10 Peluang Bisnis yang Bagus untuk Pemula dan Menguntungkan

peluang bisnis 2023
Image by Freepik

Melihat peluang bisnis yang menguntungkan saat ini bisa menjadi salah satu langkah yang wajib diperhatikan sebelum memulai bisnis. Dari banyaknya peluang, kamu bisa memilih terlebih dahulu mana yang sekiranya akan cocok untuk kamu dan lingkungan di sekitarmu. Ada apa saja peluang bisnis terbaru yang bisa kamu pilih? Cek selengkapnya pada artikel berikut!

Table of Contents

Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Selain membuka usaha berdasarkan minat dan bakat, kamu sebaiknya juga memperhatikan apa saja jenis usaha yang sedang trend belakangan ini agar peluang untuk sukses jadi lebih besar. 

1. Bisnis Fashion dan Aksesoris

Bisnis fashion dan aksesoris merupakan salah satu peluang bisnis 2023 yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan kebutuhan untuk tampil gaya telah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam gaya hidup manusia modern. Oleh karena itu, permintaan akan produk fashion dan aksesoris yang up-to-date akan selalu diminati oleh masyarakat.

2. Bisnis Kecantikan

Produk dan jasa terkait perawatan wajah belakangan sangat diminati oleh masyarakat seiring dengan meningkatnya kesadaran untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Maka dari itu bisnis yang berkaitan dengan produk-produk perawatan kulit dan kecantikan merupakan peluang bisnis yang amat menjanjikan dan layak untuk dicoba. 

3. Bisnis F&B

F&B adalah kependekan dari “Food and Beverage” yaitu bisnis yang berkaitan dengan makanan dan minuman. Bisnis ini merupakan salah satu jenis usaha yang tidak akan ada matinya. Namun untuk meningkatkan peluang kesuksesan, kamu wajib mencoba berbagai ide-ide baru yang berbeda dengan para kompetitor. Dengan terus mengikuti tren dan preferensi audiens kamu bisa memberikan nilai tambah terhadap konsumen. Contoh bisnis F&B yang sedang banyak disenangi misalnya seperti  bisnis rice bowl, rice box, minuman boba atau kopi kekinian.

Baca juga: Elemen dan Contoh Bisnis Model Canvas Minuman Sederhana

4. Bisnis Pet Kit

Bagi sebagian orang, hewan peliharaan adalah bagian dari anggota keluarga sehingga mereka rela mengeluarkan biaya yang besar untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Hal ini dapat kamu jadikan peluang usaha dengan cara menjual berbagai kebutuhan hewan peliharaan atau pet kit seperti makanan, kandang, hingga mainan.

5. Bisnis Tour dan Travel

Pandemi Covid-19 kini sudah mulai terkendali sehingga berbagai destinasi wisata dalam dan luar negeri kembali dibuka. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap bisnis tour dan travel yang sempat mati suri akibat pandemi. Belakangan bisnis travel dengan konsep open trip juga banyak dicari oleh traveler dengan dana terbatas, lho.  

6. Bisnis Freelance

Menjadi seorang pekerja lepas atau freelance adalah salah satu ide bisnis 2023 yang cukup menjanjikan. Saat ini ada banyak situs yang menyediakan lowongan freelance yang bisa kamu coba. Jenis pekerjaannya pun beragam mulai dari penulis konten, penerjemah, data entry dan lain-lain yang dapat kamu pilih sesuai keahlian. 

Baca juga: 10 Kerja Freelance untuk Mahasiswa dan Cara Mendapatkannya

7. Jasa Desain Grafis

Saat ini ada banyak brand atau perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk barang-barang yang mereka produksi. Maka dari itu apabila kamu memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang desain grafis maka ini dapat kamu jadikan peluang usaha yang menguntungkan. 

8. Jasa Pembuatan Website

Jika kamu mampu untuk membuat sebuah website maka kamu dapat menyediakan jasa pembuatannya kepada wirausahawan. Ada banyak wirausahawan kecil hingga menengah yang membutuhkan website khusus untuk memasarkan produknya di tengah era digital saat ini. 

Baca panduan : Cara Membuat Website Jualan Toko Online Gratis untuk Pemula

9. Kursus Online

Apakah kamu memiliki keahlian dalam bidang tertentu? Jika iya kamu bisa lho mengajarkan keahlian tersebut secara online dan dibayar. Ada banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis kursus online. Kamu juga bisa bergabung sebagai pengajar di platform online yang menawarkan kursus bahasa asing. 

10. Toko Online

Pandemi membuat banyak pedagang yang mulai menjual berbagai barang dagangannya secara online dengan cara memanfaatkan berbagai platform yang tersedia. Selain kecenderungan masyarakat yang berubah, memiliki toko online juga membutuhkan sedikit modal karena kamu tidak harus menyewa tempat untuk berjualan. 

Baca juga: 8 Tips Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Belajar Membangun Bisnis untuk Pemula bersama Ahlinya di Cakap

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula

Nah, sebelum kamu mengeksekusi peluang bisnis 2023 di atas, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar bisnismu berjalan baik dan bertahan lama. Berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu coba dan terapkan sebelum memulai bisnis. 

1. Riset

Sebelum memulai sebuah usaha pertama kali kamu harus melakukan riset. Hal penting yang harus kamu riset adalah informasi tentang hal-hal yang sedang trend di tengah masyarakat saat ini. Hal ini bertujuan untuk menentukan apa ide bisnis yang menguntungkan untuk kamu coba.

2. Tentukan target pasar

Setelah yakin dengan ide bisnis yang akan kamu jalankan, berikutnya kamu harus menentukan target pasar. Tujuannya adalah agar bisnis yang kamu jalankan memiliki fokus yang jelas sehingga kamu bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat. Semakin spesifik target pasar bisnis milikmu, peluang sukses pun semakin besar. 

3. Analisis kompetitor

Dengan menganalisis kompetitor kamu dapat mengetahui apa saja kelemahan dari produk yang dimiliki oleh mereka. Hal ini lantas dapat kamu manfaatkan untuk menciptakan produk yang unik dan lebih baik secara kualitas dengan cara mengisi kelemahan tersebut. 

4. Buat rencana bisnis

Rencana bisnis yang matang akan membuatmu memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan sebuah bisnis. Adapun rencana bisnis yang baik terdiri dari rancangan anggaran, rencana pemasaran, dan program kerja yang rinci dan jelas. Rencana bisnis ini juga dapat kamu jadikan sebagai bahan evaluasi nantinya. 

Nah, demikianlah beberapa peluang bisnis terbaru dan juga tips bagi kamu yang ingin memulainya. Selain menambah wawasanmu dengan membaca berbagai artikel terkait bisnis di blog Cakap, kamu juga bisa mengambil kelas bisnis di Cakap Upskill, lho. Kunjungi Cakap Upskill sekarang dan cari kursus bisnis yang paling sesuai dengan kebutuhanmu! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.