa Inggris i’m buying jika ingin mentraktir mereka. Contohnya seperti ketika kamu ingin memesan kopi secara online dan menawarkan temanmu. 

Contoh kalimat: 

“Do you want some coffee? I’m buying.”

“Kamu mau kopi? Aku yang belikan.”

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

5. I got it/this

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Berbeda dengan ekspresi sebelumnya yang digunakan untuk mengajak atau menawarkan, i got this hanya bisa digunakan ketika kamu sudah akan membayar. Misalnya situasi ketika kamu sudah berada di kasir untuk melakukan pembayaran makanan. 

Contoh kalimat: 

“I got this one. You can get it next time we have dinner.” 

“Saya akan bayar yang ini. Kamu bisa membayar lain kali kalau kita makan malam.” 

Nah, itu lah lima cara menyatakan bahwa kamu ingin mentraktir seseorang dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan masing-masingnya sesuai situasi dan kondisi serta konteks percakapan seperti yang sudah dijelaskan. 

Belajar bahasa Inggris akan semakin seru ketika kamu tidak hanya diberikan materi, tetapi juga praktik dengan seseorang yang lebih mahir. Kamu bisa mengambil kursus Bahasa Inggris di Cakap, untuk itu lho! Selain ada materi di kelas, ada Cakap English Club dan Cakap Chat yang bisa kamu menfaatkan untuk latihan. Daftar Cakap sekarang, yuk! 

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat