10 Kursus yang Banyak Dicari untuk Sukses Karier dan Bisnis

kursus online murah di cakap

Kursus atau yang juga dikenal sebagai “les” atau “kelas” adalah contoh pendidikan nonformal atau di luar bangku sekolah. Umumnya kursus merupakan pendidikan tambahan untuk skill atau keterampilan tertentu yang tidak diajarkan di sekolah. Nah, kira-kira apa saja kursus yang paling banyak dicari di Indonesia ya? Yuk, cari tahu!

10 Pelatihan dan Kursus yang Banyak Dicari di Indonesia

Berikut adalah 10 kursus yang paling banyak dicari sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan industri di Indonesia. 

1. Bahasa asing

Sudah bukan rahasia lagi kalau kursus bahasa asing adalah kursus yang paling banyak dicari oleh semua kalangan di Indonesia. Pesertanya mulai dari anak-anak, pelajar dan mahasiswa, hingga dewasa pekerja dan pengusaha. 

Bahasa asing yang paling banyak dicari antara lain adalah bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Korea, dan bahasa Jerman. Tujuan mengambil kursus ini pun beragam, mulai dari menambah skill untuk kebutuhan studi hingga kebutuhan profesional. 

2. Digital Marketing

Digital marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang berkembang pesat saat ini dan digunakan di berbagai industri. Kursus digital marketing mencakup berbagai topik seperti pemasaran di media sosial, SEO, Google Adwords, dan lain-lain. 

Tidak hanya populer bagi mereka yang secara profesional ingin bekerja di bidang digital marketing, kursus ini juga banyak dicari pengusaha. Terutama mereka yang sedang mengembangkan bisnis atau pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Lihat panduan : Hal Ini yang Perlu Dipersiapkan untuk Memulai Digital Marketing!

3. Bisnis

Kursus bisnis di Indonesia mencakup berbagai topik seperti manajemen dan keuangan yang terkait dengan usaha dan bisnis. Banyak lembaga menawarkan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang bisnis maupun mengelola bisnis sendiri. 

Bisnis adalah jenis kursus yang paling banyak dicari oleh berbagai kalangan di Indonesia. Mulai dari pelajar, karyawan yang ingin berwirausaha, ibu rumah tangga, hingga pengusaha muda yang ingin mengembangkan bisnisnya sendiri. 

4. Bisnis Online

Berbeda dengan kursus bisnis sebelumnya yang merupakan bisnis secara general, kursus ini biasanya spesifik dalam kategori bisnis online saja. Materinya mencakup berbagai topik seperti e-commerce, affiliate marketing, dropshipping, dan lain-lain.  

Penyedia kursus umumnya menawarkan pelatihan bagaimana menjalankan bisnis online secara efektif. Kursus ini terbilang populer terutama di kalangan ibu rumah tangga dan juga mahasiswa yang ingin punya usaha sampingan. 

5. Desain

Kursus desain mencakup topik seperti graphic design, user experience (UX) design, dan user interface (UI) design. Keterampilan-keterampilan tersebut dibutuhkan untuk menjadi seorang Graphic Designer atau UX/UI Designer.

Kursus ini termasuk kursus yang paling banyak dicari karena permintaan industri di bidang ahlinya semakin tinggi. Terutama semakin maraknya perusahaan teknologi berbasis aplikasi dan juga digital marketing. 

manfaat sertifikat online
Image by Freepik

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

6. Fotografi

Jika mengambil kursus fotografi, kamu akan belajar dasar-dasar fotografi, teknik fotografi, dan pengolahan gambar. Kursus ini akan mempersiapkan kamu untuk menjadi fotografer handal yang tentunya memiliki banyak peluang di industri. 

Fotografi adalah salah satu kursus yang paling banyak dicari karena hingga saat ini keberadaan profesional di bidang fotografi masih dibutuhkan. Misalnya dalam acara-acara seperti pernikahan, lamaran, hingga acara formal perusahaan. 

7. Personal Development

Tidak hanya kursus yang berkaitan dengan hardskill, kursus yang berkaitan dengan softskill seperti pengembangan diri juga banyak dicari, lho. Sebut saja kursus terkait public speaking, leadership, hingga pengembangan karier terbilang banyak peminat saat ini. 

Hal ini karena dalam dunia kerja sendiri, selain harus menguasai hardskill, softskill juga tidak kalah penting. Oleh karena itulah kursus ini banyak dicari terutama di kalangan fresh graduate maupun profesional yang ingin meningkatkan skill

8. Pemrograman

Kursus yang paling banyak dicari selanjutnya adalah pemrograman ditujukan untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman dan menjadi seorang Programmer yang handal. Beberapa bahasa pemrograman yang paling banyak dicari meliputi Python, Java, C++, dan JavaScript.

Meskipun di tingkat pendidikan S1 ada jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika yang mempelajarinya, namun kursusnya masih sangat dicari. Hal ini karena permintaan terhadap tenaga ahli di bidang pemrograman pun semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. 

9. Pengolahan Data

Data adalah harta yang bisa menjadi “sampah” jika kita tidak tahu bagaimana cara mengolahnya untuk mendapat insight dan melihat peluang. Lewat data kita bisa mengetahui pola customer kita, apa yang mereka sukai, dan apa yang mereka butuhkan. Agar bisnis dan pekerjaanmu bisa dijalankan lebih cerdas dan efisien, kamu perlu kursus pengolahan data yang ramah pemula.

Ada banyak bidang kursus data, namun yang pasti langsung terpakai dan mudah diaplikasikan adalah Business Intelligence. Business Intelligence adalah ilmu yang memanfaatkan dan mengolah data untuk mengembangkan bisnis. Sangat cocok untuk dipelajari pebisnis maupun karyawan yang berurusan dengan data.

10. Teknologi

Selain pemrograman, kursus terkait dengan teknologi lainnya juga termasuk kursus yang banyak dicari di Indonesia. Alasannya pun senada, yaitu lataran industri teknologi yang meningkat pesat sehingga banyak tenaga ahli dibutuhkan. 

Kursus teknologi mencakup berbagai topik seperti Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Data Science, Cloud Computing, dan Cybersecurity. Kursus untuk bidang-bidang ini ada yang singkat ada pula yang membutuhkan waktu berbulan-bulan lamanya. 

11. IT Certifications

IT Certification sederhananya adalah kursus yang menyiapkan seseorang menjadi certified professional dalam bidang IT yang diinginkan. Misalnya ketika kamu ingin menjadi profesional yang bersertifikasi AWS dalam bidang penyimpanan berbasis clouds

Beberapa sertifikasi yang umum dicari adalah seperti AWS, Azure, Google Cloud, CISSP, CCNA, dll. Pentingnya sertifikasi secara profesional menjadikan sertifikasi IT menjadi salah satu kursus yang paling banyak dicari saat ini. 

Manakah dari 10 kursus yang paling banyak dicari di atas yang juga sedang Sobat Cakap cari saat ini? Buat yang bingung mau ambil kursus online bersertifikat  di mana, kamu bisa kunjungi Cakap Upskill karena ada banyak kursus dari berbagai bidang tersedia di sana, lho. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.