Pendidikan Nonformal di Indonesia Beserta Contoh Lembaganya

contoh pendidikan nonformal

Pendidikan dan pembelajaran bisa kamu dapatkan dari mana saja, Sobat Cakap. Selain jalur pendidikan formal yaitu sekolah, ada jenis pendidikan lain yang bisa kamu manfaatkan untuk memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan. Pendidikan selain jalur sekolah ini biasa disebut dengan pendidikan nonformal. Simak penjelasan mengenai seluk beluk serta contoh pendidikan nonformal melalui artikel ini ya!

Apa Itu Pendidikan Nonformal?

Berbeda dengan pendidikan formal yang merupakan pendidikan dengan jenjang dan struktur yang pasti, pendidikan nonformal bersifat fleksibel. Hal-hal yang diajarkan biasanya sangat beragam sesuai dengan kebutuhan dan dapat diadakan oleh lembaga swasta maupun pemerintahan. Pendidikan nonformal juga tidak sama dengan pendidikan informal yang merupakan pendidikan melalui kegiatan belajar mandiri dalam keluarga dan lingkungan. 

Tujuan Pendidikan Nonformal

Secara umum, tujuan pendidikan nonformal adalah sebagai pengganti, penambah, atau pelengkap pendidikan formal. Kredibilitas pendidikan nonformal bisa didapatkan dengan penilaian kualitas dan mutu yang sesuai dengan standar pendidikan yang berlaku. Jadi, meskipun lebih fleksibel, pendidikan nonformal masih dalam izin dari lembaga pemerintah serta mengacu pada pendidikan yang berlaku agar dianggap setara. 

Contoh Pendidikan Nonformal di Indonesia

Pendidikan nonformal di Indonesia memiliki satuan pendidikan yang terbilang sangat beragam. Satuan pendidikan ini tentunya juga menyesuaikan dengan target peserta serta cakupannya. Berikut adalah contoh pendidikan nonformal dan jenis-jenis satuannya di Indonesia. 

1. Majelis Taklim

Lembaga ini merupakan lembaga pendidikan nonformal yang berfokus pada pengajaran dan pembelajaran agama Islam sebagai sarana dakwah. Biasanya majelis taklim memiliki anggota terdaftar dengan kurikulum dan pertemuan yang juga teratur. Berdasarkan peraturan terbaru tahun 2019, pengadaan majelis taklim harus terdaftar di Kantor Kementerian Agama. 

2. Kelompok belajar

Jalur pendidikan ini disediakan oleh pemerintah bagi kamu yang tidak menempuh jalur pendidikan formal atau tidak bersekolah dengan kurikulum nasional. Kelompok Belajar sendiri biasanya terdiri dari tiga paket yaitu Paket A, Paket B, dan Paket C. Setiap peserta akan mengikuti Ujian Kesetaraan untuk menyetarakan pendidikan dengan SD sampai SMA.

3. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah pendidikan nonformal yang kegiatan dan fokusnya bisa sangat beragam. Meski demikian, pengadaannya biasanya dilakukan atas izin dan pengawasan dinas pendidikan. Contoh yang lembaga nonformal yang termasuk PKBM adalah Taman Baca Masyarakat atau Perpustakaan. 

4. Lembaga pelatihan

Lembaga pelatihan biasanya mengajarkan pengetahuan, keterampilan, keahlian atau kecakapan yang sifatnya soft skills. Fokus utama dari lembaga pelatihan adalah pengembangan diri dengan hal-hal yang jarang diajarkan di sekolah. Lembaga pelatihan juga seringkali ditujukan untuk orang dewasa yang ingin mengembangkan karir dan profesi.

5. Lembaga kursus

Pendidikan melalui kursus sering dijadikan sebagai penunjang pendidikan formal di sekolah. Meski demikian, pesertanya tidak terbatas hanya di kalangan pelajar, karena kursus juga dimaksudkan untuk menambah keterampilan dalam bidang tertentu. Contoh pendidikan nonformal dengan satuan ini adalah kursus bahasa asing.

Tingkatkan Keterampilanmu dengan Pendidikan Nonformal!

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa pendidikan nonformal memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan keterampilan. Dengan bertambahnya keterampilan dan kecakapan, maka peluang kamu untuk kesempatan hidup yang lebih baikmu akan terbuka lebar. 

Nah, bagi kamu yang ingin meningkatkan keterampilan dalam berbahasa asing jalur pendidikan nonformal, kamu bisa daftar dan bergabung di Cakap, lho! Dengan kursus bahasa Inggris di Cakap, kamu akan lebih terbantu untuk meningkatkan pemahaman atas pelajaran di sekolah. Sementara bagi kamu yang sudah lulus sekolah, kursus bahasa asing juga bisa meningkatkan karir dan potensi dirimu. Daftar sekarang, yuk!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks