Lulusan IT bisa Kerja Apa Saja? Cek 10 Prospek Kerja Berikut!

lulusan-it-bisa-kerja-apa

Gelar sarjana bisa membuka pintu ke berbagai peluang dan jalur karier yang lebih luas. Tak terkecuali dengan gelar atau lulusan IT. Beberapa dari kamu mungkin pernah bertanya, “Lulusan IT bisa kerja apa?”. Kita sama-sama tahu bahwa komputer, sistem jaringan, dan perangkat internet mendominasi kehidupan manusia sekarang ini, menyandang gelar IT memberikanmu keuntungan karena bisa memilih banyak jalur karier yang bagus.

Lantas, apa saja prospek pekerjaan untuk lulusan IT? Simak selengkapnya tentang jurusan IT dan prospek kerjanya dalam artikel berikut!

Table of Contents

Apa Itu IT?

IT adalah singkatan dari Information Technology, atau mungkin kamu lebih familiar dengan istilah Informasi Teknologi. Dalam dunia perkuliahan, jurusan IT fokus untuk mempelajari materi seputar ilmu komputer, bisnis, pengembangan web, dan komunikasi digital. 

Ketika kamu ingin masuk jurusan IT, kamu juga dituntut untuk menguasai beberapa ilmu pengetahuan khususnya di bidang Matematika, karena nantinya kamu akan mengkaji berbagai pemrograman dan perangkat lunak. Di mana artinya kamu akan berkutat dengan angka-angka dan rumus-rumus tertentu.

Macam-Macam Kuliah IT

Banyak yang masih awam dan beranggapan bahwa jurusan IT ya hanya IT itu sendiri. Padahal, ada banyak macam jurusan kuliah IT lho, Sobat Cakap. Nah, di bawah ini ada macam-macam kuliah IT yang wajib kamu tahu:

(1) Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan IT yang paling populer. Bidang ilmu ini mempelajari penggunaan teknologi komputer secara optimal dengan tujuan mengolah data melalui proses logika. Kamu juga akan banyak mengkaji tentang pemrograman dan komputasi, serta keterampilan mempelajari perangkat lunak.

(2) Manajemen Informatika

Awas, jangan sampai keliru dengan jurusan Teknik Informatika. Jurusan Manajemen Informatika fokus mempelajari teknologi informasi dan penerapannya dalam membuat bisnis suatu perusahaan menjadi lebih mudah. Pada dasarnya, Manajemen Informatika mempelajari bagaimana membuat sistem yang dapat mendukung kebutuhan bisnis.  

(3) Ilmu Komputer

Ciri khas dari jurusan yang satu ini adalah mempelajari computer programming. Tentunya, jika mengambil jurusan kuliah yang satu ini, kamu akan mengetahui bagaimana mengembangkan algoritma yang nantinya bisa untuk mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak.

(4) Teknik Komputer Jaringan

Selamat datang di jurusan IT selanjutnya, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan atau dikenal juga dengan istilah TKJ. Di jurusan kuliah ini, mahasiswa akan lebih fokus mendalami jaringan internet pada perangkat komputer.

Baca juga : 9 Jurusan Programmer di Indonesia dan Prospek Kerjanya

Prospek Kerja Lulusan IT

Nih, buat kamu yang sering nanya “lulusan IT kerja apa?”, tenang! Ada banyak prospek kerja menarik yang menunggu para lulusan IT. Apa saja ya kira-kira, check this out!

(1) Data Scientist

Data scientist adalah profesi yang banyak diminati oleh para sarjana IT. Profesi ini memiliki tugas dan tanggung jawab pada analisis database perusahaan dengan tujuan meningkatkan pengembangan produk, marketing, dan strategi bisnis. Tenang, dengan tanggung jawab yang besar, ada upah yang sebanding di dalamnya. Seorang data scientist umumnya menerima gaji sekitar 10 hingga 20 juta per bulan.

(2) Software Engineer

Selain menjadi data scientist, lulusan IT juga bisa merambah profesi karier sebagai software engineer. Profesi ini termasuk profesi populer di kalangan sarjana IT, lho. Bahkan diprediksi bahwa profesi software engineer akan terus meningkat permintaannya hingga sepuluh tahun mendatang.

Sebagai profesi yang cukup bergengsi, jobdesc-nya juga nggak main-main. Profesi ini bertugas untuk mengaplikasikan prinsip pengelolaan dan mengoptimalisasi berbagai macam jenis software.

(3) Software Developers

Bidang IT tidak hanya mempelajari perangkat keras saja, perangkat lunak juga terlibat di dalamnya. Pekerjaan sebagai Software Developers menanti para lulusan IT untuk bergabung dan merancang program yang bisa digunakan secara efisien dan efektif oleh perusahaan. Peminat atau permintaan untuk profesi ini juga selalu naik setiap tahunnya, lho. So, nggak perlu khawatir dan bertanya-tanya “abis lulus mau kerja apa ya?”, lagi.

(4) IT Consultant

Lulusan IT bisa kerja apa saja di bidang yang berhubungan dengan komputer dan jaringan, pun dengan IT consultant. Buat kamu yang tertarik menjadi bagian dari profesi ini, bersiap-siaplah untuk bertemu dengan banyak klien untuk memberikan saran terkait dengan penggunaan dan pengelolaan teknologi informasi di dalam perusahaannya.

Daya analisa yang tepat juga dibutuhkan oleh para IT profesional. Mereka harus mampu membuat perkiraan yang kuat untuk mengetahui masalah klien dan mampu menemukan solusi terbaik untuk perusahaan mereka.

(5) Game Developer

Kamu sarjana IT dan gemar bermain game? Pas banget nih, ada profesi game developer yang mungkin cocok untukmu! Pada umumnya, pekerjaan utama seorang game developer adalah mendesain dan membuat video game untuk berbagai konsol. Selain itu, kalian juga dituntut untuk storyline games dan karakter yang ada pada games tersebut.

(6) Analyst System Computer

Bagi beberapa orang, pekerjaan ini mungkin terdengar asing. Namun, bagi lulusan IT ini adalah kesempatan emas. Profesi analyst system computer bertanggung jawab atas sistem komputer perusahaan. Juga melakukan pemeriksaan guna mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem komputer dan bisnis yang dimiliki perusahaan. Dilansir dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, permintaan tenaga kerja untuk profesi ini mengalami peningkatan 9% antara tahun 2016 hingga 10 tahun yang akan mendatang.

(7) Android & iOS Developer

Lulusan IT juga bisa bekerja sebagai Android developer dan iOS developer. Tugas utamanya adalah merancang aplikasi agar bisa digunakan pada perangkat berbasis Android (untuk profesi Android developer) dan iOS (untuk iOS developer). 

Sebagai Android developer, kamu harus memahami bahasa pemrograman, seperti Java dan Kotlin. Sedangkan jika kamu menggeluti profesi sebagai iOS developer, maka kamu harus mengerti betul tentang iOS dan bahasa pemrograman yang digunakannya, yaitu Swift.

(8) Full Stack Developer

Berikutnya ada profesi full stack developer. Profesi ini bekerja atau merangkap tugas sebagai back end dan front end developer. Untuk itu, kamu harus memiliki beberapa skill wajib, seperti desain UI/UX, memahami database, dan mampu menguasai bahasa pemrograman (Java, Node.js, PHP, Python, Ruby, Swift, dll)

(9) Database Administrator

Database administrator adalah salah satu contoh karier khusus lulusan IT. Jika kamu tertarik dengan profesi ini, maka kamu akan berkutat dengan penyimpanan dan pengaturan data terkait bisnis. Misalnya, memastikan informasi dapat diakses oleh pengguna yang tepat dan dilindungi dari akses atau jaringan yang legal. Gimana, tertarik nggak jadi database administrator?

(10) Programmer

Last but not least ada profesi programmer. Dalam bahasa Indonesia programmer disebut dengan pemrogram. Seorang programmer adalah yaitu orang yang berprofesi sebagai penulis, pembuat bahasa pemrograman, dan penguji kode yang digunakan untuk membuat perangkat lunak. Programmer bertanggung jawab untuk memastikan kode yang dibuat dapat terbaca oleh sistem komputer. 

Untuk menjadi programmer profesional, kamu juga perlu menguasai beberapa skill di antaranya adalah memahami linux dan mampu berpikir logis.

Mau belajar IT dengan ahlinya? Cek kelasnya Sekarang!

So, itulah berbagai profesi yang bisa dijelajahi dan dijadikan peluang karier bagi para lulusan IT. Tidak perlu khawatir jika kamu sudah terlanjur mendalami jurusan kuliah lain. Karena sekarang ada banyak kursus online bersertifikat yang bisa kamu jadikan bekal untuk bekerja di dunia IT. Cek kursus IT di Cakap Upskill dan mulai raih karir impianmu sekarang!

Referensi:
-kampus.quipper.com
-aiunic.edu

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.