Elemen dan Contoh Bisnis Model Canvas Minuman Sederhana

contoh bisnis model canvas bisnis minuman
Image by pressfoto on Freepik

Bisnis model canvas merupakan sebuah template yang berisi visual dengan sembilan blok yang mendeskripsikan proporsi nilai produk bisnis, termasuk bisnis minuman. Sebagai salah satu bisnis anak muda kekinian, kita akan menggunakan contoh bisnis model canvas minuman dengan contoh coffee shop “Coffee Nusantara”. Bagi Sobat Cakap yang ingin mencoba bisnis minuman, simak artikel ini sampai habis, ya! 

Table of Contents

Contoh Penerapan Bisnis Model Canvas dalam Bisnis Minuman 

Berikut adalah penerapan masing-masing elemen dalam bisnis model canvas. 

Key Partners

Key partners adalah pihak atau mitra utama yang dapat menjadi penyedia bahan baku yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu bisnis. Nah, untuk memulai sebuah bisnis coffee shop, kamu bisa mencari supplier biji kopi dari berbagai daerah dengan keunikannya masing-masing. Kamu bisa mencari satu supplier utama yang menyediakan berbagai jenis kopi, maupun mencari beberapa supplier yang berbeda. 

Key Activities

Key activities adalah aktivitas utama yang dilakukan oleh suatu bisnis atau perusahaan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen. Key activities memiliki tiga kategori, yaitu: 

  • Produk

Produk yang kamu jual adalah minuman kopi yang memiliki ciri khas dari tiap daerah yang ada di Nusantara (Indonesia). 

  • Pemecahan Masalah

Kamu harus menemukan supplier yang menyediakan berbagai jenis kopi dari berbagai daerah. Atau kamu juga bisa membangun relasi dengan petani kopi dari tiap daerah secara langsung. 

  • Jaringan

Dalam menjalankan bisnis minuman kopi ini, kamu perlu membangun jaringan dengan berbagai orang, seperti: supplier, petani kopi, dll. 

Value Proposition

Value proposition adalah bagaimana suatu produk/jasa memiliki nilai istimewa di mata konsumen, sehingga lebih dipilih dibandingkan produk/jasa sejenis. Nilai yang kamu miliki dalam bisnis minuman kopi ini adalah kekhasan yang ada dalam tiap biji kopi. Berbeda dengan bisnis minuman kopi lainnya, di sini kamu menjual kopi yang berasal dari berbagai daerah, dan tentunya setiap menu kopi yang kamu sajikan memiliki keunikan masing-masing daerah Nusantara. 

Customer Relationship

Dalam menjalankan suatu bisnis, kita perlu mengetahui dan mendekati konsumen atau calon konsumen kita dengan berbagai cara. Pada bisnis Coffee Nusantara ini, kamu bisa menarik perhatian calon konsumen dengan membuat kemasan gelas yang mendukung isinya. Misalnya, untuk menu Kopi Aceh, kamu bisa mengemasnya dalam gelas yang memiliki gambar “Rumoh Aceh” atau ciri khas lainnya dari daerah Aceh. 

Selain itu kamu juga bisa memberikan diskon dengan beberapa ketentuan, seperti setelah membeli 3 jenis kopi dari daerah Sumatera akan mendapatkan diskon 30% untuk pembelian khusus kopi dari daerah Jawa. Dengan begitu para pelanggan akan bersemangat untuk mencoba berbagai varian  kopi yang ada. 

bisnis model canvas
Image by pressfoto on Freepik

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskil

Customer Segment

Segmentasi konsumen adalah bagaimana kita mengetahui siapa yang akan menjadi target market dari produk/jasa yang ditawarkan. Target pasar dari Coffee Nusantara adalah kalangan anak muda yang menyukai packaging unik dan memiliki estetika agar menarik untuk diunggah ke media sosial mereka. Selain itu, para pecinta kopi lainnya dalam rentang usia 20–35 tentunya juga akan penasaran untuk mencoba rasa kopi dari setiap daerah di Nusantara.  

Key Resource

Sumber daya adalah aset yang dimiliki untuk mendukung segala aktivitas bisnis sehingga dapat terus berjalan dan beroperasi. Dalam menjalankan bisnis minuman kopi, tentunya kamu harus memiliki beberapa barang wajib seperti: Coffee Grinder, Drip Coffee Maker, dan lain-lain. 

Distribution Channel

Distribution channel adalah cara yang dilakukan oleh pemilik bisnis untuk mendekati konsumen untuk menarik perhatian mereka agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Saat ini, penerapan distribution channel yang paling banyak digunakan adalah sosial media, seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan platform lainnya. 

Cost Structure

Cost structure adalah skema finansial yang menentukan biaya operasional dari suatu bisnis. Bertujuan untuk memetakan apa saja biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan kegiatan bisnis minuman tersebut. Misalnya harga bahan baku, gaji karyawan, sewa tempat, dll. 

Revenue Stream

Revenue stream dalam bisnis model canvas minuman adalah berbagai macam sumber pendapatan dari bisnis yang dilakukan. Pendapatan utama diperoleh dari dari hasil menjual produk minuman ke pelanggan. Pendapatan tambahan juga bisa diperoleh dari menjual beberapa macam snack untuk teman minum kopi. 

Nah, demikianlah pembahasan mengenai sembilan blok elemen dari bisnis model canvas dalam bisnis minuman. Selain mencari tahu secara mandiri, Sobat Cakap juga bisa banget untuk belajar lebih banyak tentang berbisnis melalui kursus di Cakap Upskill. Ada banyak kelas terkait bisnis dan UMKM yang bisa kamu ambil dan pelajari, lho! Yuk, ambil kelasnya sekarang! 

Referensi: 

  • businessmodelanalyst.com
  • vizologi.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.