10 Kerja Freelance untuk Mahasiswa dan Cara Mendapatkannya

freelance untuk mahasiswa
Image by lookstudio on Freepik

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi membutuhkan biaya yang cukup besar. Sebagai dewasa muda, kamu mungkin terpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dan freelance adalah salah satunya. Dengan kerja freelance untuk mahasiswa, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup efektif, lho.

Pekerjaan secara freelance sendiri memang lebih cocok untuk mahasiswa dibandingkan pekerjaan penuh waktu maupun paruh waktu yang mengharuskan hadir. Terutama karena saat ini sudah banyak situs pekerjaan freelance online yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Yuk, simak pembahasannya! 

Table of Contents

Contoh Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Online

Istilah freelance digunakan untuk menyebut berbagai jenis pekerjaan yang dilakukan tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan perusahaan/klien. Umumnya klien akan memintamu mengerjakan proyek tertentu dengan kompensasi dan batas waktu yang sudah disepakati sebelumnya.  

Pada era digital seperti saat ini, kesempatan kerja freelance untuk mahasiswa terbuka lebar. Ada banyak sekali jenis kerja freelance yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara online untuk menambah uang saku. Berikut beberapa contoh kerja freelance untuk mahasiswa yang dapat kamu coba;

1. Content Writer

Pekerjaan sebagai penulis konten atau content writer adalah profesi yang umumnya tidak akan sulit untuk dipelajari dan dikerjakan oleh mahasiswa. Pekerjaan ini sekarang amat dibutuhkan oleh berbagai startup maupun perusahaan besar. Sebagai Content Writer kamu nantinya akan diminta untuk membuat artikel yang akan dimuat di situs/website perusahaan tersebut.

Kamu bisa membaca panduan cara menjadi content writer yang benar melalui artikel berikut : Content Writer 101 – Tugas, Skill Wajib, Gaji, dan Cara menjadi Penulis Konten

2. Copywriter

Seorang Copywriter bertugas untuk menghasilkan sebuah konten tulisan yang bersifat kreatif dan persuasif yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu. Seorang Copywriter juga bertugas menentukan tagline dan headline dalam sebuah iklan agar berhasil menarik perhatian banyak orang. 

Baca juga : 5 Formula Copywriting WAJIB dipahami Pemula

3. Content Creator

Content Creator adalah sebuah pekerjaan yang memproduksi konten kreatif berupa foto, video hingga audio. Pendapatan sebagai seorang Content Creator bisa berasal dari proyek kerjasama dengan brand tertentu atau melalui komisi yang diberikan oleh platform. Jika berhasil menarik perhatian banyak orang untuk menikmati kontenmu, penghasilan akan semakin meningkat. 

4. Graphic Designer

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan Graphic Designer untuk membuat sebuah logo atau banner untuk kepentingan promosi produk mereka. Untuk bekerja sebagai desainer grafis, kamu wajib menguasai software seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, dan sejenisnya untuk menghasilkan sebuah desain. 

5. Data Entry

Apabila kamu mahir menggunakan aplikasi Microsoft Excel atau aplikasi yang mendukung dalam input data lainnya, maka pekerjaan Data Entry cocok untuk kamu coba. Sebagai seorang staf Data Entry kamu nantinya akan bertugas untuk memasukkan data pelanggan hingga menyortirnya agar terhindar dari berbagai kesalahan.

Baca juga : Rumus Excel Dasar untuk Kerja Lengkap Contoh & Fungsinya

6. Translator

Pekerjaan sebagai translator atau penerjemah cocok bagi kamu yang menguasai beberapa bahasa asing sekaligus. Jasa seorang translator amat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan untuk menerjemahkan buku, artikel, hingga jurnal penelitian. Seorang translator juga dibutuhkan oleh perusahaan untuk melakukan proofreading terhadap teks terjemahan.

7. Admin Media Sosial

Profesi sebagai admin media sosial saat ini sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Sebab hampir semua perusahaan kini memiliki media sosial yang membutuhkan seorang admin untuk mengelolanya. Sebagai admin kamu memiliki beberapa tugas mulai dari membalas pesan konsumen hingga mengunggah berbagai konten pemasaran. 

8. Programer atau Web Developer 

Kamu yang berkuliah jurusan terkait komputer juga bisa mengambil pekerjaan freelance sebagai Programer atau Web Developer. Beberapa perusahaan startup atau perusahaan di bidang IT mungkin membutuhkan jasamu untuk projek-projek mereka. Pekerjaan sebagai programmer adalah pekerjaann yang berbasis project sering kali ditawarkan tertiup, jadi perluas jaringanmu untuk mendapatkannya.  

Baca juga : Lulusan IT bisa Kerja Apa Saja? Cek 10 Prospek Kerja Ini!

9. Tutor Bahasa Asing

Tutor atau pengajar bahasa asing secara private adalah pekerjaan yang terus dibutuhkan dari waktu ke waktu. Bagi kamu yang punya keahlian bahasa asing, selain jadi penerjemah, kamu juga bisa menjadi tutor bahasa asing. Kamu bisa mengajarkan siswa SD, SMP, atau SMA sesuai dengan kemampuanmu. 

10. Tutor Belajar 

Bagi kamu yang kuliah di bidang pendidikan, kamu juga bisa menjadi tutor atau guru les private untuk anak sekolahan. Sama halnya dengan menjadi tutor bahasa asing, kamu bisa menawarkan jasamu kepada siswa-siswa yang membutuhkan bimbingan belajar. Sesuaikan dengan keahlianmu untuk memilih bidang studi maupun tingkatan pendidikannya. 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Cara Mendapatkan Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa

Setelah mengetahui beberapa jenis pekerjaan yang dapat dilakukan secara freelance kamu mungkin bertanya-tanya di mana bisa mendapatkan freelance untuk mahasiswa? Jawabannya cukup mudah sebab kamu bisa langsung mendaftar ke berbagai situs freelance lokal maupun internasional. Berikut beberapa diantaranya;

1. Sribulancer.com

Sribulancer adalah salah satu situs freelance asal Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai jenis pekerjaan freelance yang dapat kamu lamar mulai dari bidang kepenulisan, desain grafis, marketing, dan masih banyak lagi. 

2. Project.co.id

Project adalah salah satu situs populer dikalangan para freelancer. Setiap proyek freelance yang ditawarkan akan langsung mencantumkan besaran gaji yang akan diperoleh. Ini tentunya akan memudahkan para freelancer dalam memilih pekerjaan yang diinginkan.

freelance mahasiswa
Image by pressfoto on Freepik

3. GetCraft.com

Klien dari situs ini bisa datang dari dalam dan luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. Sehingga pembayarannya pun tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari Rupiah, Dolar Singapura, Ringgit Malaysia hingga Dollar Amerika.  

4. Fastwork.id

Fastwork adalah situs freelance terbesar di Asia Tenggara yang telah masuk ke Indonesia sejak tahun 2018. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu lamar di sini mulai dari bidang kepenulisan, penerjemahan, Digital Marketing, dan lain sebagainya.

5. Fiver.com

Berbeda dengan situs freelance pada umumnya, disini freelancer lah yang akan membuat iklan untuk mendapatkan klien. Adapun jenis pekerjaan yang tersedia cukup beragam mulai dari penulisan Graphic Design, Marketing, Video Editing, Voice Over, dan masih banyak lagi.

6. UpWork.com

Berpusat di San Francisco, California, Amerika Serikat, UpWork merupakan salah satu situs freelance terbesar di dunia. Lewat UpWork, kamu dapat berkesempatan untuk bekerja sama dengan perusahaan besar semacam Microsoft, Airbnb, hingga Dropbox.

7. Freelancer.co.id

Freelancer merupakan salah satu situs freelance terbesar di dunia buatan startup asal Australia yang memberikan bayaran dalam US Dollar. Situs ini juga menjadi salah satu situs paling kompetitif bagi freelancer.

Nah, demikianlah artikel tentang contoh pekerjaan freelance untuk mahasiswa dan cara mendapatkannya yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan dana tambahan. Selamat mencoba! 

Masih belum percaya diri untuk mencoba? Kamu mungkin bisa mengambil kelas “13 Langkah Menjadi Freelancer” di Cakap Upksill. Kamu akan dapat bimbingan bagaimana cara demi cara menjadi freelancer yang handal sesuai bidang keahlian masing-masing pada kursus online bersertifikat yang kamu pilih. Tunggu apa lagi, yuk daftarkan dirimu sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat! 

Referensi:

  • umn.ac.id
    alinea.mmtc.ac.id

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.