10 Ide Bisnis Gila dan Anti-Mainstream yang Bisa Dicoba

10-ide-bisnis-gila

Dewasa ini, dunia bisnis makin berkembang di berbagai sektor, mulai dari bisnis makanan, hingga bisnis ternak sudah banyak digeluti. Untuk bisa menjadi sukses dalam suatu bisnis, kamu perlu memiliki ide gila, unik, dan kreatif yang jarang terpikirkan oleh orang pada umumnya. Banyak yang tidak menyangka jika ide bisnis gila ini menghasilkan cuan dan beberapa entrepreneur muda juga sukses berkat terjun dalam 10 ide bisnis gila ini lho. 

Memang terdengar aneh, namun bisa menghasilkan cuan di luar dugaan, jika kamu mendengarnya mungkin tertarik akan mencoba? So, langsung saja yuk simak 10 ide bisnis gila yang anti-mainstream dan jarang ditemukan!

Table of Contents

Apa Itu  Ide Bisnis Gila?

Ide bisnis gila adalah ide bisnis yang kreatif dan out of the box. Memiliki konsep bisnis yang unik bisa membuat kamu lebih menonjol dari yang lainnya. Beberapa ide bisnis gila dan unik ini juga bisa cuan lho.

Ide bisnis gila ini bisa menjadi peluang emas dan menguntungkan, konsepnya yang unik bisa memisahkan dari kompetitor bisnis dan akan lebih banyak menarik perhatian target pasar. 

Memulai bisnis baru yang unik dan tidak umum di pasaran tentunya akan menghadapkan kamu pada tantangan baru dan berbeda bukan? Namun akan tetap asyik dan mendatangkan pengalaman baru jika kamu paham dengan konsepnya. Mari kita coba untuk memulai ide bisnis gila ini.

Rekomendasi 10 Ide Bisnis Gila dan Unik yang Bisa Dicoba

Berikut merupakan rekomendasi ide bisnis gila dan unik yang bisa kamu coba:

(1) Kafe Kucing

Superbee Pet Care And Cat Cafe
source: EY Kusumo via Google Maps

Jika kamu ingin membuka bisnis kafe dan ingin lebih menonjol serta menarik lebih banyak customer, kamu bisa memulai bisnis dengan membuka bisnis kafe kucing. Para customer bisa menikmati secangkir kopi mereka sambil bermain dengan kucing. Tentunya ini akan lebih banyak menarik perhatian para pecinta hewan, khususnya bagi cat lovers. 

(2) Pet Hotel

pet hotel
source: @misterpet.id on Instagram

Pet hotel adalah bisnis dengan layanan penitipan hewan peliharaan saat pemilik sedang bekerja, di luar kota, atau pun sedang dalam keadaan mendesak.

Ide bisnis gila yang satu ini memiliki peluang yang tinggi karena di Indonesia sendiri pet hotel belum cukup banyak.

Kamu dapat mencapai keuntungan dan menguasai industri hewan peliharaan dengan bisnis ini.

(3) Pet Rock

Pet-Rock

1 dari 10 ide bisnis gila ini wajib kamu coba! Ide bisnis ini muncul di tahun 70an, seorang pria bernama Gary Dahl memiliki ide untuk menjual batu sebagai hewan peliharaan. Terdengar gila bukan? Namun dengan ide gila tersebut dia berhasil menjadi jutawan lho. 

Jika kamu seorang penggemar K-Pop sudah tidak asing dengan pet rock bukan? Yap, beberapa idol juga memiliki pet rock sebagai hewan peliharaan. Pet rock juga mungkin akan menjadi trend di masa depan, tertarik mencoba? 

(4) Pembersih Tempat Parkir

petugas kebersihan parkir

Membersihkan sampah di tempat parkir adalah bisnis yang sederhana, murah, dan berpotensi menguntungkan untuk dicoba, dan pasarnya pun sedang berkembang.

Mungkin akan sedikit rumit ketika kamu ingin memulai bisnis ini karna kamu kamu butuh lisensi untuk mengoperasikan bisnis ini. Namun, setelah menyelesaikan proses ini kamu bisa mulai menghasilkan cuan dari pekerjaan sampingan ini. 

(5) Asisten Kencan Virtual

virtual-assistant

Sekarang ini banyak sekali orang mencari pasangan melalui dating app atau aplikasi kencan. Dengan adanya peluang ini kamu bisa menjadi asisten kencan virtual. Tugas kamu adalah membantu orang membuat profil mereka di aplikasi kencan, dan membuat profil terlihat rapi dengan bio & gambar yang bagus. Dengan ide bisnis gila ini kamu bisa menghasilkan cuan secara online. 

(6) Makanan Khusus untuk Berduka Cita

Makanan Khusus untuk Berduka Cita

Dalam bisnis ini penjual akan menyediakan makanan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang berkabung. Terdengar aneh memang, karena di Indonesia sendiri biasanya keluarga yang sedang berkabung menyediakan makanan untuk para pelayat. 

Namun faktanya, orang yang tengah berduka cita biasanya mengalami stres hingga depresi. Bisnis ini menjual makanan lezat dan sehat untuk keluarga yang sedang berduka. Tentu saja, bisnis ini menawarkan kebaikan dan sepertinya bisa laku juga di Indonesia. 

(7) Teman Curhat

kata-kata-sedih-dalam-bahasa-korea

Di Jepang, ternyata ada bisnis yang menawarkan jasa mendengarkan cerita orang dan memberikan solusi. 

Kamu juga bisa memulai bisnis ini di Indonesia. Kamu bisa membuka layanan bisnis ini secara online. Kamu bisa mendengarkan keluhan orang yang datang, melakukan pekerjaan rumah, atau menawarkan nasihat hidup. Kamu bisa menagih uang jasa untuk bisa menggunakan jasa kamu ini.

(8) Cleaning After Party

after party cleaning
Photo by No Revisions on Unsplash

Bisnis cleaning after party ini akan sangat dibutuhkan jika dibuka di Indonesia. Dengan adanya bisnis ini panitia pesta akan menggunakan jasa kamu untuk mempermudah pekerjaan. Dengan begitu pekerjaan panitia party akan sedikit lebih ringan dan kamu bisa mendapatkan untung yang cukup menjanjikan. 

(9) Smash/ Rage Room

rage room

Banyaknya pekerjaan, deadline, tanggung jawab, masalah hidup, dan tekanan lainnya tentunya banyak mendatangkan stress. Dari sinilah ide smash room muncul.

Kamu dapat memulai smash room sendiri dengan menyediakan ruang kosong yang cukup besar dengan barang-barang bekas yang dapat dilempar, dipukul dan dihancurkan. Kamu bisa memberikan tarif yang sudah diperhitungkan sebelumnya.

(10) Playground Untuk Orang Dewasa

adult playground
source: @haycindy on Instagram

Ide bisnis ini memang terdengar gila dan tidak umum. Adanya pembatasan usia di playground, membuka celah bagi bisnis ini untuk berkembang. Karena faktanya, wahana bermain masih tampak menarik untuk remaja dan orang dewasa. Mereka cenderung membutuhkan wahana bermain untuk sekedar menghilangkan stres dan bisa mengulang memori masa kecil.

Belajar Bisnis dari Nol bareng Ahlinnya di Cakap Upskill Sekarang

Keuntungan Memilih Ide Bisnis Gila Sebagai Usaha

Selain memiliki tantangannya sendiri, memilih ide bisnis gila juga mendatangkan keuntungan.

Setelah mengetahui 10 ide bisnis gila, yuk cari tahu apa saja keuntungan yang bisa didapat saat kamu memilih untuk menjalankan bisni ini. Check this out!

(1) Memiliki ide original

Setiap hal baru memang membutuhkan waktu penyesuaian lebih lama untuk diterima secara umum. Lewat hal ini kamu memiliki peranan besar untuk bisa mewujudkan ide bisnis gila ini dan tentunya akan lebih banyak mendapatkan pengalaman.

(2) Mendapatkan Pengakuan

Berbisnis bisa meningkatkan taraf hidup seseorang baik secara materil maupun sosial. Berhasil menjalankan ide bisnis gila sebagai usaha tentu akan mendapatkan pengakuan dan lebih diakui karena bisnisnya.

(3) Bekerja Sesuai Passion

Dengan memulai usaha bisnis gila hasil dari ide sendiri bisa membuat seorang bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki, lho.

(4) Lebih Kreatif

Memilih ide bisnis gila sebagai usaha tentunya menjadikan seseorang lebih kreatif untuk mengembangkan bisnis. Dengan ini, akan melatih mental kamu lebih kuat dan menghasilkan ide baru.

(5) Banyak Pengalaman

Memilih dan menjalankan bisnis gila, kamu akan lebih banyak belajar mengelola bisnis dan keuangan dengan bijak, mengelola produksi, promosi, pemasaran, distribusi, akuntansi, inventarisasi, dan sebagainya. Sehingga, kamu akan belajar banyak hal-hal baru setiap harinya.

Kreativitas akan membantu kamu melangkah jauh sebagai pemilik usaha kecil, dan bisa jadi 10 ide bisnis gila ini akan menjadi rahasia kesuksesan kamu. So, nggak ada salahnyakan untuk dicoba?

Nah, buat kamu para pemula yang ingin lebih mendalami dunia bisnis, yuk ikutan kursus bisnis di Cakap Upskill! Kursus online bersertifikat di Upskill bisa bantu kamu  tingkatkan skill bisnis bersama para mentor profesional. Daftar sekarang!

Referensi:
-starstory.com
-bussinesnewsdaily.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.