7 Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD & Usia Dini yang Mudah

cara-mengajar-bahasa-inggris-untuk-anak-sd

Siapa di sini yang ingin anaknya jago bahasa Inggris, tapi nggak tahu gimana cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD atau anak usia dini? As we knows, usia anak-anak merupakan usia yang cukup sulit untuk diajak kompromi terutama dalam hal belajar mengajar. Ada kalanya mereka hanya mau melakukan suatu kegiatan yang diinginkannya saja. Untuk itu, kreativitas dan andil orang tua sangat penting untuk menciptakan semangat bagi mereka untuk belajar.

Lantas, apa saja sih strategi atau cara mengajar bahasa Inggris yang tepat untuk anak? Apakah harus mengikuti kursus dan mendatangkan guru les privat atau bisa juga dilakukan di rumah? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak tentunya memiliki pendekatan yang berbeda dengan mengajar bahasa Inggris untuk dewasa.  Cara-cara di bawah ini bisa menjadi tips atau strategi mengajar bahasa Inggris pada anak usia dini. Let’s check this out!

(1) Pilih Topik Pelajaran yang Menarik

Saat akan mengajar, pilihlah dan susunlah lesson topics atau topik pelajaran yang menarik, ringan, dan bisa diterima oleh anak-anak. Mencari topik yang cocok menjadi salah satu pendekatan terbaik yang bisa dilakukan. Kenalkan anak pada topik pelajaran primer, seperti kosakata nama-nama hewan, bagian tubuh, warna, atau makanan.

Bila perlu, sesekali libatkan anak untuk memilih sendiri topik pelajaran bahasa Inggris apa yang mereka ingin pelajari. Biasanya, mereka akan lebih bersemangat dan aktif ketika mengetahui apa yang ingin mereka ketahui.

(2) Menggunakan Lagu Bahasa Inggris untuk Anak

Menggunakan songs bisa menjadi cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD yang cukup ampuh. Anak-anak pada umumnya gemar sekali menyanyi, apalagi menyanyikan lagu yang musik dan nadanya enak didengar. Mereka pasti akan memutar lagu tersebut secara berulang-ulang. Pilihlah lagu-lagu anak yang cocok untuk anak usia 5-11 tahun. 

Beberapa lagu anak Bahasa Inggris yang direkomendasikan adalah lagu Twinkle Twinkle Little Star, If You’re Happy, Head Shoulders Knees and Toes, dan lagu Rain-Rain Go Away. Jika anak menghafal lagu-lagu tersebut, mereka sudah menghafal beberapa kosakata dasar. So, jangan lupa ya untuk memberitahu lirik terjemahan bahasa Indonesia dari lagu-lagu tersebut.

Baca juga : 11 Lagu Anak Bahasa Inggris Populer yang Baik untuk Pertumbuhan

(3) Gunakan Bahasa Inggris dalam Beberapa Percakapan

“Bisa karena terbiasa” adalah salah satu ungkapan yang tepat menggambarkan cara mengajar bahasa Inggris yang satu ini. Cobalah untuk menerapkan sebuah percakapan bahasa Inggris dalam beberapa situasi tertentu. Misalnya, ketika akan mengajak anak makan, mengajak anak main, atau sekedar mengucapkan selamat pagi dan selamat malam ketika mereka akan pergi tidur.

Dengan cara ini, anak bisa tetap menggunakan bahasa Indonesia, namun juga bisa mempraktekkan bahasa Inggris di sela-sela percakapan hariannya.

(4) Play Games

Fun, fun, fun! Anak-anak pasti suka dengan sesuatu yang menyenangkan. Salah satu cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD yang menyenangkan adalah dengan menyuguhkan permainan yang menarik sekaligus mendidik.

Ada begitu banyak games yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Beberapa di antaranya adalah Simon Says, Mother May I, dan Memori. Anak-anak pasti seneng banget deh belajar bahasa Inggris lewat games-games yang menyenangkan itu.

