8 Bahasa Inggris ‘Teman’ dan Contoh Penggunaanya

bahasa inggris teman
8 Bahasa Inggris ‘Teman’ dan Contoh Penggunaanya

Terjemahan kata ‘teman’ dalam bahasa Inggris adalah friend. Melansir dari Oxford Learner’s Dictionaries, kata friend didefinisikan sebagai seseorang yang kamu kenal baik dan sukai, dan biasanya bukan anggota keluarga. Meski kata friend adalah kata yang paling umum digunakan untuk menyebut ‘teman’, masih banyak kata lain yang bisa kamu gunakan, lho. 

Kata-kata berikut adalah beberapa kata yang dapat digunakan untuk menyebut ‘teman’ dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakannya untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Dengan mengetahui kata-kata berikut, perbendaharaan katamu akan semakin banyak sehingga kamu akan terdengar lebih keren! Yuk, simak selengkapnya!

1. Buddy

buddy
Photo by Courtney Cook from Unsplash

Mungkin kamu sudah pernah mendengar kata ini dalam percakapan maupun tulisan. Kata buddy sendiri juga berarti ‘teman’ namun dalam bentuk yang informal sehingga kamu bisa menggunakannya di konteks yang lebih santai. Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • Harry is a college buddy of mine. (Harry adalah teman kuliahku.)
  • Now, you can just call up your buddy and ask about the matter. (Sekarang, kamu bisa menelepon temanmu dan bertanya tentang masalah ini.)

2. Mate

mate
Photo by Omar Lopez from Unsplash

Selain kata buddy, kata mate juga merupakan bentuk informal untuk menyebut ‘teman’. Perbedaannya adalah jika kata buddy banyak digunakan dalam American English, kata mate banyak digunakan dalam British English. Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • They’ve been mates since high school. (Mereka sudah berteman sejak SMA.)
  • I was outside with a mate yesterday. (aku berada diluar dengan seorang teman kemarin.)

Sudah Tahu Level Bahasa …mu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

3. Companion

companion
Photo by Matheus Ferrero from Unsplash

Kata lain yang bisa kamu gunakan untuk menyebut ‘teman’ dalam bahasa Inggris yaitu companion. Melansir dari Oxford Learner’s Dictionaries, kata companion berarti seseorang yang berbagi pengalaman denganmu, baik yang sangat menyenangkan atau tidak menyenangkan. Berikut contoh penggunaanya:

  • She gave her companion an affectionate glance. (Dia memberi temannya tatapan penuh kasih sayang.)
  • Nessie has been my constant companion for almost ten years. (Nessie telah menjadi teman setiaku selama hampir sepuluh tahun.)

4. Pal

pal
Photo by Sam Manns from Unsplash

Kata pal juga merupakan sinonim dari kata ‘friend’ namun dalam konteks informal seperti buddy and mate. Kamu bisa menggunakannya untuk menyebut teman dekat dalam bahasa Inggris dalam konteks yang santai. Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • We’ve been pals since we were kids. (kami telah berteman sejak kecil.)
  • Your pal asked me to lend you this book. (temanmu memintaku untuk meminjamkanmu buku ini.)

5. Sidekick

sidekick
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Nah, kalau kata ini mungkin sering kamu temui dalam film-film superhero. Sidekick dapat diterjemahkan menjadi rekan, teman dekat, atau sahabat karib. Selain itu, sidekick juga bisa berarti teman dalam satu grup atau satu tim. Berikut contoh-contoh penggunaanya:

  • Robin is a sidekick of Batman. (Robin adalah rekan Batman.)
  • The movie is about a detective and his trusty sidekick. (Film ini adalah tentang seorang detektif dan rekannya yang terpercaya.)

6. Bestie

bestie
Photo by Omar Lopez from Unsplash

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan kata ini bukan? Kata bestie memang banyak sekali digunakan belakangan ini. Bestie sendiri berarti sahabat atau teman yang sangat dekat. Kata ini bersifat informal sehingga kamu bisa selalu menggunakannya dalam konteks yang santai. Berikut contohnya:

  • It was fun hanging out with my bestie. (Sangat menyenangkan pergi bersama sahabatku.)
  • My bestie always asks me to have lunch with her. (Sahabatku selalu memintaku untuk makan siang bersamanya.)

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

7. Comrade

comrade
Photo by Brooke Cagle from Unsplash

Kata comrade merupakan sinonim dari kata sidekick yang juga bisa berarti teman dekat atau sahabat. Biasanya, kata ini banyak digunakan untuk menyebut rekan dalam bekerja, seperti misalnya rekan sesama tentara ketika bertugas bersama. Berikut contoh penggunaannya:

  • He rushed to help his comrade. (Dia bergegas untuk membantu rekannya)
  • He enjoys spending time with his old army comrades. (Dia suka menghabiskan waktu dengan rekan-rekan tentara lamanya)

8. Compatriot

compatriot
Photo by british actions from Unsplash

Jika kata comrade merujuk rekan dalam bekerja, kata compatriot juga bisa digunakan pada teman yang berasal dari satu tempat. Sebagai contoh, kata ini dapat digunakan untuk menyebut teman yang berasal dari satu daerah, kota, atau negara. Berikut contoh penggunaanya:

  • He played against one of his compatriots in the semi-final. (Dia bermain melawan salah satu rekan senegaranya di semifinal)
  • I am delighted to meet my compatriot. (Aku senang bertemu dengan rekan senegaraku)

Nah, itu dia beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan untuk menyebut ‘teman’ dalam bahasa Inggris. Sekarang perbendaharaan katamu semakin bertambah, bukan? Kalau kamu ingin lebih memperbanyak perbendaharaan katamu, kamu juga bisa ikut kursus bahasa Inggris online di Cakap, lho. Uniknya, kamu bisa tentukan jadwalmu sendiri. Yuk, daftar! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat