5 Doa Agar Anak Menjadi Penurut dan Pintar, yuk Praktikkan!

cara memilih hunian ramah anak
Image by Lifestylememory on Freepik

Setiap orang tua ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi penurut dan pintar. Namun, dalam hal membesarkan anak, terkadang keinginan tersebut tidak mudah diwujudkan. Butuh banyak hal yang harus dilakukan dan diikhtiarkan. Selain menerapkan pola asuh yang baik, hal yang bisa dilakukan dari sisi agama adalah mendoakan agar anak menjadi penurut dan pintar.

Di bawah ini ada beberapa doa agar anak menjadi pintar dan penurut yang bisa dipraktikkan, serta berbagai tips lain yang bisa diterapkan dalam mendidik anak.

Table of Contents

Doa Agar Anak Menjadi Penurut dan Pintar

Berikut merupakan doa agar anak menjadi penurut dan pintar yang wajib orang tua ketahui.

(1) Doa Agar Anak Menjadi Penurut dan Pintar

Allahummaj’alna wa auladana, wa dzurriyatina min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi, wa laa taj’alnaa min ahlisy syarri wa ahlidh dhairi, waj’alnaa minal maqbulin.”

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, jadikanlah kami dan anak-anak kami serta para istri kami termasuk golongan orang-orang ahli ilmu dan ahli kebajikan, jangan jadikan kami termasuk golongan orang-orang yang ahli kejelekan dan ahli kemudharatan, jadikanlah kami termasuk golongan hamba-Mu yang salih, serta termasuk orang-orang yang selalu Engkau kabulkan segala doa kami.”

(2) Doa Agar Anak Menjadi Pintar dan Sholih

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan”.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat sempurna, berakal, berilmu, dan beramal saleh.” 

(3) Doa Agar Anak Pintar dalam Belajar

“Allahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah”.

Artinya: “Ya Allah, penuhi hati anak-anak kami dengan cahaya dan kebijaksanaan, dan jadikanlah mereka hamba-hamba-Mu yang layak mendapat berkah, dan perbaiki diri mereka dan tingkatkan umat ini melalui mereka.”

Kenali Tingkat Keahlian Bahasa Inggris Si Kecil Sekarang

(4) Doa Agar Anak Menjadi Penurut

Memiliki anak yang penurut saat diberi nasihat merupakan harapan setiap orang tua. Adapun doa agar anak penurut yaitu sebagai berikut:

“Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yunin waj’alna lil muttaqina imama.

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan-keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

(5) Doa Agar Anak Menjadi Pintar serta Cerdas dan Sukses

“Allaahumma Alhimnii Rusydii Waqinii Syarri Nafsii.”

Artinya: “Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku.”

Tips Agar Anak Menjadi Penurut dan Pintar

Agar Anak Menjadi Penurut dan Pintar tentunya perlu kesabaran dan ketekunan orang tua. Di samping itu, ada juga nih tips yang bisa dilakukan untuk mengarahkan anak menjadi penurut dan pintar.

(1) Menciptakan Komunikasi dengan Anak

Tips agar anak menjadi penurut dan pintar yang pertama adalah dengan membangun komunikasi yang baik dengan si anak. Menjelaskan dengan cara sederhana dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Dengan begitu anak akan lebih mudah mengerti dan lebih mudah untuk patuh.

(2) Menjadi Pendengar yang Baik

Selanjutnya, tips agar anak menjadi penurut dan pintar, untuk para orang tua cobalah menjadi pendengar yang baik. Ajak bicara dan dengarkan pendapat serta keluhan mereka dan tanggapi dengan bijak ya. Dengan begitu mereka merasakan kasih sayang sekaligus rasa percaya terhadap orang tua. 

(3) Gunakan Bahasa yang Lembut

Agar anak patuh mengikuti harapan dan hormat terhadap orang tua tidak mengharuskan banyak kata, mengomel atau mengancam, lho. Para orang tua cukup dengan menggunakan bahasa yang lembut, karena ketika Moms and Dads meneriaki si anak, mereka akan cenderung berperilaku buruk. 

Kebiasaan ini awalnya mungkin memang tidak mudah, tetapi kalian akan melihat manfaatnya seiring berjalannya waktu. 

(4) Libatkan Anak-Anak di Bidang Akademik Sejak Dini

Membacakan buku untuk anak-anak, mengajarkan berhitung dan Matematika sejak dini dapat merangsang kepintaran anak dan sangat mempengaruhi pencapaian anak di tahun berikutnya. 

Mendampingi anak mengerjakan pekerjaan rumah, serta selalu mengomunikasikan minat serta bakat anak dan tetap menjelaskan tanggung jawab atas pekerjaan si anak ya.

(5) Tawarkan Alternatif

Menjadi anak yang penurut merupakan cara bagi orang tua untuk melindungi anak agar terhindar dari bahaya dan kesulitan. Namun hal ini tentunya akan sulit bagi si anak. Mereka tidak selalu mengerti mengapa kita para orang tua ingin mereka tidak terlalu banyak menyantap makanan manis atau tidur di jam yang wajar.

Jangan selalu berfokus pada hal-hal yang tidak dapat mereka lakukan, sebaiknya sarankan hal-hal yang dapat dilakukan anak-anak. Misalnya, jika anak Moms and Dads tidak diperbolehkan mengunyah permen sebelum waktu makan, kalian dapat menyarankan pilihan yang lebih baik. Beritahu anak bahwa mereka bisa menyantap makanan pencuci mulut setelah makan. Ini akan membuat anak makin pintar dalam memilih dan mematuhi peraturan dengan lebih sedikit keluhan atau penolakan.

Gabung Komunitas Parents di Cakap dan Raih Banyak Keuntungan

(6) Jangan Mengabaikan Anak

Dilansir dari Inc.com berdasarkan survei oleh Common Sense Media, 28 persen remaja mengatakan orang tua mereka kecanduan perangkat seluler, sehingga anak merasa terabaikan. Sebagai orang tua yang bijak, hendaknya kita harus fokus terhadap perkembangan anak dan selalu mendampinginya. Dengan begitu si anak akan lebih patuh terhadap orang tua. 

(7) Menciptakan Suasana Rumah yang Damai dan Penuh Kasih

Sebuah penelitian dari University of Illinois menyebutkan bahwa menciptakan lingkungan yang penuh kasih, suportif dan kondusif adalah salah satu  cara atau tips agar anak menjadi penurut dan pintar.

Membesarkan anak yang penurut dan pintar mungkin tampak menantang, tetapi tidak selalu begitu. Dengan tips dan strategi cerdas, Moms and Dads bisa membangun kebiasaan baik pada si Kecil agar menjadi penurut dan pintar. Semangat ya, Moms!

Referensi:
-muslimkita.com
-inc.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.