Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 yang Cepat Laku & Tips Memulai

usaha-makanan-ringan-serba-1000

Ingin menambah cuan dengan bisnis yang bisa dijangkau semua kalangan? Kamu bisa lho memulainya dengan usaha jual makanan ringan. Makanan ringan merupakan jenis makanan yang tidak akan sepi peminat, sehingga berpeluang untuk bisnis yang cukup menjanjikan. Setelah sebelumnya telah membahas bisnis hampers, sekarang saatnya menjelajahi lebih jauh tentang bisnis makanan ringan yang banyak diminati. So, buat kamu yang tertarik menjelajahi dunia bisnis di bidang makanan, ini dia beberapa contoh usaha makanan ringan serba 1000 rupiah yang bisa kamu coba!

Table of Contents

Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Rupiah

Usaha makanan ringan merupakan salah satu jenis dari usaha kuliner rumahan yang bisa kamu coba karena memiliki peluang besar. Selain permintaan makanan ringan yang selalu meningkat, target pasar dari usaha ini juga bisa mencakup siapa saja, baik anak-anak, maupun orang dewasa. Dan tentunya juga bisa dijangkau oleh masyarakat dari berbagai macam kalangan.

Melihat peluang bisnis yang menjanjikan tersebut, maka tak heran jika pelaku usaha makanan ringan kian banyak peminatnya. Namun jangan khawatir, karena di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis makanan ringan yang mungkin belum banyak dipasaran sehingga bisa menjadi peluang untuk kamu.

Hal yang tidak boleh dilupakan jika kamu ingin memulai bisnis adalah melakukan persiapan yang matang, kamu bisa melakukan riset pasar untuk bisa tahu camilan apa yang memiliki peminat tinggi namun masih jarang yang menjualnya. 

Bagi kamu yang tertarik untuk menjalani usaha ini, kamu bisa memulainya dengan usaha makanan ringan serba 1000 rupiah saja. Untuk dapat memulai usaha makanan ringan serba 1000 rupiah, kamu juga harus paham betul lho dengan beberapa tips dan contoh usahanya. Yuk, cek selengkapnya pada section di bawah ini!

Baca juga : 8 Strategi Jualan Online agar Produk Cepat Laku bagi Pemula

Contoh Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Rupiah

Faktanya menjual makanan-makanan ringan dengan harga murah akan lebih banyak menarik pelanggan dan tentunya juga akan mendatangkan banyak untung. Tidak hanya murah, pilihan makanan yang enak dan juga menarik juga bisa membuat pelanggan kamu untuk datang lagi atau repeat order lho. Berikut merupakan ide jualan usaha makanan ringan serba 1000 rupiah yang bisa kamu coba di rumah. Check this out!

(1) Aneka Keripik

Contoh usaha makanan ringan serba 1000-an yang pertama adalah aneka kripik. Jenis keripik- keripikan selalu memiliki tempat di hati pencinta ngemil, variasi jenis dan rasanya yang banyak bisa membuat siapa saja ketagihan. Salah satu jenis keripik yang saat ini sedang populer adalah kripik kaca. Kamu bisa membuat sendiri ataupun membelinya dalam satuan kiloan untuk kemudian kamu packing ulang dan kamu jual dengan harga Rp.1000.

(2) Aneka Gorengan

Gorengan menjadi makanan yang banyak disukai orang, kamu bisa menjual aneka gorengan seperti tempe, tahu, pisang, ubi dan lainya dengan harga Rp.1000 per-pcs.

(3) Aneka Camilan Bahan Pisang

Memiliki harga murah dan rasa manis yang enak membuat pisang cocok untuk dijadikan bahan makanan ringan. Kamu bisa mengolahnya menjadi pisang lumer, pisang molen atau pun piscok dan lainya. 

(4) Molen Aneka Isi

Inovasi dalam usaha tentunya sangat penting. Selain isi pisang kamu juga bisa membuat isian molen dari buah lain seperti nangka dan nanas, untuk lebih hemat kamu juga bisa mengisi dengan berbagai selai. Menarik, bukan?

(5) Lidi- Lidian 

Jajanan sekolahan ini juga selalu ramai penggemar lho, kamu bisa membuatnya sendiri atau membeli dalam jumlah banyak dan kemudian di packing ulang untuk harga 1000-an. Dijamin cuan deh.

(6) Makaroni Kering

Makaroni kering menjadi camilan yang nagih dan banyak disukai, kamu bisa menggoreng sendiri dan menambahkan varian rasa seperti pedas dan asin. 

(7) Leker

Tak hanya disukai anak- anak, jajanan manis ini juga banyak disukai oleh orang dewasa. Rasanya yang manis dengan tekstur yang sedikit garing selalu bikin nagih. Selain varian manis kamu bisa menjualnya dengan isian asin seperti sosis, telur puyuh, dan lainya agar lebih menarik.

(8) Otak- otak

Produk olahan ikan dan daging dengan tepung tapioka ini selalu ramai peminat, alih-alih menggunakan saus biasa untuk menyantapnya, kamu bisa membuat saus sendiri dengan campuran bahan saus tomat, cabai, lada dan bawang putih serta sedikit penyedap rasa. Dijamin lebih mantap rasanya.

contoh-usaha-makanan-ringan-serba-1000
Phot from Freepik

(9) Sempol Ayam

Jajan ini juga selalu ramai peminat, kamu bisa membuat sendiri dengan bahan daging ayam dan tepung kanji serta bumbu-bumbu lainnya.

(10) Sosis

Frozen food satu ini juga paling banyak digemari. Kamu bisa menjual sosis bakar maupun goreng dengan banyak pilihan saus dan tentunya dengan harga Rp1000 yaa. 

(11) Telur Gulung

Siapa yang tak suka olahan telur? Jajan SD ini selalu ramai peminat, agar lebih menarik kamu bisa membuat varian telur gulung, misalnya dengan menambahkan isian sosis dan bakso. 

(12) Aneka Cireng

Rasanya yang enak dan kenyal menjadikanya banyak disukai, selain cireng bumbu rujak, kamu juga bisa membuat cireng dengan berbagai macam isian misalnya, ayam, sosis, bakso, telur, keju, dan lainya. Kamu juga bisa menjualnya dalam bentuk Frozen food juga lho.

(13) Kue pukis

Kue tradisional ini sering menjadi camilan di pagi hari. Selain rasa original kamu bisa menambahkan varian rasa coklat, keju, kacang atau meses.

Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Rupiah

Setelah kamu punya ide produk untuk dijual, agar tidak rugi dan bertahan lama, ada beberapa tips atau cara memulai usaha makanan ringan serba Rp1000 yang bisa kamu coba.

(1) Pemilihan Bahan

Selain murah, kualitas bahan yang baik merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis kuliner atau makanan. Kualitas bahan merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Tujuannya, agar makanan ringan yang kamu jual laku di pasaran. Kualitas produk makanan yang diproduksi tergantung dari bahan yang digunakan, cara pembuatan, dan juga cara pengemasan. Bahan yang digunakan pun harus higienis dan berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi.

(2) Lakukan Inovasi Produk

Melakukan inovasi baru dalam menciptakan makanan ringan membuat produk yang kamu jual berbeda dengan yang lainya dan tentunya akan menjadi lebih menarik. Selain itu inovasi produk juga dapat menjadikan ciri khas dari produk yang kamu jual sehingga pelanggan akan lebih cepat mengenali produk kamu. 

(3) Lakukan Promosi

Manfaatkan media sosial yang kamu punya untuk mempromosikan usaha makanan ringan serba 1000-an. Kamu bisa menggunakan foto menarik, dan membuat promo untuk menarik pelanggan. 

(4) Ciptakan Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Menciptakan hubungan yang baik menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menjadikan bisnis kamu lancar, beri mereka pelayanan terbaik agar berkesan dan mereka akan membeli lagi makanan yang kamu jual.

Nah, setelah mendapat banyak ide dan tahu caranya untuk memulai usaha makanan ringan serba 1000-an kamu bisa langsung mencobanya di rumah, dan semoga cuan ya. Kalau mau masih mau eksplore bisnis rumahan lainnya, yuk ikutan kelas bisnis jajanan rumahan di Cakap Upskill!

Referesnis:
-eatthis.com
-sirclo.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap