Begini Perbedaan Penggunaan Mr, Mrs, Ms, dan Miss

mr mrs ms miss
Begini Perbedaan Penggunaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms

Seperti dalam bahasa Indonesia, di dalam bahasa Inggris juga terdapat berbagai cara untuk memanggil orang. Mungkin kamu sudah akrab dengan sebutan Mr, Mrs, Miss dan Miss dalam bahasa Inggris. Meski keempatnya adalah sebutan yang paling umum digunakan, terdapat perbedaan dari masing-masing penggunaanya, lho.

Secara umum, Mr, Mrs, Miss, dan Ms digunakan untuk memanggil orang yang lebih tua atau memiliki posisi lebih tinggi dalam konteks pekerjaan. Jika kamu belum mengetahui gelar profesional, nama, maupun sebutan seseorang di dalam pekerjaan, kamu bisa menggunakan salah satu dari panggilan tersebut. Lalu, apa perbedaannya? Simak selengkapnya, yuk!

Mister (Mr.)

mister mr
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Mr. atau Mister adalah panggilan yang digunakan untuk menyebut laki-laki baik yang sudah menikah maupun belum menikah. Panggilan ini biasanya diletakkan di depan nama belakang atau nama keluarga seorang pria. Misalnya, seseorang yang bernama Louis Edwards akan disebut Mr. Edwards (Mister Edwards). 

Contoh penggunaan Mr. dalam kalimat:

  • Last sunday, I went to Mr. Barton’s house to get some fishing tools.
    Minggu lalu, aku pergi ke rumah Pak Barton untuk mengambil beberapa peralatan memancing.
  • I hope Mr. Clarke won’t give us too much work just before the holiday.
    Aku harap Pak Clarke tidak akan memberi kita terlalu banyak pekerjaan sebelum liburan. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Mistress (Mrs.) 

Terjemahan Mrs. atau Mistress dalam bahasa Indonesia adalah ‘nyonya’ atau sebutan yang hanya digunakan untuk memanggil wanita yang sudah menikah. Seperti panggilan Mr., penggunaan Mrs. dengan singkatan hanya digunakan dalam tulisan, jika ingin menyebutnya secara lisan, cara penyebutan yang tepat adalah missus.

Contoh penggunaan Mrs. dalam kalimat:

  • Mrs. Gibson has always been my favorite professor.
    Bu Gibson selalu menjadi profesor favorit saya.
  • We will help Mrs. Beatrice to bake some cookies for the festival.
    Kami akan membantu Bu Beatrice membuat kue untuk festival.

Miss (Ms.)

miss ms
Photo by Arthur Humeau on Unsplash

Ms. adalah singkatan dari Miss yang artinya nyonya atau nona. Panggilan ini dapat digunakan untuk seorang wanita yang sudah menikah maupun yang belum menikah. Untuk seorang wanita yang belum menikah, panggilan ini diletakkan di depan nama belakang atau nama keluarganya. Adapun cara penyebutan yang tepat untuk panggilan ini adalah mizz.

Contoh penggunaan Ms. dalam kalimat:

  • Ms. Helen will give us the information about the exhibition.
    Bu Helen akan memberi kami informasi tentang pamerannya.
  • We will throw a birthday party for Ms. Alana.
    Kita akan mengadakan pesta ulang tahun untuk Bu Alana.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Miss

miss
Photo by Amina Filkins from Pexels

Tidak seperti ketiga panggilan lainnya, Miss biasanya digunakan sebagai panggilan untuk seorang wanita dan tidak perlu diikuti dengan nama. Kamu bisa menggunakan Miss ketika berhadapan dengan pelayan restoran, pegawai toko, dan lain sebagainya. Meski begitu, kamu juga bisa menggunakan Miss dengan nama lengkap seseorang, misalnya saat mengirim surat maupun undangan. 

Contoh penggunaan Miss:

  • Excuse me, Miss, we’re ready to make orders.
    Permisi Nona, kami siap membuat pesanan.
  • Thank you so much for your help, Miss.
    Terimakasih banyak atas bantuannya, Nona.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara penggunaanya, saatnya kamu menggunakannya dalam tulisan maupun saat berbicara bahasa Inggris. Selain itu, masih ada banyak materi bahasa Inggris lainnya yang tak kalah menarik, lho. Kamu bisa mempelajarinya di kursus bahasa Inggris online di Cakap. Yuk, gabung sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.