Belajar Berhitung dalam Bahasa Inggris yang Mudah untuk Anak

berhitung-bahasa-inggris

Selain berlatih membaca dan mengenal abjad demi abjad, si Kecil juga perlu dikenalkan dengan yang namanya angka. Tentu jika belajar angka dan berhitung dalam bahasa Indonesia cukup mudah untuk diajarkan, nah sekarang gimana ya cara mengajarkan anak-anak untuk berhitung dalam bahasa Inggris?

Tenang, Moms! Semua ada solusinya. Yuk, mulai mengajari anak berhitung bahasa Inggris dari sini!

Table of Contents

Belajar Angka dalam Bahasa Inggris

Sebelum belajar berhitung dalam bahasa Inggris, wajib hukumnya bagi anak-anak untuk mengetahui angka dalam bahasa Inggris. Sebagai permulaan, cukup kenalkan anak dengan angka 1-10 dan puluhan saja. Berikut tabelnya:

Bahasa Inggris

Bahasa Indonesia

One 

Satu 

Two 

Dua 

Three 

Tiga 

Four 

Empat 

Five 

Lima 

Six 

Enam 

Seven 

Tujuh 

Eight 

Delapan 

Nine 

Sembilan 

Ten 

Sepuluh 

Eleven 

Sebelas 

Twelve 

Dua belas 

Twenty two

Dua puluh 

Twenty three

Tiga puluh 

Twenty four 

Empat puluh

Twenty five 

Lima puluh

Twenty six

Enam puluh 

Twenty seven 

Tujuh puluh

Twenty eight 

Delapan puluh

Twenty nine

Sembilan puluh

One hundred

Seratus 

Istilah Berhitung Bahasa Inggris

berhitung dalam bahasa Inggris dikenal dengan istila counting. Nah, setelah mengenal angka-angka dasar dalam bahasa Inggris, yuk ajak si Kecil mengenal istilah-istilah berhitung dalam bahasa Inggris.

(1) Addition

Addition adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penambahan dalam bahasa Inggris. Kata yang digunakan untuk menyebut proses penambahan adalah plus. Kita mengenal simbol untuk penambahan adalah tanda (+). Materi penambahan 

dalam bahasa Inggris adalah materi paling dasar yang biasanya menjadi materi pertama yang dipelajari setelah anak mengenal angka.

Contoh addition:

  • 1+1= 2
    (one plus one is two)
  • 5+7=12
    (five plus seven is twelve)

     

(2) Subtraction

Selanjutnya ada subtraction, istilah yang satu ini digunakan untuk menyebut “pengurangan” dalam bahasa Inggris. Pengurangan sendiri merupakan proses mengurangi sebuah perhitungan. Kata yang digunakan untuk menyebut proses pengurangan dalam bahasa Inggris adalah minus. Simbol yang digunakan untuk pengurangan adalah tanda (-)

Contoh subtraction:

  • 2-1=1
    (two minus one is one)
  • 9-7=2
    (nine minus seven is two)

     

(3) Division

Setelah mengenal materi dasar penambahan dan pengurangan, lanjut pada materi berhitung lainnya, yaitu division. Istilah bahasa Inggris ini digunakan untuk menyebut “pembagian”. Kata yang digunakan untuk menyebut prose pembagian adalah divided by. Simbol yang digunakan untuk pembagian adalah tanda (:)

Contoh division

  • 9:3=3
    (nine divided by three is three)
  • 10:2=5
    (ten divided by two is five)

     

(4) Multiplication 

Istilah berhitung bahasa Inggris yang terakhir adalah multiplication. istilah ini digunakan untuk menyebut “perkalian”. Kata yang digunakan dalam proses perkalian adalah multiplied by, sedangkan simbol yang digunakan adalah tanda (x).

Contoh multiplication

  • 4×4=16
    (four multiplied by four is sixteen)
  • 2×7=14
    (two multiplied by seven is four teen)

     

 

Lagu Belajar Berhitung Bahasa Inggris untuk Anak

Agar memudahkan anak dalam belajar berhitung dalam bahasa Inggris, Moms and Dads bisa menggunakan media pembelajaran yang seru, seperti musik dan lagu.

Berikut ini ada beberapa lagu bahasa Inggris yang liriknya berisi angka-angka dan cara berhitung.

Lagu Numbers

Yang pertama ada lagu Numbers. Dilihat dari judulnya saja sudah jelas ya Moms kalau lagu ini berisi tentang angka-angka. Berikut cuplikan beberapa larik lirik lagu Numbers: 

But the numbers won’t compute
(Tapi angka-angka itu tak bisa dihitung)

When we love and the two becomes one
(Saat kita mencintai dan keduanya menjadi satu)

Zero, one, one, two, three, five, eight, thirteen
(Nol, satu, satu, dua, tiga, lima, delapan, tiga belas)

Lagu Number Song 1-20

Selain Numbers, ada juga nih Moms lagu yang mengajarkan anak untuk berhitung dalam bahasa Inggris, yaitu lagu Number Song 1-20. Lagu ini dinyanyikan oleh The Singing Walrus. Anak-anak bisa lebih semangat belajar berhitung dalam bahasa Inggris karena video animasi dan musik dalam lagu tersebut sangat menarik.

Itu dia Moms and Dads, materi berhitung bahasa Inggris dasar untuk anak yang baru akan belajar berhitung dalam balam bahasa Inggris. Agar kemampuan bahasa Inggris anak meningkat pesat, yuk ajak anak bergabung di kelas bahasa inggris untuk anak di Cakap!

Referensi:
-dictionary cambridge.com
-youtube.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.