Family Tree & Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris

family tree
Artwork by brgfx on Freepik

Pernahkah kamu mendengar istilah family tree? Sebuah keluarga, terutama keluarga besar, memiliki banyak anggota yang setiap anggota tersebut memiliki hubungan dengan yang lainnya. Nah, hubungan dari setiap anggota keluarga ini lah yang digambarkan dengan family tree. 

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas keluarga dan hubungan anggota keluarga dalam bahasa Inggris melalui family tree. Simak penjelasannya, ya!

Apa Itu Family Tree

Secara umum, family tree dapat disebut sebagai penggambaran anggota sebuah keluarga yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai silsilah keluarga. Penggambaran ini biasanya dimulai dari urutan paling tinggi atau anggota keluarga tertua menuju anggota keluarga yang lebih muda. 

Bentuk sederhana family tree biasanya berupa kotak-kotak atau lingkaran-lingkaran yang terhubung dengan garis dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Sementara garis-garis penghubung merupakan penanda hubungan seperti menikah, bersaudara, maupun keturunan. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Anggota Keluarga dalam Family Tree

Bicara mengenai family tree tidak lepas dari berbicara mengenai anggota keluarga. Jika kamu ingin membuat family tree dalam bahasa Inggris, kamu juga harus tahu sebutan anggota keluarga dalam bahasa Inggris, sebagai berikut: 

English Bahasa Indonesia
Forefathers Nenek moyang
Great grandparents Buyut
Great grandfather Kakek buyut
Great grandmother Nenek buyut
Grandparents Kakek-nenek
Grandfather Kakek
Grandmother Nenek
Parents Orang tua
Father Ayah
Mother Ibu
Uncle Paman
Aunt Bibi
Brother Saudara laki-laki
Sister Saudara perempuan
Cousin Sepupu
Children Anak
Son Anak laki-laki
Daughter Anak perempuan
Nephew Keponakan laki-laki
Niece Keponakan perempuan
Grandchildren Cucu
Grandson Cucu laki-laki
Granddaughter Cucu perempuan
Great grandchildren Cicit
Great grandson Cicit laki-laki
Great granddaughter Cicit perempuan
Descendents Keturunan

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Family Tree

Bentuk atau desain dari family tree bisa sangat beragam tergantung kreasi masing-masing orang yang membuatnya. Intip beberapa gambar desain family tree yang bisa kamu jadikan inspirasi di bawah ini, ya!

1. Family tree sederhana dengan garis penghubung

family tree sederhana
Artwork by pikisuperstar on Freepik

2. Family tree keluarga besar

family tree with name
Artwork by by macrovector on Freepik

3. Family tree dengan nama orang

faity tree hanya nama
Artwork by freepik

4. Family tree dengan ilustrasi

ilustrasi family tree
Artwork by freepik

Setelah mengetahui nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris, serta melihat contoh family tree, sekarang saatnya untuk mencoba membuatnya. Semoga beberapa contoh di atas juga memberimu gambaran yang lebih jelas mengenai bagaimana bentuk family tree, ya!

Terkait dengan anggota keluarga, ada yang tahu apa bahasa Inggrisnya saudara perempuan dari kakek atau nenek? Hal trivia seperti ini bisa kamu tanyakan kepada Teachers saat belajar bahasa Inggris secara privat atau semi-private di Cakap, lho! Buruan daftar kursusnya, karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.