(5) Jangan Terlalu Terpaku pada Grammar

Memang grammar adalah materi yang penting untuk dipelajari, namun bagi anak-anak yang baru akan mulai belajar Bahasa Inggris, grammar bisa dinilai sebagai materi yang sulit. Jika terlalu terpaku pada grammar, anak-anak bisa merasa bosan dan enggan belajar Bahasa Inggris karena terlalu rumit. Ajarkan saja mereka tentang bagaimana kalimat atau percakapan yang bisa dimengerti, kemudian pelan-pelan sisipkan pembelajaran mengenai tata Bahasa Inggris yang benar.

(6) Stories and Poem

Apa sih yang bisa digunakan jadi bahan ajar bahasa Inggris untuk anak? Stories and poem jadi jawabannya! Dengan mengajarkan bahasa Inggris lewat stories and poem, anak tidak hanya belajar bahasa Inggris dan kosakata baru, tetapi mereka juga diajarkan untuk gemar membaca dan menambah banyak pengetahuan baru.

Ada banyak cerita anak bahasa Inggris yang sangat bagus dan mengandung nilai-nilai kehidupan, misalnya cerita The Ant and The Dove, Friends, dan The Fox and The Grapes. Atau bisa juga puisi-puisi bahasa Inggris untuk anak, seperti Eletelephony dan At The Zoo.

Baca juga : 5 Rekomendasi Buku Cerita Agar Anak Mahir Bahasa Inggris

(7) Mengajar di Luar Ruangan

Cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD yang satu ini sangat cocok dipraktekkan baik oleh guru atau orang tua di rumah. Cobalah untuk mengajarkan kosakata bahasa Inggris dari sesuatu yang berhubungan dengan alam dan kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, anak akan jauh lebih mudah mengingat karena adanya interaksi langsung dengan benda-benda di sekitar.

Selain bisa mencuci mata, mengajar Bahasa Inggris di luar ruangan juga bisa membuat otak anak jadi lebih fresh. Mereka bisa belajar sambil bermain juga. 

cara-mengajar-bahasa-inggris-anak-sd
Photo from Freepik

Tips Memotivasi Anak Agar Semangat Belajar Bahasa Inggris

Adakalanya anak merasa malas dan tidak mau belajar bahasa Inggris. Hem, jika Moms menghadapi situasi seperti ini, apa ya solusi dan tips memotivasi anak agar tetap semangat belajar bahasa Inggris? 

(1) Berikan Apresiasi

Yang pertama adalah memberikan apresiasi. Tunjukan sikap dan rasa bangga kalian sebagai salah satu sinyal bagi anak yang menandakan bahwa proses belajarnya tidak sia-sia. Bila perlu, tentukan sebuah target belajar, nah ketika anak sudah mencapai target tersebut, Moms bisa memberikan mereka hadiah sederhana. 

(2) Pilih Tempat Belajar yang Menyenangkan

Tempat juga menentukan mood belajar si Kecil lho, Moms. So, pastikan mereka belajar di tempat yang mereka sukai dan yang membuat mereka merasa nyaman. Untuk mendukung proses belajar, Moms juga bisa menyiapkan tempat/ruangan khusus untuk mereka belajar bahasa Inggris, dekor ruangan tersebut dengan beberapa poster kosakata bahasa Inggris beserta gambarnya.

(3) Sesekali Ajak Teman untuk Belajar Bersama

Belajar sendirian rasanya bosan dan terasa sangat lama. Agar si Kecil makin semangat belajar, cobalah sesekali ajak teman-temannya untuk belajar bersama. Momen belajar bersama ini, selain seru bisa juga jadi sebuah kenangan manis di kemudian hari bagi si Kecil.

So here are 7 favorite tips mengajar bahasa Inggris anak SD dan usia dini. Semoga tips di atas bisa membantu para orang tua atau pengajar bahasa Inggris anak di mana pun berada. Untuk Moms and Dads yang ingin menemukan cara yang lebih solutif agar anak bisa lancar berbahasa Inggris, yuk daftarkan si kecil di kursus bahasa Inggris untuk anak Cakap!

Referensi:
-goabroad.com
-twinkl.co.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.