11 Aktivitas untuk Anak-Anak di Rumah yang Seru dan Bermanfaat

aktivitas-untuk-anak-anak-di-rumah

“Aku bosan, Moms!”. Pernahkah Moms and Dads mendengar keluhan tersebut keluar dari mulut manis si Kecil saat di rumah? Lantas, apa yang terjadi sesudahnya, apakah Moms and Dads memutuskan untuk mengarahkan anak nonton TV dan bermain video games di ponselnya? Alih-alih melakukan aktivitas monoton dan biasa tersebut, Moms and Dads bisa lebih kreatif mencari referensi aktivitas untuk anak-anak di rumah.

Akan selalu ada hal-hal kreatif, menyenangkan, dan bermanfaat yang bisa dilakukan bersama keluarga. So, jika anak merasa bosan dan tak berkegiatan, mungkin Moms and Dads bisa melakukan satu dari 10 rekomendasi aktivitas untuk anak-anak di rumah berikut ini!

Rekomendasi Aktivitas untuk Anak-Anak di Rumah

Ada banyak pilihan untuk dipertimbangkan untuk mengisi waktu luang si Kecil. Yuk, coba lakukan ini di rumah!

(1) Membuat Rumah-Rumahan

Ini adalah aktivitas sederhana dalam ruangan yang menyenangkan dan bisa sangat berkesan. Untuk bermain rumah-rumahan, Moms and Dads hanya membutuhkan barang-barang, seperti kain dan bantal. Moms bisa membentuk kain menyerupai sebuah tenda. Atau jika ingin yang lebih sederhana, Moms hanya perlu mengaitkan beberapa kain dengan meja atau kursi. 

Jika membuat rumah-rumahan di dalam rumah kurang seru dan terasa membosankan, coba ajak anak untuk camping di teras. Ajak anak untuk membuat tenda camping, lalu jangan lupa gelar tikar agar tempat camping jadi makin menyenangkan.

(2) Bermain Puzzle atau Lego

Bermain puzzle atau Lego bisa jadi pilihan aktivitas terbaik untuk anak-anak di rumah, karena ini adalah permainan anak yang mendidik. Selain bisa mengajak anak bersenang-senang, bermain puzzle juga bisa membuat anak bisa berpikir kreatif dan melatih daya ingat.

Nah, kalau si Kecil mau permainan yang menuntut aktivitas langsung, maka Lego bisa jadi jawaban yang tepat. Permainan Lego mengharuskan si Kecil untuk menyusun bongkahan-bongkahan menjadi sebuah bangunan atau bentuk yang ingin mereka buat.  

(3) Membaca Buku Cerita Bersama

Buku cerita, dongeng, dan buku-buku fabel menjadi bahan bacaan yang menyenangkan dan nggak bikin anak-anak bosan. Karena selain membaca, mereka juga bisa melihat gambar-gambar yang menarik di dalam buku tersebut. 

Kegiatan ini sangat positif, anak tidak hanya bisa berlatih membaca dengan lancar, tetapi juga bisa memperluas wawasan dan literasi anak.  

(4) Lakukan Olahraga Ringan

Apa saja sih kategori olahraga ringan yang nggak bikin anak gampang capek dan kelelahan? Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih. Beberapa di antaranya adalah mengajak anak berolahraga dengan diiringi lagu favoritnya. Contohkan gerakan olahraga fisik tipis-tipis, seperti melangkah ke berbagai sisi, melompat rendah, hingga menggerakan badan.

Nah, kalau Moms and Dads mau olahraga yang lebih santai dan bisa menenangkan pikiran serta emosional si Kecil, yoga adalah pilihan olahraga yang tepat. Moms and Dads bisa mencari referensi video yoga untuk anak-anak di Youtube. 

(5) Berkebun atau Menanam Bunga

Yuk, keluar rumah dan ajak anak melakukan kegiatan outdoor yang dekat dengan alam! Aktivitas yang satu ini cocok banget dilakukan di hari libur atau di sore hari. Mulailah dengan kegiatan yang sangat sederhana, seperti menyiram tanaman, mencabut rumput, dan membersihkan daun-daun yang berserakan di halaman rumah.

Jika anak sudah mulai menikmati kegiatan berkebunnya, ajak mereka untuk mulai menanam tanamannya sendiri atau memetik bunga-bunga yang sudah tumbuh. 

Eits, tapi jangan lupa ya Moms begitu mereka selesai bermain, ajak si Kecil untuk mandi dan membersihkan badannya.

