Cara Jualan di Instagram Terbaru yang Wajib Dicoba Pemula

cara-jualan-di-instagram-untuk-pemula

Instagram adalah salah satu  platform media sosial marketing yang paling banyak digunakan di dunia. Platform ini menyediakan banyak fitur berguna. Tidak hanya untuk berinteraksi dan menunjukkan eksistensi diri, kalian juga bisa lho mempromosikan jualan produk kalian di sosial media yang satu ini. Cara jualan di instagram untuk pemula yang pertama kali harus diaplikasikan adalah membuat akun khusus untuk jualan di Instagram.

Cara-cara jualan di Instagram lainnya akan dibahas dalam artikel ini. Kalian juga bisa cari tahu gimana sih cara mengisi bio di Instagram untuk jualan dan seperti apa caption jualan yang bisa menarik perhatian. Simak selengkapnya di sini, ya!

Table of Contents

Kenapa Menggunakan Instagram untuk Menjual Produk?

Menggunakan Instagram untuk menjual produk? Kenapa tidak! Seperti diketahui, Instagram masuk ke dalam 5 besar sosial media yang paling banyak penggunanya. Tak heran jika Instagram digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk. Instagram memiliki basis pengguna yang besar dan dapat menjangkau pelanggan baru. Sehingga akan berdampak positif bagi penjualan.

Bagian terbaiknya adalah Instagram mampu memberikan ruang bagi para penjual produk dan jasa untuk menemukan audiens yang tepat. Selain itu, kalian bisa membuat dan menerbitkan konten kreatif untuk mempromosikan produk. Dengan Instagram, kalian tidak perlu mengejar pelanggan, pelanggan akan menemukan bisnis kalian lewat konten dan promosi yang dibuat.

Cara Jualan di Instagram untuk Pemula

Belajar bagaimana menggunakan Instagram sebagai media untuk berjualan dan mempromosikan produk adalah hal tepat yang bisa dilakukan oleh para owner bisnis. Instagram bisa membantu membuka peluang besar untuk meningkatkan penjualan dan menarik pembeli. Berikut ini cara jualan di Instagram biar laris dan laku keras!

(1) Buat Akun Instagram Bisnis

Cara jualan di Instagram untuk pemula yang pertama adalah membuat akun Instagram bisnis yang khusus untuk berjualan. Kalian mungkin memiliki akun Instagram pribadi, namun jangan mencampurkan akun pribadi dengan akun untuk jualan atau berbisnis. So, kalian perlu membuat satu akun baru yang konten-konten di dalamnya fokus untuk melakukan promosi produk saja.

Akun Instagram bisnis memiliki fitur khusus yang sangat membantu untuk menjual dan mempromosikan produk. Fitur-fitur di Instagram bisnis meliputi, Instagram Insight, Instagram Shopping, Iklan Instagram, hingga jam operasional dan info lokasi.

(2) Aktif Mencari Banyak Followers

Jumlah followers itu penting lho. Selain menjadi target customer, jumlah followers juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan baru untuk membeli produkmu. Pastikan juga untuk mencari followers yang sesuai dengan produk yang kalian jual. Misalnya, kalian menjual barang-barang kerajinan ukir, maka carilah followers yang juga suka mengoleksi kerajinan ukir.

Lalu, gimana cara mencari dan memperbanyak followers di akun Instagram bisnis? Apa dengan membeli followers? Jawaban yang lebih tepat adalah dengan cara melakukan riset pada akun bisnis lain yang bergerak di produk jualan yang sama. Atau bisa juga mencari followers dengan bantuan promosi dari teman dan keluarga.

(3) Tambahkan Link Website yang Mengarah ke Toko Online

Cara termudah dan termurah yang bisa membuat dagangan laris manis adalah dengan cara membuat website atau landing page. Sertakan tautan atau link ke produk tertentu yang kalian jual. Selebihnya, link tersebut akan mengarahkan pengunjung ke sebuah landing page yang berisi pilihan E-commerce yang bisa dituju untuk mengunjungi toko online.

Selain efektif, cara ini juga bisa membantu untuk mengatur pesanan pembeli dan dapat menghemat waktu juga. Sekali klik, pembeli bisa langsung diarahkan ke toko online kalian dan bisa melihat produk-produk yang ditawarkan.

(4) Buat Content yang Menarik

Selain membuat suasana Instagram bisnis lebih hidup, adanya konten juga bisa menarik minat pembeli. Buatlah konten-konten menarik untuk mengisi stories dan feeds Instagram. Konten-konten yang dibuat tentunya berkaitan dengan produk yang dijual. Konten bisa berupa foto atau pun visualisasi dari video.

Bila perlu, gunakan juga fitur Reels. Fitur yang baru dibuat tahun 2020 ini memungkinkan kalian untuk membuat konten yang lebih pendek dan hampir mirip dengan TikTok.

(5) Gunakan Hashtag yang Tepat

Kalian pasti sudah tidak asing bukan dengan kata # (hashtag). Hashtag atau tagar adalah kata kunci yang tepat yang bisa membuat produkmu ditemukan oleh banyak orang secara luas. 

Untuk mendapatkan tagar yang pas, cukup gunakan fitur pencarian teratas dan pilihlah tiga hingga lima tagar yang paling relevan dengan produk yang akan dijual.

Bila perlu, buatlah tagar untuk produkmu sendiri. Misalnya, kalian menjual produk kecantikan dengan merek Sabda, maka cobalah untuk membuat tagar khusus, seperti #CantikItuSabda.

(6) Manfaatkan Fitur Instagram Live Shopping

Fitur Instagram live shopping memungkinkanmu untuk menjual produk melalui siaran langsung. Cara jualan di Instagram untuk pemula ini sangat memudahkan penjual dan pembeli. Jika memiliki akses Instagram checkout, maka pembeli bisa langsung membeli produk kalian tanpa harus keluar dari fitur Instagram. 

(7) Upload Testimonial Pelanggan

Testimoni atau review dari customer bisa membuat calon pembeli tertarik dan lebih yakin untuk membeli produkmu. Maka dari itu, sangat perlu untuk meminta testimoni dari customer-mu. Setelah itu, upload hasil testimoni berupa chat atau video di IGS atau Feeds.

(8) Menggunakan Jasa Endorse

Mau tahu cara agar jualan di Instagram laku keras? Cobain tips yang satu ini deh! Seperti kita tahu, ada banyak sekali selebgram dan para influencer yang bisa dipilih untuk mempromosikan produk di Instagram. Banyaknya jumlah followers yang mereka punya, akan membuat produkmu lebih dikenal secara luas.

Biasanya, para selebgram akan mempromosikan produk lewat insta stories atau video dalam feeds. Hal tersebut tentunya bergantung dengan perjanjian awal.

(9) Giveaway Produk

Kalian pernah nggak sih ikutan giveaway? Giveaway ini menjadi salah satu cara jualan di Instagram biar laris manis. Pasalnya, jika kalian mengadakan giveaway, postingan kalian pasti akan dibanjiri oleh like dan komen dari netizen.

Mengadakan giveaway juga bisa menambah jumlah followers Instagram, lho. Gimana caranya? Sebelum melakukan giveaway, pastikan kalian memberikan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi para pengikut giveaway. Contohnya, mereka yang mengikuti giveaway harus mem-follow akun yang bersangkutan, membuat Instagram stories, dan menge-tag minimal 3 orang di Instagram.

cara-jualan-di-instagram
Photo from Freepik

Cara Mengisi Bio di Instagram untuk Jualan

Apa sih bio itu? Bio semacam data dan riwayat singkat yang ada di profile Instagram. Cara mengisi bio di Instagram untuk jualan pastinya berbeda dengan isi bio Instagram pribadi. Lantas gimana ya cara mengisi bio yang tepat untuk Instagram bisnis! Yuk, simak dari mulai pemilihan nama akun!

(1) Gunakan Nama Akun yang Jelas dan Menarik

Sebelum membuat Instagram bisnis, kalian pasti sudah memiliki nama produk jualan. Pastikan nama akun yang dipilih sesuai dengan brand kalian. Agar lebih mudah ditemukan oleh orang-orang, hindari mengkombinasikan nama akun dengan angka dan simbol yang susah.

(2) Sediakan CTA Button

Tombol CTA akan memudahkan pelanggan untuk membeli produk dengan instan. Menyediakan CTA Button juga bisa membuat bio IG lebih terlihat profesional.

(3) Gunakan Foto Profil

Memasang foto profil bisa menjadi bukti bahwa akun Instagram tersebut bukan akun bodong. Pasanglah foto profil yang sesuai dengan produk yang dijual. Foto profil bisa berupa logo produk atau foto produk. 

(4) Tambahkan Deskripsi Bisnis yang Singkat tapi Menarik

Cara mengisi bio Instagram untuk jualan selanjutnya adalah membuat deskripsi bisnis. Deskripsi bisnis harus dibuat dengan sebaik-baiknya. Usahakan informasi tentang produk bisa tertuang dengan singkat dan lengkap. Karena di sini adalah tulisan pertama yang akan dilihat oleh pengunjung akun Instagram-mu.

Cara Membuat Caption yang Menarik untuk Jualan Produk di Instagram

Satu lagi nih yang nggak kalah penting dalam hal jualan di Instagram, yaitu caption! Gimana ya cara membuat caption jualan di Instagram yang bisa memengaruhi dan membius seseorang untuk membeli produk yang ditawarkan?

(1) Memilih Diksi yang Cermat dan Unik

Pilihan kata yang tepat dan selaras dapat memperoleh efek tertentu bagi para pembaca caption Instagram. Misalnya, sebuah caption yang akan mempromosikan produk buku anak-anak, bisa menggunakan kata “Kids, si Kecil, atau buah hati”

(2) Buat Caption yang Jenaka dan Tidak Membosankan

Pada suatu waktu tertentu, caption yang jenaka itu penting lho, agar kesan yang diberikan tidak terlalu kaku dan membosankan. Kalian bisa membuat caption berupa tebak-tebakan, dll. Namun, harus tetap memperhatikan segi efektifitas terhadap informasi yang disampaikan, ya!

(3) Memperhatikan Target Pelanggan dan Audiens

Kenapa sih harus memperhatikan target pelanggan ketika akan membuat caption? Hal ini nantinya berkaitan dengan copy yang akan dibuat. Penulisan caption harus sesuai dengan target pelanggan. Target pelanggan bisa dilihat berdasarkan usia, pekerjaan, gender, dll.

(4) Hindari Typo

Typo atau kesalahan dalam ejaan atau penulisan harus menjadi hal yang dihindari. Ketika membuat caption, pastikan untuk membaca ulang caption tersebut. Jika copy-nya sudah oke dan bisa dipahami dengan baik oleh pembaca, kalian bisa langsung memposting konten yang dibuat.

So, itu dia penjelasan super lengkap mengenai cara jualan di Instagram untuk pemula. Yuk, langsung mulai menerapkan satu persatu tips berjualan, tips membuat bio, dan tips membuat caption di Instagram.

Biar skill sosial media marketing-mu makin matang, kamu bisa mengikuti kursus social media marketing bersertifikat! Yuk, cek kelas kursusnya!

Referensi:
-timku.id
-zyro.com
-embedsocial.com
-glints.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.