Tips Memilih Sekolah untuk Anak yang Tepat, Pertimbangkan dari Sekarang

memilih-sekolah-untuk-anak

Memilih sekolah untuk anak usia dini menjadi salah satu momen penting yang nggak boleh dilewati tanpa pertimbangan yang matang. Sebagai orang tua yang bijak, Moms and Dads perlu memperhatikan dengan cermat sekolah yang nantinya akan jadi tempat belajar untuk anak.

Maka dari itu, wajib bagi para parent untuk mengetahui tips memilih sekolah yang tepat untuk anak. Yuk, lihat kiat-kiat memilih sekolah untuk pendidikan pertama anak!

Table of Contents

Tips Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak PAUD, TK, dan SD

Bagi orang tua yang baru akan menyekolahkan anaknya di jenjang PAUD, TK, atau SD, kalian perlu mencatat tips memilih sekolah untuk anak berikut ini!

(1) Kualitas dan Kuantitas Tenaga Pengajar

Tips memilih sekolah untuk anak yang satu ini benar-benar harus menjadi concern khusus. Hal tersebut dikarenakan tenaga pengajar adalah orang yang nantinya akan mendidik, menyampaikan materi, dan berinteraksi langsung dengan anak. Maka sebelum memilih sekolah untuk anak usia dini, Moms and Dads perlu tahu dulu kualitas dan kuantitas tenaga pendidik. Jangan lupa pula, untuk mencari tahu akreditasi sekolah ya, Moms.  

(2) Pilih Lokasi Sekolah yang Tepat

Jarak tempuh dari rumah ke sekolah juga sangat penting untuk dipertimbangkan lho, Moms. Sebisa mungkin carilah sekolahan yang jaraknya dekat dengan rumah.

Lokasi sekolah yang terlalu jauh dari rumah, bisa membuat anak kelelahan dalam perjalanan, sehingga nantinya anak bisa kurang fokus di sekolah.

(3) Cari Tahu Karakter Siswa di Sekolah Tujuan

Mencari tahu karakter siswa adalah tips memilih sekolah untuk anak selanjutnya. Mengapa hal itu penting? Murid-murid di sekolah adalah anak-anak yang nantinya akan menjadi teman dan akan berinteraksi secara langsung dengan anak.

Tentu saja Moms and Dads ingin si Kecil memiliki teman sekolah yang berkualitas dan baik, bukan? Nah, makanya penting banget nih Moms cari tahu karakter siswa di sekolah tujuan sebelum melabuhkan pilihan.

(4) Pastikan Biaya Sekolah Bisa Dijangkau

Meskipun ada pepatah yang mengatakan “soal uang bisa dicari”, tapi tetap saja ya Moms untuk berjaga-jaga, carilah sekolah dengan biaya yang bisa dijangkau oleh keuangan kalian.

Jangan sampai memaksakan diri dan ujung-ujungnya kalau nggak mampu bayar anak jadi putus sekolah.

(5) Fasilitas, Keamanan, dan Kenyamanan Lingkungan Sekolah

Sebelum memilih sekolah untuk anak, cek dulu ya Moms fasilitas, keamanan, dan tingkat kenyaman di sekolah tersebut. Fasilitas yang umumnya harus dimiliki sekolah adalah perpustakaan, ruang kelas yang nyaman, toilet, kantin, dan lain-lain.

Lalu, untuk kenyamanan lingkungan, bisa dicari tahu dari tingkat kebersihan sekolah, keramahan, dan kesopanan para warga sekolahnya.

Cara Membujuk Anak Agar Mau Sekolah

Para parents yang baru punya pengalaman pertama untuk menyekolahkan anak di bangku TK atau SD, mungkin masih sedikit bingung tentang bagaimana cara yang tepat untuk membujuk anak agar mau sekolah. Apalagi kalau si Kecil agak rewel dan enggan untuk bersekolah. Yuk, cari tahu caranya untuk membujuk anak agar mau sekolah!

(1) Bicarakan Baik-Baik dan Beri Pengertian

Saat anak memasuki usia yang cukup untuk masuk sekolah, Moms and Dads perlu mengajak untuk berbicara dari hari ke hati tentang bagaimana mereka harus masuk sekolah. Beri anak pengertian dan mulai mengenalkan dunia sekolah kepada anak.

(2) Ceritakan Hal-Hal yang Menyenangkan tentang Sekolah

Mungkin ada rasa takut dan enggan dibenak anak-anak saat akan masuk sekolah untuk pertama kali. Maka dari itu, untuk menghilangkan rasa takut dan anggapan yang menyeramkan tentang sekolah di benak anak.

Moms and Dads perlu menceritakan hal-hal yang menyenangkan tentang sekolah. Mungkin Moms bisa cerita tentang serunya mendapatkan teman baru atau serunya belajar bersama banyak teman.

(3) Berikan Alasan Kenapa Anak Harus Bersekolah

Cara membujuk anak agar mau sekolah yang satu ini memang sudah seharusnya dilakukan oleh para orang tua. Sebelum memasuki usia sekolah, Moms and Dads perlu mengadakan pembicaraan ringan tentang alasan kenapa anak harus bersekolah, tentang kenapa sekolah itu penting? Moms and Dads bisa memberikan pemahaman bahwa sekolah sangat penting untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi, serta guna mendapatkan pendidikan moral dan akademik.

Sekolah yang Ideal untuk Anak, Seperti Apa sih?

Setiap orang tua tentu ingin memilih sekolah yang ideal untuk anak-anaknya. Namun, Moms and Dads sudah tahu belum sih seperti apa sekolah yang ideal itu? Berikut penjelasannya!

(1) Menggali dan Mendukung Bakat dan Minat Anak

Salah satu hal yang dimiliki oleh sekolah ideal adalah mampu mengenali dan mendukung bakat murid-muridnya. Setiap anak memiliki bakat dan keunikan yang berbeda. Dengan mengenali bakat anak, guru bisa lebih fokus mengarahkan anak pada hal-hal yang sesuai dengan minat mereka.

(2) Membantu Parents Mencapai Tujuan Pendidikan Muridnya

Sekolah yang baik adalah sekolah yang para guru dan tenaga penyokongnya mampu membantu anak mencapai tujuan pendidikannya. Misalnya, para orang tua ingin anak-anak bisa berprestasi di bidang akademik dan bisa lebih mandiri, maka sekolah akan membantu orang tua untuk mencapai hal tersebut dengan cara meningkatkan kualitas tenaga pengajar dan memberikan tugas-tugas yang dapat melatih anak menjadi pribadi yang lebih mandiri.

(3) Memperhatikan Perkembangan dan Kebutuhan Psikologis Anak

Moms, sebisa mungkin carilah sekolah ideal yang dapat dipercaya dan selalu memperhatikan kebutuhan psikologis dan perkembangan anak. Sekolah yang ideal akan membantu anak untuk selalu berkembang, baik dalam kemampuan kognitif, bahasa, sosial, maupun empatinya.

Nah Moms, itu dia tips memilih sekolah yang cocok untuk anak. So, alangkah baiknya, sebelum menentukan pilihan sekolah untuk anak, cek tips-tips di atas dulu ya, Moms!

Nah, teruntuk Moms and Dads yang ingin anaknya jago berbahasa Inggris sejak dini, bisa banget nih daftarin si Kecil di starter kit bahasa inggris untuk anak.  Dengan metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan, dijamin deh belajar bahasa Inggris nggak akan membosankan.

Referensi:
-cherishacdemy.sch.id
-id.tehasianparent.com
-parenting.co.id
-cermati.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.