(6) Memasak atau Memanggang Kue

Beralih ke area dapur, kira-kira apa ya kegiatan asyik yang bisa dilakukan di sana? Yap, memasak atau memanggang kue kesukaan si Kecil akan jadi aktivitas sempurna menjelang waktu makan atau akhir pekan.

Pilih resep yang ingin parents coba bersama si Kecil. Setelah itu, biarkan si Kecil membantu melakukan hal-hal kecil seperti mengaduk, mengambil bahan, dan menguji rasa masakannya.

Selain menyenangkan, kegiatan ini adalah salah satu cara untuk bisa lebih akrab dengan anak. Akan lebih baik lagi, jika kegiatan memasak antara orang tua dan anak ini direkam dan di-video. Nantinya, kalian pasti akan banyak tertawa dan menjadikannya sebuah kenangan saat video diputar ulang. 

(7) Karaoke Night

Anak-anak biasanya sangat suka menyanyi. Baik lagu-lagu daerah, nasional, hingga lagu-lagu berbahasa Inggris. Ajak mereka melakukan karaoke night bersama. Dengan koneksi Wifi dan aplikasi Youtube, kalian bisa memilih lagu apa pun yang diinginkan.

Ini adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Akan ada banyak tawa dan kegembiraan saat kalian bernyanyi dan menghabiskan waktu malam bersama.

(8) Bucket-List Wreath

Bucket-list, setiap orang memiliki mimpi dan keinginan, baik yang disampaikan maupun yang tidak disuarakan. Untuk mengetahui apa saja keinginan si Kecil, Moms bisa mengajak mereka membuat bucket-list dari stik kayu yang kemudian dibentuk melingkar menyerupai bunga.

Tulis keinginan dan rencana-rencana keluarga kalian di atas stik kayu, seperti “hari pantai”, “staycation”, “mengunjungi nenek”, “pergi ke museum”, “pergi ke taman bermain”, dan rencana-rencana kegiatan lainnya.

Dengan begitu, setiap minggu kalian tidak perlu bingung mau ke mana, tinggal pilih salah satu bucket-list dari stik kayu, dan pergi bersama-sama.

(9) Membuat Origami

Another indoor activity yang bisa dicoba selanjutnya adalah membuat origami. Origami atau seni melipat kertas yang berasal dari negara Jepang ini sangat berguna untuk melatih kreatifitas dan ketelitian anak lho, Moms. Ada banyak sekali pilihan bentuk origami yang bisa dibuat. Jika dirasa sulit, kalian bisa mencari tutorial video cara membuat origami bagi pemula. Dua di antara bentuk origami yang paling mudah dibuat adalah origami bintang dan origami burung.

(10) Buat Family Scrapbook

Yang terakhir tapi nggak kalah penting adalah membuat family scrapbook. Pilih bermacam-macam foto keluarga yang diambil dari berbagai acara atau momen yang berbeda. Kumpulkan foto-foto tersebut kemudian tempelkan dalam lembar memo. Atau Moms & Dads juga bisa menempelkan hiasan-hiasan stiker pada foto-foto yang paling berkesan. Lagi pula, ini cerita keluarga kalian, so pastikan untuk bebas berkreasi di family scrapbook kalian ya. Selamat mencoba!

(11) Menonton Bersama Anak

Menonton film bersama anak  bisa menjadi pengalaman yang sangat mengikat antara anak dan orang tua. Tidak hanya memberikan kesempatan quality time, tetapi juga memungkinkan terjadinya momen tawa, kegembiraan, dan hubungan emosional bersama. Melalui diskusi tentang alur cerita dan karakter film, Moms and Dads dapat mendorong pemikiran kritis anak dan membantu mereka mengembangkan empati dengan mengeksplorasi perspektif dan perasaan yang berbeda.

Tuh kan Moms, ada banyak pilihan aktivitas untuk anak-anak di rumah. Jadi, jangan biarkan waktu kalian terbuang sia-sia tanpa berkegiatan dan membuat anak bosan, ya!

Kalau si Kecil perlu aktivitas lainnya yang lebih bermanfaat, Moms & Dads bisa mengarahkan mereka belajar bahasa Inggris di kelas bahasa Inggris anak Cakap! Di sana, si Kecil bisa belajar bahasa secara fleksibel, bebas atur waktu belajar, dan bisa belajar di mana saja!

Referensi:
-lifehack.org
-mumslittleexplorers.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.