12 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil

Apa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang? Terbatasnya aktivitas karena punya anak kecil menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi ibu rumah tangga yang ingin produktif secara ekonomi. Meski demikian, Moms tidak usaha khawatir karena sebenarnya ada banyak pilihan peluang bisnis dan usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. 

Lantas, kerja apa yang bisa sambil ngurus anak? Jawaban dari pertanyaan ini akan dijabarkan dalam artikel 12 ide usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil berikut ini. Bagi ibu rumah tangga yang punya anak kecil namun tetap ingin produktif dan menghasilkan uang, baca artikelnya sampai habis, ya!

Table of Contents

Jualan Pulsa

Jualan pulsa merupakan salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan smartphone, Moms dapat menjual pulsa secara online maupun offline dan meraup penghasilan setiap harinya.

Usaha ini mudah untuk dilakukan dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat, terutama jika Moms tinggal di daerah pedesaan. Hal ini dikarenakan pulsa telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang untuk melakukan komunikasi hingga berbagai transaksi lainnya.  

Membuka Toko Kelontong

Berikutnya usaha untuk ibu rumah tangga yang memiliki anak adalah membuka toko kelontong. Toko kelontong hampir tidak ada matinya dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat sehingga dapat menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan.

Moms dapat menjual berbagai kebutuhan pokok seperti sembako, berbagai jenis sabun, bumbu dapur hingga berbagai jenis jajanan. Usaha ini tidak menuntut perhatian penuh sepanjang hari dan dapat dilakukan sembari melakukan berbagai pekerjaan lainnya di rumah. 

Usaha Kos-kosan atau Kontrakan

Menyediakan kos ataupun kontrakan juga dapat menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil. Moms hanya perlu menyediakan tempat yang layak untuk dihuni dan menerima pembayaran tiap bulannya dari penyewa. 

Usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar sehingga tidak semua orang dapat melakukannya. Namun khusus untuk usaha kos-kosan Moms dapat memulainya tanpa modal sama sekali dengan memanfaatkan kamar kosong yang ada di rumah. 

pekerjaan untuk ibu rumah tangga
Image by Freepik

Usaha Kerajinan Tangan

Membuat dan menjual berbagai jenis kerajinan tangan seperti produk rajutan dan beragam aksesoris dapat menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan tangan pun umumnya mudah dan murah didapat.

Meskipun membutuhkan keterampilan khusus, Moms dapat mempelajarinya melalui video tutorial yang dapat diakses gratis dari YouTube. Sementara itu, untuk memasarkan produk yang siap dijual, Moms dapat mempromosikannya di berbagai media sosial yang dimiliki. 

Laundry

Jasa laundry banyak dibutuhkan terutama di daerah perkotaan yang masyarakatnya amat sibuk bekerja. Moms dapat menargetkan para pekerja kantoran maupun mahasiswa yang memiliki tingkat kesibukan tinggi sehingga tidak sempat mencuci pakaian sendiri.

Meskipun usaha ini membutuhkan modal yang lumayan, keuntungan yang didapat juga menjanjikan. Moms akan membutuhkan peralatan seperti mesin cuci, timbangan, pewangi pakaian, hanger, plastik pembungkus pakaian, dan lain-lain.

Lihat panduan: Usaha Laundry untuk Pemula: Jenis, Modal, Cara Memulai Bisnis

Dropship

Menjadi seorang dropshipper dapat jadi salah satu opsi usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Hal ini dikarenakan bisnis ini mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal usaha yang besar selain ketersediaan kuota atau paket internet. 

Dropship adalah kegiatan menjual barang milik orang lain namun nantinya Moms akan mendapatkan komisi dari penjualan barang tersebut. Bisnis ini hampir tidak memiliki kerugian sama sekali namun untung yang didapat juga tidak terlalu besar.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah promosi produk atau layanan dari perusahaan lain melalui tautan unik yang Moms bagikan. Jika seseorang membeli melalui tautan tersebut, Moms akan mendapatkan komisi. 

Ini bisa menjadi pilihan baik karena Moms dapat mengatur waktu untuk melakukan promosi, bahkan saat merawat sang buah hati. Moms perlu fokus pada memilih produk yang relevan dengan audiens dan memiliki potensi penjualan yang baik.

Moms tertarik untuk menyebar dampak positif, memperluas relasi, sembari mendapatkan komisi? Cek dulu program Duta Cakap disini, yuk!

Reseller

Seperti namanya, menjadi reseller berarti menjual kembali produk jadi dari pihak lain. Moms bisa mendapatkan produk fashion atau produk lainnya dari penjual tangan pertama yang menawarkan harga khusus reseller. 

Berbeda dengan dropshipping, Moms mungkin harus tetap menyimpan barang di rumah dan membungkusnya kembali jika ada yang membeli. Dengan menjadi reseller, Moms bisa melihat langsung produknya sehingga dapat memastikan kualitas sebelum dijual lagi. 

pekerjaan ibu sambil mengurus anak
Image by pikisuperstar on Freepik

Jasa Menulis

Jika Moms memiliki kemampuan menulis yang baik, Moms bisa menawarkan jasa menulis artikel, konten blog, atau karya tulis lainnya untuk perusahaan maupun individu. Moms dapat bekerja dari rumah dan mengatur jadwal sesuai waktu luang Moms.

Moms bisa mencari kesempatan di berbagai situs freelance di mana Moms bisa menemukan mereka yang mencari jasa menulis. Pekerjaan ini juga terbilang fleksibel karena Moms bisa mengerjakannya sambil menjaga si Kecil di rumah. 

Baca juga: 10 Jenis Kerja Online Mengetik Menjanjikan yang Mudah untuk Siapapun

Jasa Desain Grafis

Jika Moms memiliki keterampilan dalam desain grafis, Moms dapat menawarkan layanan desain untuk logo, poster, brosur, dan materi promosi lainnya. Pekerjaan ini dapat diselesaikan jarak jauh, sehingga Moms dapat bekerja dari rumah dan mengatur waktu. 

Sama seperti jasa menulis, jasa desain grafis juga bisa Moms tawarkan secara online di berbagai situs freelance. Moms bisa melakukan komunikasi dengan calon klien di sana untuk mencapai kesepakatan harga dan juga tenggat waktunya. 

Jualan Perlengkapan Bayi

Jika Moms tertarik dengan bidang perlengkapan bayi, Moms bisa memulai bisnis menjual perlengkapan bayi secara online atau offline. Moms bisa menjual melalui platform e-commerce atau bahkan membuat toko online sendiri. 

Pengalaman sebagai ibu dengan anak kecil dapat membantu Moms lebih memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Moms tetap bisa mengurus si Kecil dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara ini. 

Jualan Makanan

Jika Moms memiliki kemampuan dalam memasak, Moms juga punya pilihan untuk memulai bisnis katering atau menjual makanan rumahan. Moms bisa menerima pesanan kue, makanan ringan, atau makanan siap saji untuk acara-acara kecil di sekitar rumah. 

Selain itu, Moms bisa membuat sistem pre-order sehingga bebas dari kendala makanan tidak habis atau tidak laku terjual. Hal ini tentunya akan lebih efisien baik secara waktu, tenaga, maupun modal usaha sehingga Moms bisa lebih memperkirakan keuntungan yang didapat.

Nah, demikianlah beberapa peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para ibu rumah tangga yang ingin tetap produktif dengan memulai usaha sampingan di rumah. Penghasilan tambahan yang didapat nantinya juga bisa digunakan untuk kursus bahasa Inggris anak di Cakap, lho. Semangat selalu ya, Moms! 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.