9 Jurusan Programmer di Indonesia dan Prospek Kerjanya

jurusan programmer di Indonesia dan prospeknya

Apakah Sobat Cakap ingin bekerja di bidang IT? Maka, cobalah untuk masuk jurusan programmer. Perlu diketahui bahwa programmer adalah suatu profesi yang terdiri dari beberapa jenis.

Jika kamu baru lulus SMP, maka kamu bisa masuk ke SMK jurusan programmer. Begitu pun ketika lulus SMA/SMK, ada beberapa kuliah jurusan programmer yang bisa kamu pilih. Jenis jurusan yang satu ini memang cukup diminati, mengingat prospek kerja programmer di Indonesia sangat bagus dan beragam.

Pekerjaan di bidang IT juga sangat dibutuhkan. Bahkan, di masa depan akan semakin banyak perusahaan yang membutuhkan seorang ahli IT. So, berikut adalah beberapa jurusan programmer yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi dan passion yang kamu miliki.

Jurusan Programmer di Perguruan Tinggi

Jurusan IT di perguruan tinggi termasuk dalam jurusan yang paling banyak diminati. Pasalnya, menjadi programmer tidak terbatas dari satu jurusan saja, lho. Untuk menjadi programmer, kamu bisa memilih satu diantara beberapa jurusan yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Selain itu, untuk menjadi seorang programmer, tentunya juga harus disertai dengan kemampuan soft skill dan hard skill yang mumpuni. Nah, jika kamu ingin menekuni dunia IT, berikut adalah beberapa daftar kuliah jurusan programmer yang bisa Sobat Cakap pilih.

1. Jurusan Teknik Komputer

Jurusan programmer yang pertama adalah teknik komputer. Pada jurusan ini, kamu akan belajar tentang cara mengimplementasikan perangkat lunak (software) pada perangkat keras.

Pada jurusan ini, umumnya materi tentang perangkat lunak memiliki porsi 45%, sedangkan materi untuk perangkat keras lebih banyak, yaitu 55%. Sehingga, jurusan teknik komputer lebih fokus pada pengembangan perangkat keras yang terdapat dalam perangkat komputasi.

Lulusan dari jurusan ini disiapkan untuk pekerjaan yang membutuhkan ahli dalam desain sistem dan pembuatan komponen elektronik. Bisa dikatakan bahwa jurusan teknik komputer merupakan gabungan dari jurusan ilmu komputer dan elektro.

2. Jurusan Ilmu Komputer

Berikutnya, kamu bisa memilih jurusan ilmu komputer. Meski namanya hampir sama dengan teknik komputer, namun fokus kedua jurusan tersebut berbeda.

Jurusan ilmu komputer mempelajari tentang konsep dasar matematika dan ilmiah yang digunakan dalam program komputer. Masuk dalam jurusan ilmu komputer juga akan membuatmu memahami tentang struktur data, bahasa pemrograman, dan konsep AI (artificial intelligence).

Sehingga, untuk masuk dalam jurusan programmer yang satu ini, kamu harus memiliki kemampuan logika dan analisis teori yang baik.

3. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan yang berkaitan dengan programmer berikutnya adalah teknologi informasi. Apa saja yang dipelajari dalam jurusan ini?

Saat memasuki jurusan teknologi informasi, kamu akan banyak belajar tentang perencanaan, penerapan, konfigurasi, dan perbaikan peralatan yang berkaitan dengan teknologi serta pengembangan perangkat lunak. Kamu mungkin juga akan mendapatkan materi mengenai database management, cybersecurity, dan desain sistem informasi dalam jurusan ini.

4. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan ini mempelajari sedikit tentang ilmu komputer, selain itu kamu juga akan mendapatkan materi tentang ilmu manajemen.

Jurusan sistem informasi berkonsentrasi pada analisis kebutuhan dan pengembangan perangkat lunak untuk memenuhi keperluan perusahaan. Jadi, jangan heran ya kalau kamu harus belajar tentang manajemen saat memasuki jurusan sistem informasi nanti.

5. Jurusan Komputer Jaringan

Komputer jaringan adalah salah satu jurusan programmer yang mempelajari tentang jaringan-jaringan internet lebih dalam. Jaringan-jaringan internet tersebut adalah jaringan yang digunakan untuk koneksi internet di berbagai jaringan komputer.

Psst, Sudah Tau Tingkat Bahasa Inggris Kamu? Cek Disini!

6. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika menawarkan materi tentang pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas, yaitu meliputi sistem informasi, software engineering, dan jaringan komputer.

Pada jurusan ini, kamu juga akan mempelajari tentang dasar-dasar ilmu matematika dan fisika. Kamu akan lebih fokus untuk melakukan kajian komputasi dan pemrograman.

Setelah lulus, apa gelar sarjana teknik informatika? Nantinya, kamu akan mendapatkan gelar S.kom atau Sarjana Komputer.

7. Matematika 

Matematika adalah salah satu ilmu yang perlu dikuasai oleh seorang programmer. Itulah mengapa jurusan matematika masuk dalam rekomendasi jurusan programmer.

Jurusan matematika mempelajari tentang kalkulus, geometri, dan aljabar. Di mana, materi-materi cukup erat kaitannya dengan pemrograman.

Jurusan Programmer di SMK

Jika kamu bertanya-tanya, apakah bisa jadi programmer tanpa kuliah? Sebetulnya, jawabannya adalah tentu bisa.

Ya, solusinya, kamu bisa memasuki SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang menyediakan jurusan dalam bidang IT.

Terdapat dua jurusan di SMK yang banyak diminati sekaligus cocok bagi Sobat Cakap yang ingin menjadi programmer, berikut di antaranya.

1. TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Pilihan smk jurusan programmer yang pertama adalah teknik komputer jaringan. Jurusan ini mempelajari tentang sistem operasi, rakit komputer dan laptop, pengenalan jaringan dasar, pemrograman web, dan administrasi komputer server.

Lulusan SMK jurusan TKJ biasanya banyak dicari oleh perusahaan yang berhubungan dengan jaringan, misalnya Telkom Indonesia. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa menjadi seorang network administrator.

2. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Jadi programmer apakah harus kuliah? Tidak, namun kamu perlu memiliki bekal cukup dalam bidang ini. Solusinya, kamu bisa masuk ke jurusan RPL atau rekayasa perangkat lunak di SMK.

Jurusan ini akan membantumu memahami tentang cara pengembangan perangkat lunak, termasuk perencanaan, implementasi, pemeliharaan, serta manajemen pengembangan software dan kualitas.

Kamu juga akan mengenal istilah ngoding, php, html, css, dan masih banyak lagi. Peluang kerja jurusan ini juga cukup beragam, lho.

Macam-macam Pekerjaan Programmer

Jurusan programmer dikenal dengan peluang kerjanya yang cukup beragam. Anggapan tersebut tidaklah salah.

Nyatanya, ada banyak prospek lulusan IT atau programmer setelah lulus, di antaranya:

  • Back End Developer
  • Front End Developer
  • Software Programmer
  • Software Quality Analyst
  • Product Management
  • UI & UX Designer & Development
  • IT Project Manager
  • Java Developer
  • Java Programmer
  • Test Engineer
  • Web Programmer
  • Product Development Manager
  • Network Security Engineer
  • PHP Programmer


Baca selengkapnya : Lulusan IT bisa Kerja Apa Saja? Cek Prospek Kerja Berikut!

Keuntungan Memilih Jurusan Programmer

Selain memiliki prospek kerja yang beragam, berikut adalah keuntungan lain yang kamu dapatkan jika memasuki jurusan programmer.

1. Bisa Membuat Lapangan Pekerjaan

Apabila kamu memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memulai suatu bisnis di bidang IT, maka kamu bisa membuat lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Pasar kerja untuk jurusan ini cukup banyak. Karena itu, kamu akan lebih mudah untuk menemukan partner atau karyawan.

2. Jurusan yang Terus Berkembang

Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga semakin berkembang. Karena itu, ilmu seputar komputer dan teknologi juga tidak akan berhenti sampai di sini.

Jurusan ini akan terus berkembang sepanjang masa menyesuaikan kebutuhan zaman. Masuk ke jurusan programmer akan membuatmu bertemu banyak hal baru. Seru bukan?

3. Banyak Dicari Perusahaan Luar Negeri

Menjadi seorang programmer tidak hanya membuka peluangmu untuk kerja di dalam negeri, tetapi juga mancanegara.

Kini, dan mungkin hingga nanti, lulusan jurusan IT akan selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

Belajar Coding Bersertifikat bareng Ahlinya di Upskill
bantu Kamu jadi Programmer Handal!

Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Programmer Terbaik

Jika Sobat Cakap baru saja lulus sekolah menengah dan ingin melanjutkan kuliah jurusan programmer, berikut adalah rekomendasi kampus yang bisa kamu pertimbangkan.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan teknik informatika di ITB sudah dibuka sejak tahun 1982. Hal ini membuat ITB dipercaya sebagai kampus dengan jurusan IT terbaik.

Selain itu, ITB tidak hanya memiliki program sarjana saja, tetapi juga magister untuk teknik informatika di bidang rekayasa perangkat lunak.

Universitas Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS adalah salah satu kampus yang terkenal dalam bidang ilmu komputer. Kampus ini berlokasi di Surabaya dan telah melaksanakan perkuliahan ilmu komputer sejak tahun 1985.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan teknik informatikanya.

Universitas Bina Nusantara

Bina Nusantara (BINUS) adalah salah satu kampus swasta yang memiliki program studi teknik informatika terakreditasi A dari BAN-PT.

Kelebihannya lagi, Universitas Bina Nusantara menyediakan sistem perkuliahan secara online dan offline (reguler) bagi mahasiswanya.

Itulah beberapa rekomendasi jurusan programmer yang bisa Sobat Cakap pilih jika ingin bekerja di bidang Informasi Teknologi (IT).

Lalu, bagaimana jika kamu sudah lulus kuliah dari jurusan lain tapi ingin berkarir sebagai programmer atau di bidang IT? Caranya dengan mengikuti kursus bersertifikat.

Kamu bisa mengikuti kelas coding untuk pemula hingga tingkat lanjut di Cakap Upskill. Selain materi dan tingkatan yang beragam, melalui kursus online bersertifikat di Upskill kamu juga akan mendapatkan pengalaman serta portfolio yang bisa digunakan untuk melamar kerja di perusahaan impianmu.

Yuk, cek kelasnya dan daftarkan dirimu sekarang juga karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.