Hobi yang Melatih Kemampuan Belajar Bahasa Inggris Anak

melatih-hobi-anak

Hobi adalah kegiatan yang dilakukan secara tulus dan tanpa merasa keberatan dengan tujuan melepas penat. Mempunyai sebuah hobi merupakan sebuah modal yang baik untuk mengembangkan diri karena banyak manfaat yang bisa diambil dari sebuah hobi. Hobi merupakan kegiatan yang disenangi, oleh sebab itu hal yang saat ini disenangi oleh anak adalah bisa juga dikatakan hobi. Jika anak sudah senang akan suatu kegiatan, orang tua cukup menyisipkan nilai positif dari kegiatan tersebut. Hasilnya akan cukup signifikan untuk anak. Nah, Berikut ini adalah daftar hobi yang bisa melatih kemampuan belajar bahasa Inggris;

Membaca

Hobi membaca pasti menambah kecerdasan bagi siapa pun, tak terkecuali  untuk anak. Semakin banyak bacaan yang dibaca, semakin banyak informasi yang didapat. Hanya saja menumbuhkan minat baca bagi anak adalah sesuatu yang sulit, namun sedikit demi sedikit bisa dikembangkan agar anak terbiasa sehingga menimbulkan rasa butuh. Untuk anak mulailah beri bacaan yang menarik seperti komik dengan genre sesuai dengan selerannya. Latih dengan bahasa inggris, karena seringkali komik bahasa inggris lebih awal rilisnya sehingga orang tua bisa memberi sugesti seperti pancingan “Komik A chapter 190 sudah rilis dengan bahasa inggris” kalau anak kesusahan membaca, orang tua bisa mendampingi anak seperti baca bareng sehingga anak akan ikut membaca dan terbiasa dengan komik berbahasa inggris.

hobi-membaca source: giphy.com

Menulis

Seperti membaca, menulis juga merupakan hobi yang sulit ditanamkan kepada anak meski mampu meningkatkan kecerdasan. Menulis melatih daya ingat anak, melampiaskan emosional, melatih kreativitas dan mempertebal kepercayaan diri. Mulailah melatih kemampuan menulis dengan cara-cara sederhana seperti menulis notes kecil pada barang kesukaannya anak. Atau menulis diary harian bersama anak, minta anak menulis apapun yang telah dia lakukan hari ini. Kebiasaan menulis bisa membuat anak terbiasa mengeksplore isi kepalanya dalam tulisan. Lalu latih juga menggunakan bahasa inggris karena menulis membantu anak menambah kosakata yang dia punya sehingga vocabularynya meningkat dan menjadi modal yang baik untuk anak seusianya.

hobi-menulis source: giphy.com

Menonton

Hobi yang sangat digemari oleh kebanyakan anak karena sejak kecil anak memang senang sekali menikmati tontonan karena menurut mereka menghibur dan menyenangkan. Dengan media tontonan seperti film dan video banyak sekali  yang bisa dikembangkan seperti disisipkan bahasa inggris agar poinnya bisa diajarkan dengan baik. Banyak sekali tontonan yang bisa diajarkan oleh anak, orang tua bisa memilih film bahasa inggris anak untuk belajar sebagai tontonan yang baik. Selain menonton membuat lebih cerdas, juga bisa membuat anak lebih terbuka dalam kemampuan berbicara dengan cara pengucapan bahasa inggris yang baik dan benar.

hobi-menulis source: giphy.com

Olahraga

Olahraga sangat baik untuk kesehatan siapapun termasuk anak. Menanamkan kegemaran olahraga pada anak merupakan keharusan karena anak akan menjadi lebih sehat dan berat badannya lebih terjaga sehigga daya tahan tubuhnya lebih kebal terhadap penyakit. Mulailah dengan mengenalkan olahraga dengan mengajak anak menonton pertandingan olahraga  agar anak menumbuhkan ketertarikan pada cabang olahraga tertentu yang bisa dijadikan hobinya. Setelah anak mempunyai hobinya, bantu anak menekuni hobinya karena seringkali terdapat istilah olahraga yang menggunakan bahasa inggris. Anda bisa menerjemaahkan dan memberi pemahaman tentang istilah tersebut.

hobi-menulis source: giphy.com

Bermain Musik

Musik selalu bisa mengeskpresikan perasaan siapapun, tak terkecuali anak. Menanamkan kesukaan anak terhadap musik tidak terlalu sulit karena anak senang dengan sesuatu yang menghibur. Orang tua bisa menyisipkan nilai pengetahuan seperti belajar bahasa inggris. Banyak sekali lagu belajar bahasa inggris untuk anak yang bisa orangtua dengarkan bersama anak. Alat musik juga melatih daya ingat anak dan menaikan selera seninya.

hobi-menulis source: giphy.com

Jalan – Jalan

Selain melepas penat dan rekreasi bersama keluarga. Mengajak anak jalan-jalan akan menambah keeratan dengan anak dan orang tua. Tujuan jalan-jalan bisa ke museum dan tempat wisata berbau alam, orang tua bisa kenalkan tentang koleksi museum dalam bahasa inggris, bisa juga situasi alam yang menyenangkan sehingga anak lebih bisa menerima nilai-nilai pengetahuan baru. Jalan-jalan juga bisa menyehatkan karena menghirup udara yang masih segar agar segala kebosanan di rumah dan sekolah bisa hilang.

hobi-menulis source: giphy.com

Hobi diatas erat dengan kegiatan sehari-hari. Orang tua bisa saja menyisipkan nilai positif dalam hobi anak, karena anak secara tidak langsung sudah mempelajari bahasa inggris dan bisa juga pengetahuan lainnya. Namun orang tua harus selalu memantau perkembangan hobi anak agar terarah dengan baik dan mampu menyiapkan dengan baik.

Baca Juga :

 

Instagram
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google