Contoh Penerapan AI untuk Bisnis yang Bermanfaat dan Efektif

ai-untuk-bisnis

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, merekrut karyawan berkualitas dan memanfaatkan teknologi terbaru akan sangat membantu operasional bisnis. Tidak hanya berevolusi secara teknis, AI juga menjadi kekuatan super yang bisa bermanfaat di dunia bisnis. AI untuk bisnis bisa membantu orang bekerja secara lebih efisien, faktanya AI dapat membantu operasional kantor berjalan lebih mudah dan mengurangi entri data secara manual. Tak heran kalau akhir-akhir ini banyak perusahaan yang berinvestasi lebih untuk teknologi AI.

Di artikel ini, kamu akan diajak untuk mengenal lebih jauh peranan AI untuk bisnis, manfaat, hingga aplikasi AI.

Table of Contents

Penerapan AI untuk Bisnis

1) ChatGPT

ChatGPT adalah bentuk AI generatif yang memungkinkan pengguna memasukkan perintah untuk menerima gambar, teks, atau video mirip manusia yang dibuat oleh AI.

ChatGPT memiliki kemampuan untuk memahami konteks dalam percakapan dan memberikan respons yang relevan dan informati.

ChatGPT dapat digunakan untuk menghasilkan ide-ide kreatif untuk artikel, blog post, atau materi pemasaran lainnya. Berikut adalah contoh penggunaan ChatGPT dalam bisnis:

ChatGPT untuk Pemasaran

ChatGPT dapat membantu dalam menghasilkan ide kreatif dalam pemasaran. ChatGPT dapat digunakan untuk brainstorming topik tentang produk, copywriting dalam iklan, penyuntingan gaya bahasa, penulisan email dan lainnya.

Kita hanya perlu memasukkan prompt yang sesuai dengan kebutuhan.

chatgpt

Contoh prompt yang bisa dicoba dalam menghasilkan ide untuk marketing:

    • Buatlah judul Google Ads untuk kursus Digital Marketing yang menargetkan para pemula yang sedang ingin switch career ke dunia Digital Marketing
    • Buat lima subjudul yang menarik untuk panduan mendalam tentang [produk/layanan kamu]
    • Buatlah CTA yang kuat yang mendorong pembaca untuk [tindakan yang kamu inginkan]
    • Tulis baris subjek email yang menarik yang menarik pelanggan untuk membuka email tentang [produk/layanan kamu]
    • Buat tiga tagline untuk peluncuran [produk/layanan kamu] yang baru. Sertakan elemen kejutan atau daya tarik yang membuat pembaca tertarik untuk menghadiri atau mengetahui lebih lanjut.
    • Buatkan slogan yang efektif untuk kampanye [nama kampanye] untuk jasa layanan [masukkan jasa layanan]. Slogan ini harus mencerminkan nilai-nilai merek dan menarik perhatian target audiens kami.

ChatPT untuk Pembuatan Konten Artikel

Selain itu, ChatGPT dapat membantu  dalam menghasilkan konten dan menulis artikel. Kita hanya perlu memasukan prompt(perintah) dan ChatGPT akan menghasilkan teks berdasarkan perintah yang diterimanya.

chatgpt prompt

Contoh prompt yang dapat digunakan dalam proses membuat konten:

    • Buatlah sebuah artikel tentang manfaat [nama produk]
    • Tuliskan 7 langkah memulai bisnis [nama bisnis] untuk pemula dan rekomendasi bisnis yang paling diminati selama 1 tahun terakhir
    • Tuliskan 10 judul artikel yang paling relevan untuk [produk/layanan]
    • Buatlah garis besar untuk artikel yang berjudul “Kenapa saya harus memilih [produk/layanan 1] daripada [produk/layanan 2]?”
    • Kamu adalah seorang content writer professional yang bekerja di sebuah [perusahaan kosmetik]. Buatlah sebuah artikel mengenai fungsi [niacinamide] untuk [kesehatan kulit wajah serta cara penggunaannya].

2) Capcut

CapCut adalah aplikasi video editor populer yang menawarkan berbagai fitur untuk pembuatan konten. Di era gempuran konten-konten Tiktok, banyak yang memanfaatkan CapCut untuk membuat dan mengedit video mereka, khususnya video mu

video transcript capcut

Pembuatan Konten Video

CapCut menyediakan banyak fitur editing yang cukup mudah digunakan. Mulai dari penyuntingan dasar, filter, transisi bahkan membuat transkrip video secara otomatis. CapCut juga memiliki banyak template video keren yang bisa digunakan secara langsung jika kamu ingin mempersingkat waktu penyuntingan.

Untuk kamu yang hobi membuat dan mengedit video, kamu bisa mengikuti program CapCut creator. Kamu bisa membuat video yang menghibur hingga membuat template-template unik dan menarik menggunakan CapCut dengan menggunakan musik-musik yang sedang viral.

3) Synthesia.io

Synthesia.io adalah platform AI yang memungkinkan pengguna untuk membuat video materi dengan menyesuaikan video dengan avatar yang dihasilkan komputer. Avatar ini adalah sebagai pengganti pemateri yang berbicara dan bergerak sesuai dengan teks yang dimasukkan. 

synthesia.io.jpg 1
Pilihan latar belakang video

Synthesia.io memungkinkan pengguna untuk membuat video otomatis dengan cepat dan efisien tanpa melibatkan proses produksi fisik yang membutuhkan lebih banyak waktu dan energi.

Kamu bisa memilih avatar, gambar latar belakang, suara, dan bahasa yang paling sesuai untuk audiens atau bisnismu.

Pilihan suara untuk prensenter(avatar)

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan dengan Synthesia:

  • Membuat Pesan Video yang Dipersonalisasi: Kamu bisa membuat pesan berupa salam, undangan, atau pengumuman yang dipersonalisasi untuk berbagai kesempatan menggunakan avatar yang dihasilkan komputer
  • Membuat Video E-Learning dan Pelatihan: Mengembangkan konten e-learning yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan pengalaman belajar. Ini sangat bermanfaat untuk program pelatihan, kursus pendidikan, atau video instruksional.
  • Pemasaran dan Periklanan: Menyampaikan pesan atau mempromosikan produk dan layanan.Kamu dapat membuat video untuk berbagai wilayah dan audiens dengan menyesuaikan bahasa, aksen, dan nuansa budaya avatar.
  • Konten YouTube dan Media Sosial: Membuat konten yang menarik untuk platform seperti YouTube atau media sosial lainnya. 

4) Midjourney

Midjourney adalah sebuah platform AI Art Generator yang memungkinkan pengguna untuk membuat gambar atau lukisan hanya dengan memasukkan teks sesuai keinginan. Midjourney dapat menghasilkan gambar yang realistis, abstrak, atau bahkan aneh sesuai dengan prompt yang diberikan pengguna.

Pengguna dapat memanfaatkan Midjourney untuk menghasilkan gambar atau lukisan yang unik dan kreatif. Untuk menggunakannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Daftar/ Masuk ke Discord.
  2. Daftar ke Midjourney, dan terima undangan ke channel Discord Midjourney
  3. Buka saluran #newbies, dan ketik /subscribe.
  4. Pilih rencana Midjourney.
  5. Untuk membuat gambar dengan Midjourney, caranya adalah ketik kode ‘/imagine’ (tanpa tanda kutip), lalu masukkan teks perintah untuk membuat gambar. Contoh: /imagine A girl was sitting alone looking at the moon.
  6. Tunggu sebentar hingga gambar selesai diproses.
  7. Gambar akan disajikan dalam empat variasi dari perintah yang kamu buat dengan rincian empat kolom U (U1, U2, U3, dan U4) serta empat kolom V (V1, V2, V3, dan V4). Kolom tersebut berfungsi untuk mengedit salah satu gambar dari empat gambar yang dimunculkan Midjourney
  8. Kolom U berfungsi untuk meningkatkan resolusi gambar. Sedangkan kolom V untuk menciptakan variasi gambar lainnya.
  9. Edit dan tingkatkan kreasi Anda.
  10. Simpan gambar Anda.

Berikut adalah contoh prompt dan hasilnya yang bisa kamu gunakan dan kreasikan kemudian:

Perlu diketahui bahwa untuk pengguna Midjourney yang gratis terkadang akan mengalami kendala atau tidak bisa memproses gambar untuk sementara waktu, Untuk itu, kamu bisa memilih salah satu plan berlangganan. 

5) Bing Image Creator

Bing Image Creator adalah sebuah tools penghasil gambar yang dilengkapi dengan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. AI tersebut memungkinkan pengguna mengubah text menjadi gambar atau text to image.

Bing Image Creator bisa digunakan sebagai pendukung dari kreativitas produk kita. Untuk penggunaannya sama dengan ChatGPT yaitu dengan memasukkan prompt berupa deskripsi gambar yang kita inginkan. Semakin detail kita mendeskripsikan gambar maka semakin relevan pula gambar yang dihasilkan.

Namun demikian, untuk saat ini Bing Image Creator masih mendukung prompt dalam Bahasa Inggris. 

Berikut ini adalah beberapa contoh prompt dan hasil gambar yang bisa kamu gunakan dan kreasikan kemudian:

6) Perplexity AI

Perplexity AI adalah mesin pencari berbasis teknologi AI yang dioperasikan layaknya chatbot. Hampir sama dengan ChatGPT, cara menggunakannya hanya dengan memasukkan perintah (prompt) dan Perplexity akan memberikan jawaban,

Perbedaannya dengan ChatGPT adalah Perplexity memberikan jawabannya yang lebih kredensial karena tools AI ini akan memberikan jawaban beserta referensinya sekaligus. Oleh karena itu, tools ini bisa digunakan baik untuk riset bisnis hingga akademik.

Berikut adalah contoh hasil jawaban dari Perplexity AI serta sumbernya:

perplexity ai result

7) Zoom AI Companion Features

meeting summary zoom

Zoom AI Companion adalah fitur terbaru dari zoom yang memungkinkan host rapat memulai ringkasan rapat yang dibuat oleh AI dan membagikannya kepada peserta melalui email atau Obrolan Tim. Sehingga memudahkan peserta meninjau poin-poin penting rapat dan topik yang dibahas.

Fitur ini dapat merangkum diskusi rapat dalam lebih dari 30 bahasa, dengan kualitas dan ketersediaan yang bervariasi. Bahasa ringkasan akan ditentukan oleh mayoritas bahasa yang digunakan peserta atau host.

Cara memulai dan menghentikan Ringkasan Rapat:

Host atau co-host dapat mengontrol pembuatan Ringkasan Rapat melalui kontrol dalam rapat, atau mengaktifkannya secara otomatis melalui pengaturan web. 

Cara mengakses dan mengelola Ringkasan Rapat:

Host dan peserta dapat melihat, mengedit, membagikan, atau menghapus ringkasan melalui halaman Ringkasan Rapat, email, atau Obrolan Tim, tergantung pada pengaturan rapat.

8) QuillBot

quillbot parafrase

QuillBot adalah tools parafrase yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menuliskan ulang atau parafrase teks. Kamu bisa memanfaatkan QuillBot untuk meningkatkan tulisanmu baik dari tata bahasa, penggunaan diksi, keterbacaan, keaslian dan lainnya. QuillBot akan sangat berguna bagi para penulis untuk meningkatkan kualitas tulisannya.

Berberapa hal yang bisa dilakukan oleh QuillBot adalah:

  • Parafrase Teks: QuillBot bisa menuliskan ulang atau merestrukturisasi kalimat, paragraf, atau seluruh dokumen untuk mendapatkan kata-kata yang berbeda sambil tetap mempertahankan arti asli tulisan.
  • Meningkatkan Gaya Menulis: QuillBot meningkatkan gaya tulisan dengan menghasilkan frase dan struktur alternatif.
  • Mencegah Plagiarisme: QuillBot dapat membantu kamu membuat versi unik dari teks dengan menuliskan ulang konten untuk mengurangi risiko plagiat tidak disengaja.

AI yang Paling Umum dan Berguna dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, hal-hal seperti sales, marketing, accounting, dan customer support menjadi concern bagi perusahaan. Artificial Intelligence dapat membantu mempermudah dan memberi solusi pada hal-hal tersebut. Nggak percaya?  Yuk, cek poin-poin berikut!

1) Artificial Intelligence dalam Sales 

Otomasi AI dalam sales atau penjualan tidak perlu diragukan lagi. Sebuah studi dari Harvard Business Review mengemukakan bahwa bisnis yang menggunakan AI dalam penjualannya, dapat meningkatkan keuntungan sebesar 50% dan dapat mengurangi biaya sebesar 40-60%.

Lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa kegunaan AI dalam sales;

  • Outbound email campaign; mengirim ratusan atau bahkan ribuan email pada pelanggan akan sangat melelahkan dan memakan banyak waktu. Dengan solusi AI, kamu dapat menghilangkan kebutuhan akan pemantauan mengirim atau membalas email secara manual. Kamu juga dapat memantau, menandai email yang benar-benar berharga, dan mengkategorikan email sesuai keinginan yang diajukan.
  • Demand forecasting; AI memungkinkan pembuatan proyeksi peramalan penjualan otomatis dan akurat berdasarkan interaksi yang pernah terjadi antara klien melalui histori penjualan.
  • Lead scoring; AI dapat membantumu memprioritaskan prospek. Algoritma dapat membantumu memberi peringkat atau prospek berdasarkan historis klien dan riwayat interaksi pelanggan dengan penjual.

 

2) Artificial Intelligence dalam Marketing

Kecerdasan buatan sangat umum digunakan dalam bidang marketing atau pemasaran. Pemanfaatannya dalam bidang marketing dapat membantumu menemukan keseimbangan antara efisiensi operasional dan user experience. AI dalam marketing dapat membantumu melakukan;

  • Riset pasar; dengan AI, kamu dapat mengatasi keterbatasan signifikan riset pasar secara manual. Kamu dapat menjangkau customer feedback dan tanggapan kuantitatif dengan waktu penyelesaian yang singkat.
  • Analisis pesaing; gunakan AI untuk mengkategorikan pesaing berdasarkan topik atau kesamaan bidang usaha serta memantau trend yang sedang berlangsung.
  • SEO; AI dapat membantu pemasaran yang ramah melalui penggunaan SEO untuk situs website perusahaanmu.
     

3) Artificial Intelligence dalam Accounting

Accounting selalu berhubungan dengan tindakan yang berulang, seperti mencatat data, mengkategorikan transaksi, dan merekonsiliasi akun. Dengan AI, kamu dapat menyelesaikan hal-hal tersebut dengan lebih mudah dan dengan kesalahan minimal; 

Beberapa hal dalam accounting yang bisa dibantu oleh AI adalah sebagai berikut;

  • Rekonsiliasi tanda terima
  • Melacak perubahan harga
  • Memasukkan dan mencocokkan data
  • Dapat menyortir transaksi
  • Laporan biaya

4) Artificial Intelligence dalam Human Resources

Teknologi kecerdasan buatan dalam sumber daya manusia mencakup beberapa hal berikut;

Sistem Rekrutmen

Dengan menggunakan AI, kamu dapat mudah melakukan sistem rekrutmen tanpa melebihkan waktu dan biaya tambahan. Salah satu contoh yang sudah banyak diterapkan adalah pemanfaatan AI untuk screening awal CV dan resume pelamar.

Sistem Penggajian

AI juga bisa lho digunakan untuk sistem penggajian atau perhitungan gaji karyawan secara otomatis. Kamu bisa menyelesaikan proses payroll, seperti penggajian dan pembayaran, hingga pembuatan laporannya.  

Manajemen Kerja

Perusahaan bisa menggunakan teknologi AI yang dapat membantu memantau kinerja karyawan secara real-time. Tidak hanya itu, AI bisa juga digunakan untuk menganalisis data karyawan yang kelak akan berguna bagi HR atau manajemen sumber daya manusia untuk bisa memilih pelatihan untuk karyawan hingga mengidentifikasi karyawan terbaik yang layak untuk mendapatkan promosi.

5 Langkah untuk Mengadaptasi AI dalam Bisnismu

Bagi perusahaan-perusahaan yang baru akan mengadaptasi dan menerapkan AI dalam bisnisnya, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini; 

1) Get Familiar with AI

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah get familiar with AI. AI  menawarkan berbagai macam sumber daya bagi para pemula. Kamu perlu mengenali konsep dasar AI terlebih dahulu. Bila perlu ikuti lokakarya atau kursus online sebagai cara mudah untuk mulai mengenal AI. Dengan begitu, pengetahuanmu seputar AI untuk bisnis semakin meningkat.

2) Identifikasi Masalah Ingin Diselesaikan oleh AI

Jika kamu sudah menguasai dasar-dasar AI, langkah selanjutnya adalah mulai mengeksplorasi apa saja yang yang kamu dan perusahaanmu butuhkan dan dapat diselesaikan oleh AI. Perusahaan kamu harus mempertimbangkan penggunaan khusus di mana AI dapat memecahkan masalah bisnis dan memberikan manfaat yang nyata. 

Misalnya, jika perusahaanmu bergerak di bidang design atau gambar kreatif, maka kamu bisa memperimbangkan penggunaan Generative AI, seperti Dall-E 2, Stable Diffusion, dll.

3) Menilai Potensi Bisnis dari Penerapan AI

Langkah ketiga yang perlu kamu lakukan sebelum mengadaptasi AI ke dalam bisnis atau perusahaanmu adalah menilai potensi bisnis dan nilai finansial bagi perusahaan dari penerapan AI yang telah diidentifikasi.

4) Libatkan Ahli dan Siapkan Proyek Percontohan

Langkah keempat adalah saat di mana kamu dan perusahaanmu bisa mulai membangun dan mengintegrasikan AI ke dalam bisnismu. Pertimbangan yang diperlukan ketika kamu akan mengambil langkah ini adalah mulai dari hal kecil, mengetahui tujuan proyek, dan memastikan kamu tahu apa yang tidak kamu ketahui dari AI. Untuk itu, peran para ahli di sini sangatlah penting terlebih dalam proses uji coba AI. 

Dalam proyek percontohan atau uji coba, alangkah baiknya untuk melibatkan kedua belah pihak, yaitu orang yang ahli tentang bisnis dan orang yang paham betul tentang AI.

5) Build with Balance

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan saat mengadaptasi AI dalam bisnis adalah membangun keseimbangan. Membangun sistem AI memerlukan kombinasi antara kebutuhan teknologi dengan proyek penelitian. Kamu harus paham dengan yang namanya persyaratan dan batasan hardware dan software yang akan mendukung penelitian atau bisnis yang kamu jalani. Jika tidak dibangun dengan keseimbangan, maka hasilnya tidak akan optimal, bahkan bisa berakibat disfungsional.

So, demikianlah penjelasan selengkapnya seputar AI untuk bisnis, mulai dari penerapan, manfaat, hingga cara mengadaptasinya. Buat kamu yang ingin mengenal AI lebih jauh, yuk coba cek kursus online bersertifikat di kelas webinar Upskill Cakap! Di sana ada banyak topik menarik seputar teknologi hingga bisnis! What do you waiting for, cek sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi:
-pcmag.com
-techtarget.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.