Cara Membuat Website Jualan Toko Online Gratis untuk Pemula

jualan online yang laku setiap hari

Salah satu strategi jualan online yang bagus untuk prospek bisnismu adalah membuat website jualan toko online-mu sendiri. Berbeda dengan toko online yang ada di dalam E-commerce atau marketplace tertentu, membuat website pribadi untuk toko online dapat membuat pelanggan lebih mengenal brand dan merek personal produk. Cara membuat website toko online sendiri juga tidak terlalu ribet lho, bahkan kalian bisa membuatnya secara gratis. Penasaran gimana caranya? Yuk, langsung saja cek cara membuat website jualan gratis berikut ini!

Table of Contents

Cara Membuat Website Toko Online Gratis

Buat kamu yang masih bingung gimana sih cara membuat website toko online sendiri secara gratis. Pastikan untuk mengikuti tutorial berikut satu demi satu secara runtut dan lengkap ya Sobat Cakap!

(1) Buatlah Domain dan Hosting

Buat kalian yang belum tahu domain dan hosting, simak dulu ya pengertian keduanya. Domain adalah alamat yang nantinya digunakan untuk membuka website. Nah, kalau hosting sendiri merupakan tempat menyimpan data dan informasi website.

Keduanya harus dimiliki untuk dapat membuat website toko online pribadi. Satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih hosting adalah kapabilitasnya untuk bisa diupgrade ketika nantinya bisnis online yang kalian punya semakin besar.

(2) Instal WordPress

Cara membuat website jualan gratis selanjutnya adalah menginstal WordPress. Beberapa di antara kalian pasti tidak asing dengan yang WordPress bukan? WordPress adalah Content Management System (CMS) yang digunakan untuk membuat dan mengelola website. 

Gimana cara untuk menginstal WordPress? Karena ini termasuk bagian penting dalam pembuatan website, maka simak baik-baik ya langkah menginstal WordPress berikut!

  • Langkah pertama adalah login ke cPanel hosting. Masukkan username dan password. Untuk masuk ke cPanel, kamu bisa mengunjungi link namadomain.com/cpanel.
  • Ketika sudah berhasil login, carilah menu WordPress. Kemudian klik Instal Now.
  • Selanjutnya akan muncul Software Setup, di section tersebut kalian bisa mengisi nama domain di bagian choose domain. 
  • Isi data deskripsi berupa nama dan password yang nantinya akan digunakan untuk masuk ke WordPress.
  • Apabila sudah selesai, langkah terakhir adalah klik tombol instal. Jika proses install yang dilakukan berhasil, kalian akan melihat tampilan URL website toko online.

     

(3) Atur Pengaturan Website

Ada beberapa pengaturan yang bisa kalian lakukan di dalam dashboard WordPress. Untuk dapat mengubah pengaturannya, cukup mudah kok. Cukup ikuti satu persatu langkah berikut:

  • Login ke akun WordPress. Klik menu Setting, kemudian pilih section General.
  • Setelah itu akan muncul laman General Setting. Di sana kalian bisa mengubah nama toko di dalam kolom Site Title, dan memasukkan deskripsi singkat dalam kolom Tagline.
  • Klik Save, dan yap! Pengaturan website telah selesai.

Jika kalian ingin mengganti tema website, cukup kembali ke halaman dashboard WordPress. Lalu ikuti langkah berikut:

  • Klik menu Appearance, kemudian pilih section Themes.
  • Jika sudah, langsung saja klik Add New lalu ketik Storefront pada kolom pencarian. Nantinya kamu akan diberikan banyak pilihan tema yang bisa dipilih.
  • Nah, kalau sudah menemukan tema yang cocok, langkah terakhir adalah klik Activate.

     

(4) Instal Woocommerce dan Lakukan Pengaturan

Setelah beres dengan pengaturan WordPress, cara membuat website toko online pribadi gratis selanjutnya adalah menginstal Woocommerce.

Woocommerce sendiri merupakan plugin WordPress yang nantinya akan membuat situs web kalian menjadi situs toko online yang mirip dengan marketplace sepenuhnya.

Berikut cara menginstal Woocommerce:

  • Lakukan login ke laman dashboard WordPress.
  • Pilih menu Plugin, lalu klik section Add New.
  • Ketik Woocommerce di dalam kolom pencarian.
  • Seperti biasa, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menekan kolom Activate untuk menginstal plugin Woocommerce.

Ketika plugin Woocommerce sudah berhasil terinstal, kamu tinggal melakukan pengaturan yang cukup sederhana. Nantinya, kamu akan diarahkan untuk mengisi data/informasi toko online, seperti alamat toko online, jenis produk, dll.

 

(5) Unggah Produk di Toko Online-mu

Oke lanjut ke cara membuat website toko online sendiri secara gratis, yaitu mengunggah produk. Ini menjadi salah satu bagian paling penting karena dapat mempengaruhi minat pembeli untuk membeli produk. Pastikan untuk memasukkan foto produk yang berkualitas dan dilengkapi dengan daftar harganya.

Cara mengunggah produk di website toko online juga sangat mudah. Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini;

  • Masuk ke laman dashboard WordPress, pilih menu Products, lalu klik section Add New. 
  • Unggah produk, masukkan nama product sesuai dengan kategorinya, lalu input harga produk.
  • Untuk langkah lebih lanjut, kalian juga bisa menambahkan deskripsi produk, memasarkan produk, dan sizenya.

     

(6) Mulai Atur Halaman Produk

Setelah selesai mengunggah produk jualanmu, langkah selanjutnya yang perlu diselesaikan adalah mengatur halaman produk.

Yuk, simak langkahnya berikut:

  • Pilih menu Pages dalam Dashboard WordPress, klik section Add New.
  • Setelah itu, isi judul halaman (Misalnya, Selamat Datang, Selamat Berbelanja, dll) dan carilah section Page Attributes di sebelah kanan bawah. Lalu, klik Home dan Publish.
  • Selanjutnya, kembali ke menu dashboard WordPress, dan pilih menu Settings. Klik section Reading. Setelah itu akan muncul laman baru.
  • Pilih tombol Static Page, kemudian pilih Homepage yang sudah dibuat dan untuk menyimpannya, kalian cukup menekan Save Changes.

     

(7) Kenalkan Website Toko Online

Sebagai bagian dan upaya untuk mengenalkan website toko online pribadi yang sudah dibuat, mulailah untuk mempromosikan website kalian lewat berbagai platform. Kalian bisa mempromosikan website jualan di sosial media atau bisa juga menghubungkannya dengan dengan marketplace.

Tujuan untuk mengenalkan website toko online ini tentunya agar website kalian lebih berkembang dan memiliki banyak pengunjung.

cara-membuat-website-jualan-online
Photo from Freepik


Aplikasi Toko Online Gratis yang Bisa Dicoba

Pada penjelasan di atas telah dipaparkan bagaimana cara membuat website toko online sendiri gratis berbasis WordPress. Nah, sekarang saatnya mengenal beberapa aplikasi toko online gratis yang bisa kalian daftar. Berikut list-listnya.

(1) Toko Talk

Tok Talk adalah aplikasi toko online yang bisa diakses dan didaftar secara gratis. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play dengan ukuran kurang dari 5 MB. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini cukup lengkap. Di sana kalian bisa mengunggah produk, mengatur harga grosir, mencetak label, dan mengatur diskon.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pelanggan bisa berbelanja di toko online kalian selama 24 jam nonstop. Pembayaran digital yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari dompet digital, hingga pembayaran menggunakan bank.

(2) Shopify

Shopify merupakan aplikasi toko online yang sudah menjangkau pasar target internasional. Shopify mengembangkan perangkat lunak untuk toko daring dan sistem kasir ritel. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis, namun jika kalian ingin memanfaatkan fitur-fitur yang lebih lengkap, maka harus berlangganan ke Shopify premium berbayar.

Aplikasi ini akan membantu menjalankan toko online mulai dari manajemen produk, pengaturan harga, pembayaran, hingga shipping.

(3) Tokko

Kalian pernah mendengar nama aplikasi ini sebelumnya? Tokko menjadi salah satu aplikasi toko online gratis yang bisa diakses dan digunakan dengan mudah. Cukup download aplikasi ini di Smartphone, kemudian daftarkan aplikasi toko online kalian. 

Lewat aplikasi Tokko ini, kalian bisa mengelola produk dan katalog jualan online dengan metode pembayaran yang bervariasi.

(4) Weebly

Buat kalian para pemilik usaha yang ingin go digital, aplikasi Weebly adalah pilihan yang paling tepat. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur bermanfaat, seperti menyediakan puluhan tema yang bisa dipilih agar tampilan toko online kalian lebih bermanfaat.

Weebly juga menyediakan interface drag dan drop, serta membantu mengatur pengiriman barang dengan lebih mudah. Di sana juga ada akses email, chat, dan telepon yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Manfaat Membuat Website Toko Online Pribadi

Memiliki website toko online, berarti selangkah lebih maju dalam melakukan strategi pemasaran secara online. Berikut ini beberapa keuntungan yang didapat ketika kalian memiliki website toko online pribadi:

(1) Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Pembeli

Membuat website pribadi untuk toko online dapat meningkatkan kredibilitas usaha. Di dalam website tersebut kalian bebas mendesain dan mempromosikan produk dari segi merek dan brand. Sehingga, nantinya pembeli akan lebih yakin kalau usaha yang dikelola lewat website pribadi tersebut terpercaya dan profesional.

(2) Membuat Jangkauan Usaha Semakin Luas

Saat kalian sudah melibatkan website dan internet untuk berjualan, maka jangkauan pasar kalian tidak hanya meliputi pasar lokal, tapi juga nasional dan internasional. Produk dan usaha kalian akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang karena website toko online bisa diakses tanpa batas. Hal ini tentunya akan menimbulkan dampak positif bagi peningkatan penjualan.

(3) Jualan Lebih Mudah

Yap, dengan menggunakan website toko online, berjualan terasa lebih mudah. Kalian nggak perlu tuh capek-capek keliling menjajakan produk, membayar biaya sewa tempat, dll. Karena, kalian bisa berjualan dan mempromosikan produk hanya lewat ponsel atau perangkat komputer lainnya.

Lebih dari itu, keuntungan terbesar yang bisa didapat adalah lebih menghemat waktu dan praktis.

Well Sobat Cakap, itulah serangkaian cara membuat website online gratis, lengkap dengan beberapa referensi aplikasi toko online yang bisa kalian coba. Buat kalian para pemula di bisnis toko online, yuk coba ikutan kursus digital marketing untuk pemula online. Melalui kursus tersebut kalian bisa menambah ilmu digital marketing yang tentunya akan sangat berguna bagi para pemilik usaha toko online!

Referensi:
-hostinger.co.id
-tonjo.com
-dailysocial.id
-toolster.com
-niagahoster.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.