7 Cara Praktis Belajar Membaca untuk Anak TK

belajar membaca anak tk

Membaca adalah kemampuan fundamental dan menjadi pondasi penting dalam proses belajar si kecil. Sebab, kebanyakan hal membutuhkan kemampuan membaca, seperti menguasai matematika atau bahkan menguasai bahasa asing.

Belajar membaca dapat dimulai pada umur TK. Selain belajar di sekolah, si kecil juga harus mengulanganya di rumah. Hal ini pasti jadi tantangan tersendiri buat parents yang gak punya pengalaman ngajar. Maka dari itu, simak cara praktis belajar membaca anak TK di bawah ini!

Cara Belajar Membaca Anak TK

source: giphy.com

Cara belajar membaca anak TK di bawah ini tidak akan membebankan parents yang tidak memiliki pengalaman mengajar. Berikut tahapannya:

Mendengarkan Phonic Songs

Sebelum si kecil dapat menghafal alphabet atau mengenal suku kata, pastikan ia telah mendengarnya terlebih dahulu. Sebab, dengan begitu si kecil akan lebih mudah menguasai kosakata yang dipelajarinya. Parents cukup memutarkan phonic songs.

Phonic songs adalah lagu-lagu yang mengajarkan si kecil tentang alphabet dan menghubungkannya dengan benda atau makhluk hidup. Mendengarkan phonic songs juga bisa sekaligus mengajarkan si kecil kosakata bahasa Inggris dan cara membacanya.

Memperkenalkan Alphabet lewat Mainan Edukasi

Setelah si kecil terbiasa untuk mendengar alphabet, parents dapat mengajarkannya kembali lewat mainan edukasi atau aplikasi edukasi anak. Bahkan sekarang sudah ada aplikasi edukasi anak di mana si kecil dapat belajar sambil bermain di dalam aplikasi tersebut.

Memintanya untuk Menuliskan Alphabet

Untuk melatih kemampuannya dalam menghafal alphabet, parents dapat memintanya untuk menuliskannya. Parents cukup menyiapkan sebuah media untuk si kecil menuliskan alphabet-alphabet yang dipelajari. Jangan terburu-buru, parents dapat memintanya secara bertahap.

Masa Depan Lebih Siap dengan Kursus Inggris Anak di Cakap!

Menghafalkan Suku Kata

Menghafalkan suku kata adalah tahap lanjutan dalam cara belajar membaca anak TK. Ajak si kecil menghafal suku kata dari konsonan B sampai Z serta diikuti huruf vokal a, i, u, e, o. Contohnya seperti: ba, be, ci, co, da, di, dst. 

Mengajari Suku Kata Bervariasi

Setelah si kecil menghafal suku kata berdasarkan urutan konsonan, tahap berikut dalam belajar membaca anak TK adalah mengajarkannya suku kata bervariasi. Contohnya seperti lu-ka, bu-ku, gu-ru, dan lain sebagainya.

Dalam tahap ini, parents harus menghindari kata yang menggunakan huruf konsonan rangkap agar si kecil dapat menguasai tahap ini dengan mudah. Ajak si kecil terus berlatih sehingga ia cepat menguasai tahap ini.

Mengajari Huruf Konsonan Rangkap

Parents dapat mulai mengajari si kecil soal huruf konsonan rangkap apabila ia telah menguasai tahap sebelumnya. Dalam mengajari huruf konsonan rangkap, parents harus kenalkan terlebih dahulu contoh-contoh huruf konsonan rangkap, seperti “kh”, “ng”, “ny”, dsb.

Setelah itu, parents dapat mengajarkannya suku kata yang terdiri dari huruf konsonan mati. Jika si kecil telah menguasainya, berarti ia siap masuk ke tahap berikutnya dalam belajar membaca anak TK.

Membaca Kata Utuh

Tahapan terakhir dalam belajar membaca anak TK adalah membaca kata utuh. Awalnya pasti si kecil akan kesulitan membaca tanpa mengeja. Namun, apabila parents rajin melatihnya, si kecil dapat membaca kata utuh dengan cepat.

Setelah mahir membaca kata utuh, parents dapat mengajaknya untuk membaca satu kalimat. Ajari kalimat-kalimat yang digunakan sehari-hari sehingga si kecil bisa terus melatihnya di rumah.

Selain mengajarkan kata bahasa Indonesia, parents juga perlu mengajaknya belajar bahasa Inggris karena seseorang lebih mudah menyerap pelajaran di usia dini. Maka dari itu, ajak si kecil kursus Inggris anak di Cakap. Meski dari rumah, si kecil bakal belajar langsung sama tutor yang profesional!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks