7 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil

Apa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang? Terbatasnya aktivitas karena punya anak kecil menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi ibu rumah tangga yang ingin produktif secara ekonomi. Meski demikian, Moms tidak usaha khawatir karena sebenarnya ada banyak pilihan usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. 

Lantas, kerja apa yang bisa sambil ngurus anak? Jawaban dari pertanyaan ini akan dijabarkan dalam artikel 7 ide usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil berikut ini. Bagi ibu rumah tangga yang punya anak kecil namun tetap ingin produktif dan menghasilkan uang, baca artikelnya sampai habis, ya!

Table of Contents

Jualan Pulsa

Jualan pulsa merupakan salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan smartphone, Moms dapat menjual pulsa secara online maupun offline dan meraup penghasilan setiap harinya.

Usaha ini mudah untuk dilakukan dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat, terutama jika Moms tinggal di daerah pedesaan. Hal ini dikarenakan pulsa telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang untuk melakukan komunikasi hingga berbagai transaksi lainnya.  

Membuka Toko Kelontong

Berikutnya usaha untuk ibu rumah tangga yang memiliki anak adalah membuka toko kelontong. Toko kelontong hampir tidak ada matinya dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat sehingga dapat menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan.

Moms dapat menjual berbagai kebutuhan pokok seperti sembako, berbagai jenis sabun, bumbu dapur hingga berbagai jenis jajanan. Usaha ini tidak menuntut perhatian penuh sepanjang hari dan dapat dilakukan sembari melakukan berbagai pekerjaan lainnya di rumah. 

Usaha Kos-kosan atau Kontrakan

Menyediakan kos ataupun kontrakan juga dapat menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil. Moms hanya perlu menyediakan tempat yang layak untuk dihuni dan menerima pembayaran tiap bulannya dari penyewa. 

Usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar sehingga tidak semua orang dapat melakukannya. Namun khusus untuk usaha kos-kosan Moms dapat memulainya tanpa modal sama sekali dengan memanfaatkan kamar kosong yang ada di rumah. 

Usaha Kerajinan Tangan

Membuat dan menjual berbagai jenis kerajinan tangan seperti produk rajutan dan beragam aksesoris dapat menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan tangan pun umumnya mudah dan murah didapat.

Meskipun membutuhkan keterampilan khusus, Moms dapat mempelajarinya melalui video tutorial yang dapat diakses gratis dari YouTube. Sementara itu, untuk memasarkan produk yang siap dijual, Moms dapat mempromosikannya di berbagai media sosial yang dimiliki. 

Laundry

Jasa laundry banyak dibutuhkan terutama di daerah perkotaan yang masyarakatnya amat sibuk bekerja. Moms dapat menargetkan para pekerja kantoran maupun mahasiswa yang memiliki tingkat kesibukan tinggi sehingga tidak sempat mencuci pakaian sendiri.

Meskipun usaha ini membutuhkan modal yang lumayan, keuntungan yang didapat juga menjanjikan. Moms akan membutuhkan peralatan seperti mesin cuci, timbangan, pewangi pakaian, hanger, plastik pembungkus pakaian, dan lain-lain.

Menjadi Freelancer

Jika Moms memiliki keterampilan khusus seperti kepenulisan dan desain grafis, Moms juga dapat menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas. Saat ini banyak lowongan pekerja lepas yang tersedia untuk berbagai pekerjaan tersebut yang informasinya dapat diakses di internet. 

Moms perlu mencantumkan portofolio untuk membuktikan keterampilan dan menunjukkan hasil karya yang pernah dibuat. Pendapatan untuk pekerjaan lepas seperti ini bisa sangat menghasilkan sebagai usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. 

Dropship

Menjadi seorang dropshipper dapat jadi salah satu opsi usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Hal ini dikarenakan bisnis ini mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal usaha yang besar selain ketersediaan kuota atau paket internet. 

Dropship adalah kegiatan menjual barang milik orang lain namun nantinya Moms akan mendapatkan komisi dari penjualan barang tersebut. Bisnis ini hampir tidak memiliki kerugian sama sekali namun untung yang didapat juga tidak terlalu besar.

Nah, demikianlah beberapa peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para ibu rumah tangga yang ingin tetap produktif dengan memulai usaha sampingan di rumah. Penghasilan tambahan yang didapat nantinya juga bisa digunakan untuk kursus bahasa Inggris anak di Cakap, lho. Semangat selalu ya, Moms! 

Referensi:

  • Magnate.id
  • blog.evermos.com
  • ukmsumut.com

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.