11 Ide Bisnis Anak Muda yang Menjanjikan & Menguntungkan

ide bisnis anak muda
Image by pressfoto on Freepik

Banyak ide bisnis anak muda yang menguntungkan jika dapat direalisasikan. Melihat kondisi saat ini, semakin banyak anak muda yang berminat untuk membuka sebuah usaha dibandingkan bekerja di satu perusahaan seumur hidup. Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi digital yang memudahkan pengusaha baru untuk memperkenalkan produk mereka sehingga kesempatan untuk sukses terbuka lebih lebar. 

Kira-kira apa saja ide bisnis yang cocok untuk anak muda Gen Z dan Milenial yang menguntungkan tahun ini? Yuk, jika ingin jadi pengusaha muda, simak artikel berikut untuk mengetahui berbagai ide usaha yang bisa kamu jadikan inspirasi!

Table of Contents

10 Ide Usaha Anak Muda yang Menjanjikan

Berikut adalah 10 ide bisnis anak muda yang mungkin cocok denganmu dan mungkin untuk kamu tekuni. 

1. Dropshipper

Dropshipper adalah salah satu ide bisnis anak muda yang sedang trend saat ini berkat maraknya jual beli online. Kamu hanya bertugas untuk mempromosikan dan menjualkan barang sementara stok dan pengiriman menjadi tanggung jawab supplier

Biasanya harga untuk dropship akan lebih murah daripada harga yang dikhususkan untuk pembeli biasa. Menjadi dropshipper sangat mudah karena hampir tidak membutuhkan modal barang atau alat. Tetapi agar lebih sukses, kamu perlu mengerti sistem dan belajar strategi dropship yang tepat.

Cek pilihan kelas online agar sukses dropship disini.

2. Jasa Perawatan dan Penitipan Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing yang lucu dan menggemaskan menjadi salah satu self healing yang efektif di kalangan anak muda. Pemilik pun tidak akan ragu untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk makanan hingga perawatan si hewan peliharaan.

Selain perawatan, kamu juga bisa sekaligus membuka jasa penitipan di mana para pemilik dapat menitipkan hewan peliharaannya untuk sementara waktu. Bisnis ini cukup menjanjikan untuk dicoba sebab kamu bisa memulainya dengan modal yang kecil dari rumah sendiri. 

3. Coffee Shop

Apabila kamu memiliki modal yang cukup besar maka membuka sebuah coffee shop kekinian yang bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong bisa kamu coba. Coffee shop belakangan jadi bisnis yang populer berkat meningkatnya budaya minum kopi di kalangan anak muda. 

Namun, perlu dipertimbangkan bahwa bisnis coffee shop adalah jenis bisnis yang sudah menjamur sehingga persaingannya pun amat ketat. Kamu harus mempertimbangkan lokasi dan target konsumen agar kesempatan sukses lebih besar.

ide usaha anak muda
Image by Freepik

4. Bisnis Kuliner Unik

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya, namun akan sulit bersaing jika kamu menjual produk yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu, kamu perlu menciptakan produk yang unik sehingga dapat bersaing di pasaran. 

Selain membuat kuliner yang enak-enak kamu juga dapat menjual produk kuliner yang menyasar segmen pasar tertentu. Misalnya kamu bisa saja menjual makanan sehat khusus untuk diet atau khusus vegan yang memiliki segmen pasarnya tersendiri. 

Lihat panduan : Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 yang Cepat Laku

5. Laundry

Laundry atau binatu kini jadi salah satu bisnis yang layak diperhitungkan serta menjanjikan dari segi pendapatannya. Terutama jika kamu tinggal di kota besar di mana banyak mahasiswa dan karyawan yang cenderung jarang mencuci pakaian sendiri. 

Untuk memulai usaha binatu, kamu membutuhkan modal yang cukup besar untuk mengadakan peralatan seperti mesin cuci, timbangan, dan sebagainya. Namun, kamu juga bisa mulai dengan modal yang kecil yaitu dengan menawarkan jasa laundry untuk tetangga sekitarmu. 

Lihat panduan : Usaha Laundry untuk Pemula – Jenis, Modal, Cara Memulai Bisnis

Mau Punya Bisnis Sendiri? Persiapkan Strateginya di Kursus Usaha Cakap Upskill

6. Jasa Fotografi

Smartphone memang mempermudah kita dalam mengambil foto, tetapi tidak semua orang bisa mengambil foto yang memiliki nilai estetika. Oleh karena itulah jasa fotografi adalah pilihan ide bisnis yang bagus bahkan hingga saat ini masih terus dicari dan dibutuhkan. 

Jasa fotografi biasanya dibutuhkan untuk mengabadikan momen-momen spesial seperti wisuda, pre-wedding, hingga pernikahan. Selain itu, jasa seorang fotografer profesional juga dibutuhkan oleh berbagai perusahaan atau jenama untuk materi promosi. 

7. Content Creator

Ide bisnis anak muda berikutnya adalah menjadi seorang pembuat konten atau content creator. Peluang bisnis yang satu ini berkembang pesat seiring dengan masifnya penggunaan sosial media di tengah masyarakat belakangan ini. 

Bisnis content creator saat ini terbilang cukup menjanjikan. Jasa mereka amat dibutuhkan oleh berbagai jenama atau perusahaan untuk mempromosikan produk mereka sehingga kamu tidak perlu khawatir akan sepi job. 

8. Menjual Produk DIY

Produk DIY (Do It Yourself) adalah produk kerajinan tangan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Ada banyak jenis produk DIY yang dapat kamu jual mulai dari barang-barang hasil rajutan tangan hingga lukisan. 

Kamu dapat menawarkan produk DIY yang kamu buat ke berbagai platform media sosial atau e-commerce mana pun yang kamu mau. Kamu juga dapat memilih untuk menjual produk DIY yang kamu buat dengan sistem pre-order maupun batch.

9. Influencer

Influencer adalah profesi yang lahir seiring dengan berkembang pesatnya penggunaan sosial media di tengah masyarakat. Belakangan ada banyak anak muda yang menjadikan influencer sebagai sebuah profesi yang mereka impikan ketika beranjak dewasa. 

Hanya saja, untuk menjadi seorang influencer kamu harus memiliki banyak follower di salah satu atau berbagai platform sosial media. Profesi ini bisa jadi sangat menguntungkan ketika kamu mulai dilirik oleh sebuah jenama untuk mempromosikan produk mereka. 

Cek kelas : Belajar jadi Influencer dan Content Creator bareng Yoga Arizona.

10. Bergabung dalam Program Afiliasi 

Tahukah kamu bahwa saat ini banyak e-commerce membuka program afiliasi? Pada dasarnya kamu akan menjualkan produk marketplace dengan cara memberikan rekomendasi di sosial media dan membagikan tautan untuk pembelian. 

Menariknya, menjadi afiliasi tidak memiliki syarat seperti jumlah follower seperti influencer. Dengan kata lain, kamu bisa membuat sendiri rekomendasimu dengan memanfaatkan media sosial dan jaringan yang kamu miliki. 

11. Membangun Startup

Membangun startup adalah pilihan yang menarik dan sedang digandrungi anak muda karena memberi kesempatan untuk menggali kreativitas dan inovasi mereka. Ini adalah wadah ideal bagi mereka untuk mengejar passion, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, startup memiliki potensi besar untuk pertumbuhan. Dengan perubahan teknologi yang pesat dan pergeseran dalam perilaku konsumen, banyak peluang baru muncul setiap hari. Anak muda memiliki ide-ide segar dan pemahaman yang lebih baik tentang tren terbaru dalam teknologi dan pasar, sehingga membuat mereka lebih paham cara membuat startup yang menciptakan produk atau layanan yang relevan dan inovatif.

Nah, dari beberapa ide usaha tersebut menurutmu jenis usaha apa yang cocok untuk kamu coba? Jika kamu sudah memantapkan, maka selanjutnya kamu wajib melakukan riset mendalam seputar usaha tersebut agar kemungkinan sukses jadi semakin besar. 

Jika kamu masih belum yakin, kamu juga bisa memantapkan dirimu dengan menambah pengetahuan dengan mengambil kursus bisnis untuk pemula di Cakap Upskill. Karena dengan mengikuti kursus online bersertifikat, kamu tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan dasar saja, namun banyak tips yang jarang diungkap dan tentu membantu kamu dalam mengembangkan bisnis. Semoga bermanfaat! 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.