5 Kelebihan Anak yang Mampu Memakai Dua Bahasa dengan Baik

mampu memakai dua bahasa dengan baik

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak yang mampu menguasai dua bahasa dengan baik atau menjadi bilingual. Selain menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua, menjadi bilingual juga mendukung banyak aspek dalam tumbuh kembang anak. Simak apa saja manfaat dan keuntungannya dalam artikel berikut ya, Moms dan Dads!

1. Meningkatkan konsentrasi dan daya tangkap

Photo by Jerry Wang on Unsplash

Berdasarkan penelitian oleh Psychology Science, anak yang menguasai dua bahasa memiliki kemampuan untuk menangkap dan memproses informasi dengan lebih baik. Selain itu, mereka juga memiliki konsentrasi yang lebih baik dalam mengerjakan suatu hal secara bergantian. 

2. Memperluas wawasan si Kecil

Photo by Myles Tan on Unsplash

Dengan menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, si Kecil jadi memiliki akses untuk mengetahui berbagai sumber informasi yang lebih beragam. Hal ini akan memperluas wawasan mereka terhadap banyak hal dan menjadikan mereka memiliki toleransi yang tinggi. 

3. Menjadikan anak berpikir kritis dan percaya diri

Photo by Ashton Bingham on Unsplash

Anak yang mampu memakai dua bahasa dengan baik juga memiliki kecenderungan untuk berpikir kritis serta lebih percaya diri. Mereka akan lebih vokal untuk menyampaikan ide dan menyuarakan pendapat dibandingkan dengan anak yang hanya menguasai satu bahasa.

4. Dapat bepergian ke luar negeri dengan mudah

Photo by Rendy Novantino on Unsplash

Dari segi kebahasaan, anak yang sudah menjadi bilingual atau menguasai dua bahasa akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa asing lainnya. Hal ini tentunya akan mempermudah mereka kelak untuk bepergian ke berbagai negara di dunia dan bertemu dengan banyak orang. 

5. Membuka akses pendidikan yang lebih baik

Photo by Kuanish Reymbaev on Unsplash

Tidak sedikit lembaga pendidikan yang menjadikan penguasaan bahasa asing sebagai salah satu syarat untuk mendaftar. Dengan demikian, bisa memakai bahasa asing dengan baik sejak masih kecil akan sangat membantu di kemudian hari dari segi pendidikan. 

Dengan banyaknya manfaat di atas, Moms dan Dads tidak perlu ragu lagi untuk secara perlahan mengajarkan bahasa asing kepada si Kecil. Agar pembelajaran lebih optimal, Anda juga bisa mengambil kursus bahasa Inggris atau bahasa Mandarin di Cakap for Kids. Selamat mendampingi proses belajar si Kecil! 

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks