Tips Mencari Guru Les Privat untuk Anak yang Berkualitas

guru-les-privat

Moms and Dads tentunya ingin agar si Kecil selalu berkembang dan maksimal di setiap mata pelajaran di sekolah, bukan? Salah satu solusi paling tepat ketika anak sedang sibuk dan kewalahan dengan pelajaran di sekolah adalah mencarikan guru les privat untuk mereka. Namun, sebelum mencari guru les privat untuk anak, Moms and Dads perlu mengetahui terlebih dahulu manfaat atau pentingnya kenapa anak harus les privat?

Nah di artikel ini, Moms and Dads akan diajak untuk berkenalan lebih jauh tentang apa itu les privat dan gimana cara memilih guru les privat yang baik untuk anak. So, stay tuned ya, Moms!

Table of Contents

Apa Itu Les Privat?

Les privat adalah pelajaran tambahan di luar sekolah bersama dengan seorang guru dengan mekanisme pembelajaran yang lebih intens. Jam belajar untuk les privat sendiri, biasanya akan diatur dan disesuaikan dengan waktu yang dimiliki oleh anak. 

Dalam les privat, anak bisa mengulang materi pelajaran tertentu yang belum mereka pahami di sekolah. Misalnya, anak ingin lebih fokus belajar tentang Bahasa Inggris atau Kimia, maka Moms and dads bisa mencarikan guru les privat yang terpercaya di bidang materi tersebut.

Manfaat Les Privat untuk Anak

Kenapa harus les privat? Apa sih pentingnya les privat untuk anak? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat dan pentingnya les privat bagi anak-anak

(1) Meningkatkan Semangat Belajar

Les privat bisa membantu meningkatkan semangat dan antusiasme belajar anak menjadi jauh lebih tinggi. Mengapa demikian? Ketika anak belajar sendirian, mereka akan mudah merasa bosan dan enggan. Namun, ketika mereka belajar bersama guru les privat, kegiatan belajar akan berlangsung secara dua arah dan akan lebih seru. Anak juga pasti akan lebih banyak bertanya dan aktif.

(2) Anak Dapat Belajar Lebih Fokus

Belajar secara intens one on one dengan guru les privat, pastinya akan membuat konsentrasi dan fokus anak bisa lebih terarah. Mengingat fokus adalah hal paling penting yang dibutuhkan oleh anak saat proses belajar, maka hal ini tentunya akan membantu mereka lebih mudah menyerap materi pelajaran.

(3) Mampu Memahami Materi Lebih Mendalam

Yap Moms! Les privat juga dapat membantu anak mampu memahami materi pelajaran lebih mendalam. Bersama dengan guru lesnya, anak bisa menceritakan dan membagikan keluh kesah mereka tentang materi yang tidak diketahui. Guru les privat juga pasti dengan senang hati akan menjelaskan ulang materi tersebut. Bahkan, dengan les privat anak juga bisa belajar materi yang belum dipelajari di sekolah.

(4) Meningkatkan Nilai Akademis Anak

Ketika anak sudah mampu memahami materi dengan baik, nilai akademis yang memuaskan tentunya sudah ada dalam genggaman. Mereka juga pasti akan diberi arahan oleh guru les privat sebelum melaksanakan ulangan atau ujian. Nilai akademis yang bagus bisa menjadi bekal bagi anak untuk mempersiapkan pendaftaran ke jenjang pendidikan berikutnya.

(5) Belajar Lebih Nyaman dan Efektif 

Belajar bersama guru les privat akan lebih nyaman dan efektif bagi anak. Mereka bisa belajar di rumah atau di tempat mana pun yang menurutnya nyaman, tentunya dibarengi juga dengan waktu yang fleksibel. Proses belajar juga akan lebih efektif dan seru untuk anak.

Baca juga : 11 Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi Anak agar Semakin Cerdas

Cara Memilih Guru Les Privat untuk Anak

Sebelum memilih guru les privat untuk anak, Moms and Dads perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana sih tips atau cara memilih guru les privat yang baik untuk anak? Dengan tips-tips berikut, Moms and Dads bisa terhindari dari guru les privat yang tidak profesional. Yuk, langsung saja cek tips-tips di bawah!

(1) Cari Tahu Kualifikasi dan Pengalaman Guru Les Privat

Hal pertama yang harus Moms and Dads lakukan sebelum memilih guru les privat adalah mencari tahu kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki. Apakah guru les tersebut sudah memenuhi kualifikasi dan standar akademik yang dibutuhkan anak? Moms bisa coba cek dari latar belakang pendidikan, prestasi, dan kompetensi. Jangan lupa juga untuk mencari tahu pengalaman mengajarnya sebelumnya. Alangkah lebih baik jika guru les privat sudah memiliki pengalaman beberapa tahun untuk mengajar materi yang sama.

(2) Pahami Kebutuhan Anak

Apa sih yang dibutuhkan anak? Apakah anak membutuhkan les privat di bidang akademik atau bidang lainnya? Hal ini juga sangat penting untuk dipertimbangkan Moms, sebelum memilih guru les privat, pastikan Moms mengetahui apa saja daftar les untuk anak sesuai dengan yang dibutuhkan dan apa tujuan daripada les tersebut. Misalnya, Moms bisa memilih guru les privat yang untuk mater pelajaran yang masih kurang dipahami si Kecil, hal tersebut ditujukan agar anak bisa mencapai nilai yang memuaskan di mata pelajaran yang bersangkutan.

(3) Minta Rekomendasi

Kalau Moms and Dads masih bingung dan ragu, kalian bisa lho minta rekomendasi langsung dari orang-orang terpercaya. Kalian bisa meminta rekomendasi dari guru di sekolah, wali murid lain, atau teman dan rekan kerja. Meminta rekomendasi adalah salah satu cara paling aman dalam memilih guru les privat karena Moms bisa mendapatkan testimonial langsung dari mereka.

(4) Mampu Beradaptasi dan Berkomunikasi dengan Anak

Carilah guru les privat yang mampu beradaptasi dan berkomunikasi dengan anak. Pengenalan dan adaptasi yang baik akan membuat anak lebih mudah dan nyaman belajar dengan guru les privat barunya. Sedangkan komunikasi sangat penting terutama untuk hal yang berkaitan dengan penyampaian materi pelajaran.

(5) Berikan Waktu Percobaan

Cara memilih guru les privat selanjutnya adalah dengan cara memberikan waktu percobaan. Jika Moms and Dads masih belum yakin, Moms bisa untuk meminta waktu percobaan terlebih dahulu selama satu bulan. Nah, selama itu Moms and Dads bisa melihat bagaimana kinerja guru les privat dan bagaimana perkembangan si Kecil akan materi yang diajarkan.

Baca juga : Tips Memilih Sekolah untuk Anak yang Tepat, Pertimbangkan dari Sekarang

Cara Mengatasi Guru Les Privat yang Tidak Profesional

Dalam proses perjalanan les privat, terkadang ada beberapa kendala dan hal-hal yang tak terduga, salah satunya adalah guru les privat yang tidak profesional. Nah, berikut ini ada beberapa cara mengatasi guru les privat yang tidak profesional. 

(1) Memberlakukan Peraturan atau Kontrak

Yang pertama adalah memberikan peraturan atau kontrak tertulis pada guru les privat. Tuangkan beberapa isi penting, seperti jam mengajar, lamanya waktu mengjar, dan hari-hari belajar. Tulis juga beberapa peraturan lain, misalnya 

jika guru les privat tidak bisa datang, maka harus ada konfirmasi terlebih dahulu dan ganti hari. Mereka tentunya akan lebih bersikap profesional karena sudah ada kontrak tertulis yang ditandatangani dan disetujui oleh kedua belah pihak.

(2) Jalin Hubungan yang Baik

Menjalin hubungan baik sangat penting bagi siapa pun, termasuk juga dengan guru les si Kecil. Jalinlah ikatan hubungan yang lebih luwes daripada hanya sekedar guru dan wali murid. Moms and Dads juga bisa sharing beberapa hal yang berkaitan dengan pembelajaran dengan guru les. Dengan hubungan yang baik, pasti akan terjalin pula hubungan profesionalitas kerja.

(3) Bersikap Baik namun Tegas

Poin yang ketiga ini sedikit banyak berkaitan dengan poin kedua. Untuk mengatasi guru les privat yang tidak profesional, Moms bisa memberlakukan sikap baik, namun tegas. Dengan begitu, para guru les privat akan lebih segan dan menghargai apa yang harus menjadi tanggung jawabnya.

Itulah beberapa manfaat les privat dan tips mencari guru les privat yang baik untuk anak. Buat Moms and dads yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan anak di bidang bahasa Inggris, yuk coba cek kelas bahasa Inggris anak di Cakap! Di sana ada beberapa pilihan kelas yang menarik baik private maupun secara grup, lho Moms!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.