6 Komik Bahasa Inggris yang Mudah dipahami Anak

komik bahasa inggris untuk anak

Membaca Komik disukai banyak anak bahkan orang dewasa. Komik memang menyenangkan karena sebuah cerita bergambar dan penuh plot twist memang seru untuk dibaca. Bagi anak, membaca komik sebagai menyalurkan hobi membaca  saat mengisi waktu luang. Jika orang tua ingin memberi bacaan komik kepada anak, berikut ini adalah rekomendasi komik yang bisa orang tua kenalkan kepada anak;

Asterix and Obelix

asterix-and-obelix source: giphy.com

Komik Asterix and Obelix dikarang oleh Goscinny and Uderzo dari Belgia. Bercerita tentang petualangan Asterix & Obelix serta para penduduk desa Galia dalam melawan pendudukan tentara Romawi yang pimpinan Julius Caesar. 

Tokoh Asterix merupakan seorang pria berbadan kecil, namun lincah, cerdik dan punya inisiatif. Sedangkan Obelix adalah seorang pria berbadan besar dan mempunyai kekuatan yang luar biasa karena waktu kecil terjatuh ke dalam panci yang berisi ramuan kekuatan dukun Panoramix/Vitamix. Meski begitu Obelix terkesan lamban, bingung dan peragu.

Oleh karena itu dalam menjalankan setiap misi petualangannya mereka berdua saling melengkapi. Kecerdikan Asterix ditambah dengan kekuatan Obelix menghasilkan kerjasama yang baik dalam menyelesaikan setiap misi petualangannya.

Asterix dan Obelix mengajarkan kerjasama tim dan rasa setia kawan. Komik tersedia dalam banyak bahasa, salah satunya bahasa inggris. Komik ini memiliki perbendaharaan kata yang bisa digunakan anak dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan pertemanannya.

Richie Rich

richie-rich source: giphy.com

Komik Richie Rich bercerita tentang seorang anak yang bernama Richie dan mempunyai kekayaan yang berlebih. Rilis pada tahun 1953, Richie RIch memiliki cerita yang unik dan petualangan yang seru. Meski kaya Richie, tidak sombong dan senang membantu orang lain, kekayaannya membuat iri banyak orang dan ingin memanfaatkannya, namun Richie sangat cerdas sehingga tidak mudah dikelabui

Penggunaan bahasa inggris pada Richie Rich juga sangat mudah dicerna anak sehingga memudahkan untuk dibaca. Selain itu, Komik ini juga memiliki pesan bahwa untuk tidak menjadi anak yang sombong.

Hunter x Hunter

hunterxhunter source: giphy.com

Merupakan komik karya Yoshihiro Togashi yang dibuat pada tahun 1998. Komik Hunter x Hunter bercerita tentang seorang anak bernama Gon Freecs, yang merupakan anak dengan kemampuan melampaui orang normal. Dia pergi mencari ayahnya yang bernama Ging Freecs. Untuk menemukan ayahnya, ia harus menjadi seseorang yang berprofesi sebagai Hunter. Dari inilah petualangan Gon dimulai, hunter Merupakan suatu profesi yang memperbolehkan seseorang memiliki akses kemanapun tanpa membayar.

Untuk menjadi seorang Hunter, Gon harus menjalani Hunter Exam. Saat menjalani Hunter Exam tersebut, Gon bertemu dengan teman, yaitu Leorio, Killua, dan Kurapika. 

Hunter x Hunter mengajarkan tentang persahabatan. Gon selalu membantu walaupun ia harus mengorbankan nyawanya salah satunya ketika teman mengalami masalah. Komik ini memiliki plot yang sangat baik, berbagai macam karakter dengan berbagai macam latar belakang.

Komik Hunter x Hunter dalam bahasa inggris sangat cocok untuk anak, penggunaan kata yang ringan akan membuat anak mudah mencerna apa makna yang dimaksud.

Hai Miiko

hai-miiko source: giphy.com

Salah satu komik yang paling sering anak baca adalah Hai Miiko. Bercerita tentang anak kelas 5 SD bernama Miiko. Dia memiliki adik laki-laki bernama Mamoru dan adik perempuan bernama Momo. Nah sayangnya sikap miko tidak pernah dewasa meskipun Miiko anak tertua. Malah adiknya, mamoru yang lebih dewasa dan bisa diandalkan oleh keluarganya. Pekerjaan rumah lebih sering dilakukan  oleh Mamoru dan Miiko menjadi anak yang suka malas-malasan.

Dari komik ini mengajarkan bahwa malas-malasan akan banyak menghasilkan masalah, namun begitu Miiko baik sehingga mempunyai banyak teman yang bisa membantunya nanti.

Tsubasa

tsubasa-ozora source: giphy.com

Siapa yang tidak tahu Tsubasa ozora, seorang anak SD yang memiliki mimpi menjadi pesepakbola profesional dan juga bisa membawa jepang juara piala dunia. Komik Tsubasa memiliki drama dan memang kadang tidak masuk akal, meski begitu Tsubasa memiliki keyakinan yang kuat untuk bisa mewujudkan mimpinya. Dia tidak hanya bermimpi, Tsubasa juga berjuang untuk menjadikannya nyata. Usahanya tidak sia-sia, meski dia juga menemukan banyak tantangan Tsubasa tetap percaya dan berjuang bersama sahabat timnya.

Tsubasa memiliki pesan moral bahwa mempunyai mimpi bukanlah sebuah yang harus ditertawakan, namun harus diupayakan agar bisa menjadi kenyataan. Seri tsubasa menggunakan bahasa inggris juga banyak mengatakan kata-kata positif, atau kata semangat dalam bahasa inggris sehingga anak bisa menggunakan untuknya mewujudkan mimpinya.

Chibi Maruko

chibi-maruko-chan source: giphy.com

Maruko adalah seorang yang pemalas dengan nilai sekolahnya yang jelek. Meski begitu maruko adalah anak yang naik dan dan senang membantu sekitarnya. Chibi Maruko Chan adalah komik bergenre komedi dimana menceritakan keseharian Maruko yang kelas 3 SD dan kekocakkan keluarganya. 

Orang tua Maruko sangat sabar menghadapi maruko yang menyusahkan. Mereka terkadang marah dengan Maruko, namun tetap menyayangi maruko. Pesan moral yang didapat adalah Semua anak terlahir dengan karakteristik yang berbeda-beda, terkadang mengeluh saat mempunyai anak nakal, yang tidak sesuai harapan.  Disinilah orang tua harus berusaha mengerti, memahami, dan menerima anak sebagai individu.

Pada seri bahasa inggrisnya, Chibi Maruko chan lebih atraktif dan obrolan yang dipakai tidak panjang, sehingga bisa anak baca dan dimengerti. Selain itu seri komik Chibi Maruko Chan bahasa inggris juga lebih banyak chapternya dibanding bahasa indonesia.

Memberi bacaan seperti komik tidak ada salahnya. Selama sesuai umur anak dan masih dalam bimbingan orangtua. Membaca adalah jendela dunia, meski dari komik sekalipun. Selain itu membaca komik juga melatih anak untuk gemar membaca. Perlahan anak akan gemar membaca buku-buku lainnya. Terlebih jika dibiasakan membaca dalam bahasa inggris, maka hobi yang mengasah bahasa inggris akan muncul dari anak.

Belajar Bahasa Inggris Anak

Baca Juga : 

 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup