7 Contoh Permainan Bahasa untuk Anak, Sederhana & Interaktif

contoh-permainan-bahasa-untuk-anak

Melatih kemampuan berbahasa anak, bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan lho, salah satunya dengan permainan bahasa untuk anak. Ide aktivitas untuk anak-anak di rumah ini juga akan membantu efektivitas belajar si kecil selain dari pembelajaran di sekolah. Permainan ini membantu mereka berlatih menggunakan kata-kata baru, bebas mengekspresikan diri, melatih keterampilan bahasa dan komunikasi, juga membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri secara sosial. Kira-kira apa saja ya contoh permainan bahasa untuk anak yang bisa dipraktikkan dengan mudah? Simak artikel berikut untuk menemukan jawabannya!

Table of Contents

Apa Itu Permainan Bahasa?

Permain bahasa adalah salah satu permainan anak yang bermanfaat untuk memperoleh kesenangan sekaligus melatih keterampilan kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis). Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan bahasa memiliki unsur kesenangan dan melatih keterampilan berbahasa, selain itu juga dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan cara menyenangkan.

Dalam bahasa Inggris permainan bahasa dikenal dengan istilah language games, yaitu suatu aktivitas atau kegiatan yang memiliki aturan, tujuan serta mengandung unsur-unsur hiburan yang menyenangkan.

Dalam permainan bahasa memuat dua tujuan, yaitu mendapatkan kegembiraan dan juga untuk melatih keterampilan bahasa tertentu seperti kemampuan menyimak, mendengarkan, membaca, menulis maupun menambah penguasaan kosakata.

Pada prosesnya, peserta didik akan terlibat secara aktif dan langsung dengan melibatkan seluruh indera yang dimiliki ketika mulai bermain. 

Contoh Permainan Bahasa untuk Anak

Berikut merupakan contoh permainan bahasa untuk anak yang bisa diterapkan di sekolah maupun di rumah.

(1) Permainan Balok

Saat anak-anak bermain balok, banyak hal baru yang akan dipelajari oleh anak. Orang tua atau guru bisa mendampinginya dengan menjelaskan, membandingkan warna, bentuk, lalu mengembangkan kemampuan kosakata anak melalui permainan balok. 

Bermain balok akan membantu mengembangkan kemampuan bahasa anak, Moms and Dads bisa membantunya dengan mengajak anak bicara, menjelaskan dan memberi nama pada struktur balok yang sudah mereka susun.

(2) Bernyanyi Bersama Anak

Menyanyi bersama anak dapat membantu mengembangkan pengenalan bunyi dan suara pada anak, khususnya untuk membantu pelafalan kata oleh anak agar lebih jelas. Menyanyikan lagu yang memuat irama dan cerita juga dapat membantu anak untuk mempelajari huruf baru sebagaimana mereka memahami irama dan isi lagunya, lho.

Sambil bernyanyi anak-anak juga bisa sambil menemukan kosakata baru, misalnya jika menyanyikan huruf-huruf alphabet, orang tua bisa sambil mengarahkan untuk anak agar bisa menebak kosakata yang diawali huruf A, B, C, dan seterusnya.

So, mulai sekarang Moms bisa memasang playlist lagu anak yang bisa dimainkan bersama-sama.

(3) Membaca Bersama

Ketika sedang membaca bersama anak, cobalah meminta mereka untuk membaca atau menceritakan kembali hal yang tadi mereka baca. Kegiatan tersebut akan membantu anak dapat mengekspresikan diri mereka secara verbal. 

Bisa juga dengan cara untuk meminta anak menceritakan berdasarkan  gambar yang ada di buku cerita mereka.

(4) Cangkir dan kertas

Permainan ini membantu anak-anak berlatih mengeja kata-kata sederhana dalam bahasa yang akan diajarkan pada mereka.

Caranya dengan menyiapkan daftar benda sehari-hari, kemudian bagilah anak-anak dalam kelas menjadi tiga kelompok dan berbaris di belakang, kemudian tumpuk gelas plastik di depan kelas untuk setiap kelompok. Pastikan setiap tumpukan berisi semua huruf yang diperlukan untuk menebak kata. 

Untuk memulai permainan, tunjukkan gambar pertama. Siswa pertama dalam barisan setiap kelompok berlari menuju tumpukan mereka dan mengeja objek dalam bahasa target. Anak-anak harus mengangkat tangan segera setelah mereka selesai. Siswa yang mengangkat tangannya terlebih dahulu (dan dengan jawaban yang benar) memenangkan satu poin untuk timnya pada babak tersebut. Permainan berlanjut sampai setiap siswa memiliki kesempatan untuk bermain.

(5) Tebak Gambar atau Kata 

Permainan ini paling cocok untuk mengulas pelajaran sebelumnya, jadi yang diperlukan adalah foto atau gambar dan kertas berisi kata benda atau hal yang sudah dipelajari oleh anak. Beritahu anak untuk memilih pasangannya sendiri, kemudian setiap setiap anak akan bermain untuk menebak gambar atau kata yang sudah ditentukan. Beberapa ide gambar yang bisa digunakan salah satunya seperti untuk mempelajari daftar hewan dalam bahasa Inggris atau warna dalam bahasa Inggris.

Jangan lupa untuk memberikan jangka waktu atau batas waktu tertentu untuk permainan tebak kata ini agar semakin menarik. Dengan begitu anak akan mengeksplor banyak kata untuk membantu teman mainnya agar dapat menebak kata dengan benar. 

Baca juga : 5 Materi Dasar Bahasa Inggris untuk Anak TK & PAUD Lengkap

(6) Harta Karun Ganda

Selain di sekolah, permainan bahasa juga dapat dilakukan di rumah lho. Jika anak sedang merasa bosan, permainan ini adalah aktivitas yang cocok untuk anak. 

Untuk memulai permainan, siapkan dan tulis pada selembar kertas beberapa nama benda yang dimiliki di rumah dan biasa digunakan sehari-hari. Selanjutnya, sembunyikan potongan-potongan kertas di sekitar ruangan atau area untuk bermain harta karun ganda. Kemudian, biarkan perburuan dimulai. Permainan linguistik ini dapat berlangsung selama waktu tertentu atau sampai mereka menemukan semua lembar kertasnya. 

Setelah mereka menemukan semua kertas atau waktu yang diberikan habis, saatnya bagi mereka untuk membukanya dan membacanya. Kemudian beri arahan untuk perburuan harta karun ini, yaitu mereka perlu menemukan satu dari setiap objek di kertas dan memasukkannya ke dalam keranjang harta karun mereka. 

Dengan permainan ini anak bisa belajar membaca sekaligus mengenali benda-benda di sekitarnya. Di akhir permainan jangan lupa juga untuk memberikan reward kepada anak ya Moms, biar mereka makin semangat. 

(7) Charade

Permainan ini mirip dengan tebak-tebakan, yang membedakan adalah setiap anak harus bisa menebak kata benda dengan gerakan, menarik bukan?

Untuk memulai permainan ini, tuliskan kata kerja sederhana dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan rekan satu tim harus menebak kata tersebut dengan gerakan. Beri waktu 3 menit untuk setiap tim. Untuk setiap kata yang benar, tim menerima satu poin. Tim dengan 10 poin pertama akan menang. 

Jadi itulah tujuh permainan bahasa untuk membantu penguasaan bahasa anak yang bisa dilakukan dengan menyenangkan dan tidak membosankan.

Agar kemampuan bahasa anak lebih mumpuni, Moms bisa mendaftarkan anak untuk mengikuti kursus bahasa Inggris anak di Cakap! Belajar bahasa di Cakap sangat fleksibel dan cocok untuk anak. Di sana anak bisa belajar secara interaktif bersama para teacher-nya. So, yuk Moms cek kelas bahasa di Cakap sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi:
-flunetu.com
-empoweredparents.co
-tomedes.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.