8 Strategi Jualan Online agar Produk Cepat Laku bagi Pemula

strategi-jualan-online

Menjalankan bisnis online dari nol, tidak serta merta hanya menjejerakan produk jualan di media sosial dan marketplace tertentu. Agar bisnis semakin lancar dan dikenal banyak orang, maka perlu diterapkan yang namanya strategi jualan online. 

So, buat para pejuang bisnis online, pantengin terus artikel ini dan cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang strategi jualan online agar laris dan cepat laku!

Table of Contents

Jualan Online

Apa itu jualan online? Jualan online adalah mempromosikan bisnis atau produk jualan melalui media online secara digital.

Semua aktivitas jualan online, baik dari segi pemasaran, pelayanan konsumen, hingga pembayaran dilakukan secara online. Ada berbagai macam produk yang bisa dipasarkan dan dijual online, seperti barang, makanan, hingga produk-produk digital.

Dengan memanfaatkan kekuatan internet, kalian bisa mulai berjualan secara online. Jualan online akan membuka peluang bisnis yang lebih menjanjikan karena dapat menjangkau pasar dan konsumen yang lebih luas.

Strategi Jualan Online

Strategi apa saja yang perlu kamu terapkan ketika mulai menjalankan bisnis online? Check this out!

(1) Mengerti Benar Unique Selling dan Keunggulan Produk

Sebagai owner atau pemilik dari bisnis yang dijalani, tentunya kalian harus tahu apa unique selling dan keunggulan produk. Saat kalian memahami betul nilai dan keunikan produk yang dipasarkan, akan lebih mudah mendapatkan ciri khas dan perbedaan dari produk-produk lainnya.

(2) Gunakan Marketplace

Beberapa tahun belakang ini, masyarakat Indonesia cenderung lebih suka berbelanja secara online melalui marketplace langganannya. Membuka lapak di satu atau beberapa marketplace menjadi strategi jualan online agar laris dan lebih dikenal banyak orang.

Cara berjualan online di marketplace juga tidak begitu rumit lho, kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, hanya cukup mendaftar dan memasukkan foto produk dagangan kalian. 

(3) Manfaatkan Jejaring Sosial Media

Tips jualan online laris bagi pemula yang satu ini harus benar-benar dicoba! Manfaatkanlah jejaring media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dll untuk mempromosikan produk.

Jualan online di Instagram dan platform media sosial lainnya sangat mudah dilakukan, kalian cukup membuat akun bisnis khusus untuk memasarkan produk, selebihnya buatlah konten-konten jualan yang menarik. Pokoknya jangan absen deh buat bikin konten di Feeds atau story biar produkmu makin banyak diminati.

(4) Buatlah Website Khusus untuk Toko Online-mu

Terlepas dari membuka akun di marketplace dan media sosial, strategi jualan online selanjutnya yang perlu diaplikasikan adalah membuat website untuk toko online-mu.

Lain halnya dengan promosi di marketplace yang tentunya ada banyak saingan, di dalam website toko online pribadi kalian bisa fokus mengenalkan produk dan merek tanpa adanya gangguan dari pesaing.

(5) Susun Strategi Content Marketing

Strategi jualan online agar laris dan cepat dikenal selanjutnya adalah membuat konten promosi yang sesuai dan relevan. Jangan asal sembarang membuat konten, susunlah strategi dalam membuat konten marketing. Cobalah berkenalan dengan SEO dan SEM.

SEO akan membantu mengoptimalkan promosi produk agar laman website lebih mudah dicari dan ditemukan di pencarian Google. Sedangkan SEM bisa membuat iklan website berada di posisi atas, sehingga kemungkinan dilihat oleh pengunjung mesin pencarian akan semakin besar.

(6) Affiliate Marketing

Strategi dan trik jualan online agar cepat laku yang satu ini adalah dengan affiliate marketing. Strategi berkaitan dengan menggunakan pengaruh pihak lain dalam promosi produk. Contohnya, kalian bisa bekerja sama dengan para blogger dalam rangka mengiklankan produk melalui banner iklan maupun artikel yang berisi review produk.

(7) Berikan Pelayanan yang Terbaik

Good service akan meninggalkan kesan yang baik bagi customer. Melalui pelayanan yang baik, bukan tidak mungkin customer akan berbelanja lagi di toko online kalian. Good service ini bisa dilihat dari seberapa cepatnya respon atau pesan yang dibalas, bagaimana cara berkomunikasi dengan customer, dan seberapa cepatnya produk dikirimkan setelah selesai pembayaran.

(8) Pop-Up Retensi

Strategi penjualan online lain yang bagus untuk mendapatkan pelanggan adalah menggunakan pop-up retensi. Kalian bisa mengirimkan pop-up pada pelanggan untuk menawarkan diskon dan menunjukkan produk-produk yang relevan.

Pop-up bisa dikirimkan secara berkala untuk menunjukkan diskon dalam perhitungan waktu mundur. Menggunakan pop-up dapat meningkatkan peluang konversi karena dapat menciptakan perasaan urgensi “nggak mau ketinggalan diskon” pada pelanggan.

strategi-jualan-online-untuk-pemula
Photo from Freepik

Hindari Hal Ini Ketika Berjualan Online

Tidak hanya tips dan strategi jualan online saja yang penting untuk diketahui, memahami apa yang perlu dihindari ketika berjualan online juga perlu dijadikan prioritas dalam menjalankan bisnis online.

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika melakukan jualan online.

(1) Memilih Platform E-commerce yang Tidak Sesuai

Memilih platform E-commerce atau marketplace harus berdasarkan beberapa pertimbangan. Misalnya, carilah platform E-commerce yang cocok dengan audiens kalian, apakah E-commerce tersebut memiliki kriteria tertentu, dll.

Pastinya, hindarilah menjual produk di E-commerce yang tidak sesuai. Jika produk yang dijual adalah produk fashion, maka carilah E-commerce yang berkaitan dengan fashion atau umum.

(2) Tidak Menyediakan Metode Pembayaran yang Variatif

Di jaman yang semakin maju, semua bisa dilakukan dengan cara lebih mudah dan efisien. Seperti melakukan jual beli dan pembayaran, misalnya.

Dalam berbisnis online, sebisa mungkin permudah customer untuk melakukan pembayaran. Sediakan metode pembayaran yang variatif, seperti COD, e-wallet, dl.

 (3) Tampilan dan Kualitas Produk yang Buruk

Tampilan atau foto produk yang tidak menarik akan mengurangi minat pembeli untuk berbelanja. Unggahlah foto-foto produk dengan tampilan yang menggugah daya tarik pembeli.

Selain itu, pastikan kalian menjual produk yang berkualitas. Ketika tampilan/foto produk sudah menarik dan produk yang diterima pembeli berkualitas, nantinya mereka akan menuliskan review atau testimoni yang baik.

(4) Tidak Melakukan Riset dari Segi Harga

Apa sih pentingnya melakukan riset dari segi harga? Selain mengetahui harga standar di sektor produk yang sama, riset harga juga akan mempengaruhi keputusan pembeli.

Para pembeli tentunya akan membandingkan harga dari toko online satu dengan toko online lainnya. Jika kualitas yang ditawarkan sama, mereka pasti akan mencari harga yang paling terjangkau di antara keduanya.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi jualan online bagi pemula agar bisnis laris dan cepat laku. Buat kalian para pejuang bisnis online, tetap semangat dan terus mencari cara agar bisnis kalian semakin berkembang. Bila perlu ikutan kursus singkat digital marketing untuk dapat memahami bagaimana tips dan trik marketing yang cocok untuk produk kalian.

Referensi:
-jurnal.id
-jubelio.com
-gramedia.com
-smarthint.co

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap