Apa Saja Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah?

kewajiban anak di sekolah

Ketika berada di bangku sekolah, anak memiliki hak dan kewajiban yang harus dituruti. Sama halnya dengan hak dan kewajiban anak di rumah, anak perlu mengetahui apa saja hak dan kewajibannya di sekolah meskipun masih di usia dini.

Dengan begitu, anak terbiasa untuk tertib, disiplin, dan mengetahui arti dari tanggung jawab. Lalu, apa saja hak dan kewajiban anak di sekolah? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini, parents!

Hak Anak di Sekolah

source: giphy.com

Berikut beberapa hak anak di sekolah:

1. Mendapatkan Ilmu Pengetahuan

Hak anak di sekolah yang pertama adalah esensi dari bersekolah, yaitu mendapatkan ilmu pengetahuan. Maka, sudah sewajarnya bagi pihak sekolah untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada anak atau siswa. Pihak sekolah pun harus memastikan kualitas dari ilmu pengetahuan yang diberikan pada anak.

Selain itu, ketika guru tidak menghadiri kelas, anak berhak untuk mendapatkan guru pengganti agar proses belajar mengajar tetap berlangsung. Jika pihak sekolah tidak segera menyediakan, anak berhak lho untuk bertanya terkait guru pengganti.

2. Menggunakan Fasilitas Sekolah

Setiap sekolah umumnya memiliki fasilitasnya masing-masing. Nah, menggunakan fasilitas sekolah merupakan salah satu hak anak di sekolah. Contoh fasilitas sekolah, seperti ruang kelas, kantin, kamar mandi, lapangan, dan lain sebagainya.

3. Bertanya kepada Guru

Ketika dalam proses belajar mengajar, anak memiliki hak untuk bertanya apabila materi yang dijelaskan kurang dipahaminya. Bahkan, di luar jam kelas, anak juga masih memiliki hak untuk bertanya dan guru wajib menjelaskan hingga anak memahaminya.

Moms, Ini Cara Si Kecil Mahir Berbahasa Inggris di Rumah!

4. Hak untuk Berpendapat

Selain hak untuk bertanya, hak anak di sekolah lainnya adalah hak untuk berpendapat. Ketika di ruang kelas, guru wajib memberikan kesempatan bagi anak untuk berpendapat. Anak juga tidak boleh dihukum apabila pendapatnya berbeda dengan guru atau pihak sekolah lainnya.

5. Perlindungan dari Pihak Sekolah

Pihak sekolah diberikan kepercayaan oleh orang tua siswa untuk menjaga dan melindungi anaknya. Oleh karena itu, sekolah wajib menjaga dan melindungi anak selama di sekolah tanpa membeda-bedakan latar belakangnya.

Kewajiban Anak di Sekolah

source: giphy.com

Berikut beberapa kewajiban anak di sekolah:

1. Mengikuti Peraturan Sekolah

Setiap sekolah pasti memiliki peraturannya masing-masing. Nah, kewajiban anak di sekolah yang pertama adalah mengikuti peraturan sekolah. Dengan begitu, proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan kondusif.

Mengikuti peraturan sekolah juga bisa sebagai sarana untuk melatih kedisiplinan anak. Kedisiplinan pastinya membawa manfaat bagi si kecil, seperti tumbuhnya kepekaan dan kepedulian, hidup yang lebih teratur, dan masih banyak lagi.

2. Menghargai dan Menghormati Guru

Kewajiban anak di sekolah yang berikutnya adalah menghargai dan menghormati usaha yang diberikan oleh guru. Menghargai dan menghormati guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas. 

Contoh tindakan menghargai dan menghormati guru adalah mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan materi, tidak terlambat datang ke kelas, dan lain sebagainya. 

3. Menjaga Fasilitas Sekolah

Anak berhak menggunakan fasilitas sekolah, namun bukan artinya anak dapat menggunakannya semena-mena atau sembarangan. Sehingga, anak wajib menjaga fasilitas sekolah agar tetap dapat dipakai sesuai fungsinya.

Teman Kelas Si Kecil Sudah Pandai Berbahasa Asing. Saatnya Si Kecil Mulai Belajar!

4. Mengikuti Kegiatan Belajar

Mengikuti kegiatan belajar merupakan kewajiban anak di sekolah yang sudah seharusnya dijalankan anak. Sebab, mengikuti kegiatan belajar merupakan alasan mengapa anak pergi ke sekolah.

5. Menyelesaikan Tugas Sekolah

Guru memberikan tugas sekolah agar anak dapat menguasai materi yang dipelajari. Menyelesaikan tugas sekolah merupakan kewajiban anak di sekolah. Terlebih, menyelesaikan tugas sekolah juga berpengaruh pada nilai anak di sekolah.

6. Berpartisipasi dalam Kegiatan Sekolah

Kegiatan belajar tidak terbatas di ruang kelas saja. Biasanya sekolah juga mengadakan kegiatan belajar di luar ruang kelas, seperti pentas seni, upacara, senam pagi, dll.

Mengembangkan minat bakat penting untuk tumbuh kembang anak. Nah, umumnya sekolah memiliki organisasi siswa, seperti OSIS, Majelis Perwakilan Kelas, dan kegiatan berdasarkan minat seperti ekstrakurikuler.

Selain di sekolah, kursus bahasa asing juga dapat meningkatkan potensi diri anak. Dengan kursus Inggris anak, si kecil menjadi lebih percaya diri serta membuka pintu kesempatan baru di masa depan.

Kini, si kecil dapat kursus bahasa Inggris di Cakap. Bersama tutor profesional, si kecil akan belajar bahasa Inggris atau Mandarin secara live. Dengan begitu, anak bisa melatih kemampuan berbicara, membaca, dan masih banyak lagi. Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks