Hal Ini yang Perlu Dipersiapkan untuk Memulai Digital Marketing!

digital-marketing

Sebelumnya, kita telah membahas tentang jurusan digital marketing dan program studinya. Untuk lebih mendalami materi tentang digital marketing, kali ini akan dibahas mengenai hal yang perlu dipersiapkan untuk digital marketing. Memulai digital marketing tentunya tidak boleh asal-asalan dan dilakukan secara sembarang. Ada beberapa hal yang harus disiapkan ketika akan memulai digital marketing.

Maka dari itu, yuk kita kenalan dengan keuntungan digital marketing untuk bisnis, channel digital marketing yang tepat, dan hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai digital marketing!

Table of Contents

Keuntungan Digital Marketing untuk Bisnis

Belakangan ini, trend digital marketing kian menduduki posisi atas pada lini bisnis apa pun. Hal tersebut tentu tidak mengherankan karena ada banyak manfaat dan keuntungan yang didapat dari pemasaran digital untuk bisnis. Berikut penjelasannya!

(1) Dapat Menjangkau Target Pasar yang Luas

Tersebarnya internet di hampir seluruh seluk beluk penjuru kota di Indonesia membuat digital marketing lebih mudah menjangkau target pasar yang lebih luas. Perusahaan dapat mempromosikan produk kepada target customernya di seluruh wilayah (tanpa terkendala letak geografis) dengan menggunakan media digital.

(2) Meningkatkan Penjualan

Karena digital marketing lebih mudah dalam menjangkau target pasar, tentunya hal tersebut akan memberi dampak baik terhadap peningkatan penjualan produk/jasa. Selain efektif dalam pemasaran, aktivitas digital marketing juga sangat menguntungkan bagi nilai surplus penjualan. 

(3) Biaya Promosi Lebih Murah

Dengan menggunakan digital marketing, perusahaan dapat menghemat biaya promosi. Jadi, nggak perlu lagi tuh cetak-cetak brosur, spanduk, dll. Cukup mempromosikan lewat media-media digital saja, para customer bisa berdatangan. Target channer digital yang bisa dibidik oleh digital marketing juga sangat beragam dan mudah dioperasikan, seperti sosial media, website, email, dll.

(4) Lebih Mudah Berkomunikasi dengan Pelanggan

Keuntungan digital marketing selanjutnya adalah lebih mudah membangun komunikasi dengan pelanggan. Jika ada pesanan masuk atau komplain terhadap produk, bisa langsung ditangani dengan cepat. Perusahaan bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui beberapa fitur sosial media yang tersedia, seperti direct message atau kolom komentar.

(5) Memantau Perkembangan Bisnis dengan Data yang Akurat

Dalam dunia bisnis, data dan angka adalah hal yang sangat penting. Nah, menggunakan digital marketing akan lebih memudahkan kalian dalam memantau perkembangan bisnis dengan data yang akurat. 

Data-data penjualan produk bisa dipantau langsung dari analyticsnya. Selain itu, kalian juga dengan mudah mendapatkan informasi tentang customer, sehingga akan lebih mudah dalam menjangkau dan memahami apa yang mereka butuhkan.

Hal ini yang Perlu Dipersiapkan untuk Memulai Digital Marketing

Gimana sih cara memulai digital marketing? Salah satu hal utama yang harus disiapkan ketika akan memulai digital marketing adalah membangun sumber daya manusia yang kompeten. Di samping itu, hal ini yang perlu dipersiapkan untuk memulai digital marketing! Yuk, cek ulasannya!

(1) Membidik Target Pasar yang Tepat

Hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai digital marketing tentunya adalah menentukan target pasar atau konsumen. Jika hal tersebut sudah dipenuhi, selanjutnya kalian bisa mencari tahu tentang apa yang dibutuhkan oleh target pasar nantinya. Membidik target pasar yang tepat juga sangat berguna untuk langkah berikutnya, yaitu menyusun strategi marketing dan penjualan.

(2) Menyusun Strategi Marketing

Cara menyusun digital marketing selanjutnya adalah menyusun strategi marketing. Penyusunan strategi marketing ini akan berguna untuk menjawab pertanyaan “Mau dibawa ke mana sih pemasaran produk ini?”, “Gimana caranya untuk mencapai tujuan bisnis ke depannya?”.

Menyusun strategi marketing juga dapat membantu pemasaran produk lebih efisien dan terarah. Beberapa agenda dalam menyusun strategi marketing bisa meliputi, pemilihan tim digital marketing, pemilihan PIC, pembagian tugas, dan penentuan deadline.

(3) Menentukan Goals dan Output

Apa sih goals dan output yang ingin dicapai oleh digital marketing? Misalnya, seperti penjualan yang makin meningkat, brand awareness, mencari leads, meningkatkan sosial engagements, dll. Menentukan tujuan dan goals adalah sebuah keharusan karena hal tersebut bertujuan untuk kembali menyadarkan konsistensi tim digital marketing dalam melakukan tugasnya.

(4) Membuat Konten yang Menarik dan Berkualitas

Memiliki produk yang bagus saja tidak cukup. Perlu adanya penyesuaian antara produk yang bagus dengan konten yang menarik, fresh dan berkualitas. Bagaimana konten yang berkualitas itu? Konten berkualitas bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti konten yang bisa menyampaikan pesan kepada pembaca dengan baik, konten yang unik, konten yang bermutu, dan konten yang mampu membuat pembaca penasaran dan tertarik.

(5) Membangun Channel Digital Marketing

Yang harus disiapkan ketika akan memulai digital marketing adalah membangun channel digital marketing. Kamu bisa memilih channel digital marketing yang paling tepat untuk proses marketingmu.

Memanfaatkan media pemasaran dengan tepat akan membantu bisnismu berjalan lebih maksimal. Apa saja channel digital marketing yang bisa kamu gunakan? Jawabannya ada dalam section di bawah ini, ya.

Channel Digital marketing yang Bisa Kamu Gunakan

Berikut ini ada beberapa channel digital marketing yang paling terkenal dan hampir selalu digunakan oleh para digital marketer.

(1) Social Media Marketing

Jangan ditanya lagi lah ya. Social media marketing merupakan upaya pemasaran yang dilakukan melalui media sosial. Banyaknya pengguna sosial media membuat channel ini sangat efektif untuk mempromosikan produk bisnis kalian.

Ada banyak keuntungan menggunakan social media marketing sebagai channel digital marketing, di antaranya adalah hemat biaya (bahkan ada tools yang gratis), mudah diakses, memiliki performa yang fleksibel, mampu menyebarkan informasi up-to-date dan cepat, serta dapat meningkatkan brand awareness juga, lho.

(2) Landing Page

Buat kamu yang baru dengan kata landing page, yuk simak baik-baik peranan channel ini terhadap proses digital marketing. Landing page sendiri merupakan sebuah halaman yang terdapat pada website yang telah dirangkai khusus untuk bertransaksi.

Channel ini memiliki beberapa kelebihan, seperti mampu mengarahkan pembaca pada laman page utama, mengumpulkan leads, memiliki performa jangka panjang, dan terhitung hemat biaya, lho.

(3) SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO ini sangat berkaitan dengan blog dan website lho, keduanya sama-sama saling membutuhkan. SEO digunakan untuk upaya memaksimalkan pencarian Google, sehingga laman website/blog kalian bisa muncul di pencarian page pertama Google. SEO sendiri terdiri dari dua jenis strategi, SEO on page dan SEO off page.

Kalau kalian ingin membangun digital marketing yang kuat, pastikan kalian memiliki tim SEO di dalamnya ya, karena SEO sangat penting terutama untuk meningkatkan traffic website, mencari keywords-keywords yang tepat, dll.

(4) Blog

Blog adalah catatan atau jurnal di internet yang dapat diakses oleh siapa saja. Kalian bisa memanfaatkan channel blog sebagai upaya memaksimalkan proses digital marketing. Konten dalam blog bisa berisi banyak kategori, seperti artikel (artikel sendiri bisa dipecah jadi beberapa kategori lebih rinci), quiz, dll.

Keuntungan menggunakan channel digital marketing ini adalah membantu memaksimalkan performa SEO, membuat promosi melalui konten-konten artikel, memasang ads, dan menambah jumlah leads.

(5) Email Marketing

Email juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu channel digital marketing, lho. Email marketing berguna untuk menjangkau target pasar dengan cara mengirim promosi atau campaign-campaign yang sedang berjalan.

Kalian bisa mendapatkan banyak pelanggan melalui email marketing. Namun, jangan lupa untuk memproteksi alamat email perusahaan kalian agar nantinya email yang kalian kirim tidak berakhir di info spam.

Demikianlah penjelasan mengenai hal yang harus dilakukan sebelum memulai digital marketing. Penjelasan di atas juga dilengkapi dengan keuntungan digital marketing dan channel-channel digital marketing yang bisa digunakan.

Buat kamu yang baru mulai belajar tentang digital marketing, yuk gabung di pelatihan digital marketing bersertifikat untuk pemula! Di sana kamu bisa belajar form zero to hero!

Referensi:
-akudigital.com
-binaracademy.com
-cermati.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.