80+ Nama Hewan dalam Bahasa Inggris berdasarkan Jenisnya!

nama hewan

Belajar bahasa Inggris akan terasa mudah jika topiknya dikemas menjadi materi yang mengasyikkan. Seperti halnya dengan belajar nama hewan dalam bahasa Inggris, seringkali orang akan lebih mudah menghafalkan nama-nama hewan dalam bahasa Inggris apabila hewan-hewan tersebut diklasifikasikan berdasarkan jenisnya.

Sejauh ini, nama-nama hewan dalam bahasa apa saja yang sudah kamu ketahui? Apakah hanya mengenal hewan-hewan yang sudah biasa kamu lihat, atau sudah mengenal nama-nama hewan asing, seperti aardvark, addax, dan alpine ibex?

Biar nggak penasaran lagi, yuk langsung aja tambah tabungan kosakatamu dengan nama hewan dalam bahasa Inggris! Berikut detailnya:

Table of Contents

Bahasa Inggris Hewan

Sebelum melangkah lebih jauh tentang jenis-jenis dan daftar hewan dalam bahasa Inggris, kamu perlu tahu dulu dong apa sih bahasa Inggrisnya hewan atau binatang? Yup, betul, jawabannya adalah animal. Kata animal termasuk kedalam kategori countable noun atau kata benda (hidup) yang dapat dihitung.

Dalam penyebutannya pun, apabila hewan berjumlah satu maka disebut tanpa menambahkan akhiran ‘s’. Contoh : an animal. Jika hewannya lebih dari satu maka harus ditambahkan akhiran ‘s’, seperti two animals.

Nama Hewan dalam Bahasa Inggris berdasarkan Jenisnya

Pada bagian ini kita akan belajar mengenai types of animal atau jenis-jenis pengelompokkan hewan dalam bahasa Inggris dan artinya dalam bahasa Indonesia. Pengelompokkan jenis hewan ini akan dilihat berdasarkan kelasnya, yaitu mamalia, aves, reptil, amfibi, ikan, dan invertebrata!

(1) Nama Hewan Mamalia dalam Bahasa Inggris

Mamalia atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama mammalia adalah jenis hewan menyusui. Mamalia termasuk ke dalam hewan dengan spesies yang cukup banyak di dunia. Hewan jenis ini berkembang biak dengan cara melahirkan, bernafas dengan paru-paru, berdarah panas, dan kebanyakan hidup di darat. Berikut ini beberapa daftar nama hewan mamalia dalam bahasa Inggris:

Nama Hewan dalam Bahasa Inggris

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Cow 

Sapi 

Buffalo 

Kerbau 

Goat

Kambing 

Dog 

Anjing 

Cat 

Kucing 

Rabbit

Kelinci 

Monkey 

Monyet 

Orangutan 

Orang utan 

Giraffe 

Jerapah 

Rat 

Tikus 

Koala 

Koala 

Kangaroo 

Kangguru 

Deer 

Rusa 

Tiger 

Harimau 

Wolf 

Serigala 

Lion 

Singa 

Pig 

Babi 

Elephant  

Gajah 

Horse 

Kuda 

Zebras 

Zebra 

Rhinoceros 

Badak 

Panda 

Panda 

Weasel 

Musang 

Bear 

Beruang 

 

(2) Nama Hewan Aves dalam Bahasa Inggris

Apa sih hewan aves itu? Kamu mungkin bertanya tanya apa sih hewan aves? Aves adalah nama lain dari jenis hewan burung atau unggas. Ciri dari hewan ini adalah diselimuti dengan bulu yang berfungsi untuk melindungi diri dan terbang. Burung termasuk ke dalam jenis hewan berdarah panasa dan berkembang biak dengan cara bertelur. Berikut ini daftar nama-nama hewan aves dalam bahasa Inggris. 

Nama Hewan Aves dalam Bahasa Inggris

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Dove 

Burung merpati

Sparrow

Burung gereja

Swallow 

Walet 

Parrot 

Burung beo

Bird of paradise 

Cenderawasih 

Finch

Burung kutilang

Eagle 

Burung elang 

Stork 

Burung bangau 

Raven 

Gagak 

Peacock 

Merak 

Chicken 

Ayam 

Duck 

Bebek 

Swan 

Angsa 

Owl 

Burung hantu 

Flamingo 

Flamingo 

Cockatoo 

Burung kakatua

Ibis 

Burung ibis

Macaw 

Burung makaw 

Wren 

Burung gelatik 

 

nama-hewan-dalam-bahasa-inggris
Photo from Pixabay

(3) Nama Hewan Reptil dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya ada nama-nama hewan reptil dalam bahasa Inggris. Hewan reptil adalah hewan vertebrata berdarah dingin, bersisik, dan berkulit keras. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Berikut ini beberapa hewan reptil dalam bahasa Inggris: 

Nama Hewan Reptil dalam Bahasa Inggris

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Snake 

Ular 

Lizard 

Kadal 

Komodo dragon

Komodo 

Aligator 

Buaya 

Turtle 

Kura-kura 

Chameleon 

Bunglon 

Dinosaur 

Dinosaurus 

Iguanas 

Iguana 

Monitor lizard

Biawak 

House lizard

Cicak 

Gecko 

Tokek 

 

(4) Nama Hewan Ikan dalam Bahasa Inggris

Siapa nih di sini yang suka banget makan atau memelihara ikan? Kalau kalian satu di antaranya, maka harus banget tahu nama-nama ikan dalam bahasa Inggris! Ikan merupakan hewan air bersisik yang memiliki sirip dan insang. Fun fact tentang hewan ini adalah ikan termasuk hewan dengan spesies paling banyak di dunia. Yuk, langsung saja cek nama-nama ikan dalam bahasa Inggris!

Nama Hewan Ikan dalam Bahasa Inggris

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia 

Fish 

Ikan 

Betta fish

Ikan cupang 

Carp 

Ikan gurame 

Goldfish 

Ikan mas

Grouper 

Ikan kerapu 

Pomfret 

Ikan bawal 

Salmon 

Salmon 

Tuna fish

Tuna 

Pollock 

Pollock 

Milk fish 

Bandeng 

Skipjack tuna

Cakalang 

Stingray 

Ikan pari

Cuttlefish  

Ikan sapu-sapu 

Snapper 

Ikan kakap 

Belut 

Belut 

Nile tilapia 

Ikan nila 

Trout 

Ikan air tawar 

 

(5) Nama Hewan Invertebrata dalam Bahasa Inggris

Hewan invertebrata adalah jenis hewan yang tidak bertulang punggung dan beberapa di antaranya memiliki cangkang yang keras. Berikut contoh nama hewan invertebrata dalam bahasa Inggris:

Nama Hewan Invertebrata Bahasa Inggris

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Snail 

Siput 

Shellfish 

Kerang 

Jellyfish 

Ubur-ubur 

Squid 

Cumi 

Worm 

Cacing 

Leech 

Lintah 

Starfish 

Bintang laut 

 

(6) Nama Hewan Insects dalam Bahasa Inggris

Hewan insects dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama hewan serangga. Hewan serangga memiliki ciri-ciri spesifik berupa kaki yang beruas-ruas. Berikut ini contoh nama hewan insects dalam bahasa Inggris:

Nama Hewan Insects Bahasa Inggris

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia 

Butterfly 

Kupu-kupu 

Cockroach 

Kecoa atau lipas

Cricket 

Jangkrik 

Dragonfly 

Capung 

Beetle 

Kumbang 

Mosquito 

Nyamuk 

Spider 

Laba-laba 

Caterpillar 

Ulat 

Ant 

Semut 

Ladybug 

Ladybug 


(7) Nama Hewan Amfibi dalam Bahasa Inggris

Nex, yuk kenalan dengan hewan amfibi! Amfibi adalah hewan yang bisa hidup di dua tempat, yaitu darat dan air. Hewan ini termasuk jenis hewan berdarah dingin. Kebanyak dari spesies hewan amfibi berasal dari jenis katak atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama “frog”.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Hewan dalam Bahasa Inggris

Dari daftar nama hewan dalam bahasa Inggris di atas, apakah ada yang baru kamu ketahui? Nah, setelah mengetahui namanya, gimana kalau langsung coba untuk membuat kalimat dalam bahasa inggris menggunakan nama-nama hewan di atas.

  • My father has a big white cow in the cattle.
    Ayahku memiliki sapi putih yang gemuk di kandang.

  • I like puppy than a dog.
    Aku lebih suka anak anjing dibandingkan seekor anjing.

  • My cat is fluffy, she is very spoil.
    Kucing ku bernama fluffy, dia sangat manja.

Demikian di atas adalah daftar nama hewan dalam bahasa Inggris yang bisa kamu tambahkan dalam celengan kosakata bahasa asing mu ya. 

Kamu mau belajar santai mengenai bahasa Inggris dengan topik sehari-hari? Bisa mulai dari materi bahasa inggris anak. Cus, bisa langsung kepoin Cakap for Kids. Jangan tunda lagi, daftarkan dirimu sekarang dan jadi Makin Cakap segera!

Referensi:
-animalcorner.org
-a-z.animals.com
-7esl.com

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat